5 Tips Membuat Deskripsi Iklan Online Yang Baik dan Efektif

Menjamurnya situs jual beli online di masa kini memang banyak memberikan kemudahan bagi kita sebagai pelaku ekonomi dalam hal ini sebagai seorang penjual barang. Sebut saja Forum Jual Beli Kaskus, Forum - forum jual beli di Facebook atau OLX.co.id. Dibalik kemudahan jual beli online yang ditawarkan sering saya melihat dalam mereka (seorang penjual) menjual barang dagangannya terkesan apa adanya alias berpedoman yang penting cepat laku dan balik modal.

5 Tips Membuat Deskripsi Iklan Online Yang Baik dan Efektif
Karena ketidaktahuan tersebut kadang menyebabkan iklan yang dibuat dan di publish di berbagai situs jual beli online tersebut menjadi tidak dilirik dan terkesan bahwa si penjual tidak berniat menjual dagangannya di mata para pembeli. Di sini melalui tulisan ini saya ingin mencoba sedikit berbagi mengenai pengalaman saya dalam melakukan jual beli online khususnya dalam pembuatan deskripsi iklan agar hasilnya Efektif dan Sesuai sasaran yang kita inginkan. Berikut ulasannya :

Teori

1. Buatlah Judul Iklan Yang Menarik. 

Menarik disini dalam arti beda dari yang lain. Ini berguna agar iklan anda tidak sama dengan dengan judul - judul iklan penjual lainnya. Semisal saya contohkan anda sedang menjual sebuah handphone bekas anda yakni Nokia Lumia 520. Coba Buatlah Judul seperti ini : Nokia Lumia 520 Normal Lengkap atauNokia Lumia 520 Normal Lengkap Garansi 8 Bulan. Jika anda hanya menyebutkan produk dan tipe barang yang jual saja itu terkesan bahwa iklan anda kaku sama saja dengan yang lainnya (standar).

2. Buat Deskripsi Iklan Sejelas Mungkin.

Deskripsi iklan yang jelas membuat para calon pembeli tertarik dengan apa yang anda tawarkan. Jangan sesekali membuat deskripsi iklan yang asal - asalan. Sebagai saran jika anda sedang menjual alat - alat elektronik coba cantumkan kelengkapan barang tersebut kemudian baru dijelaskan kondisi real dari barang tersebut. Deskripsi iklan memang harus jelas tapi ingat jangan sekali kali anda menipu calon pembeli. Menipu dalam arti misal ada bagian tertentu dari barang yang bermasalah anda bilang normal. Selain barang yang kita jual menjadi tidak berkah, tentunya ini akan membuat barang yang jual berikutnya tidak laku karena anda akan dicap sebagi penipu.

3. Cantumkan Kontak Person Yang Mudah Dihubungi.

Sering saya menemukan sudah membuat iklan segitu gamblangnya namun tidak ada kontak yang bisa dihubungi. Kalau sudah begini bagaimana proses transaksi jual beli akan terjadi. Cantumkan nomor hp anda atau kontak lainnya jika ada seperti Pin BBM, WhatsApp, Line dan lain sebagainya. 

4. Cantumkan Alamat Rumah atau Tempat Lokasi Anda Sebagai Penjual.

Dengan mencantumkan alamat rumah atau tempat tinggal anda sebagai penjual tingkat kepercayaan pembeli akan meningkat. Tentunya hal ini akan membuat rasa aman ketika bertransaksi jual beli online sehingga akan berdampak bagus bagi terjualnya barang yang ada jual.

5. Ajakan COD dan Garansi Personal.

Walaupun metode transaksi jual beli online ada banyak sekali sebut saja transfer antar rekening bank, rekening bersama, PCB (Pantau Cocok Bayar) maupun COD (Cash On Delivery). Jika dilihat dari karakteristik masyarakat Indonesia saat ini, metode COD lah masih menjadi primadona dalam berjual beli online. Ajak para calon pembeli untuk melakukan COD ditempat yang aman atau di tempat tinggal anda. Jangan lupa walaupun produk yang anda jual masih bergaransi pabrik atau toko, pemberian garansi personal juga tidak ada salahnya. Mereka para calon pembeli tentunya senang jika barang yang ditawarkan aman dan tidak bermasalah. 

Praktek

Sekarang anda sudah paham teorinya? kalau begitu silahkan anda simak contoh deskripsi Iklan Sebagai berikut : 

 Contoh 1 Penjualan Handphone : Nokia Lumia 520 Lengkap Normal.
Dijual sebuah handphone Nokia 520  Dengan kelengkapan dan kondisi sebagai berikut :

Kelengkapan :

Unit Handphone dan Baterai, Charger, Headset, Kabel Data, Dusbook beserta buku - buku panduan, kartu garansi. dan nota pembelian.

Kondisi :

1) Semua kelengkapan diatas masih original semua.
2) Mesin Hp masih segel, garansi masih 6 bulan.
3) Belum pernah rusak atau masuk tempat service. 
4) Baterai masih awet (normal) tidak ngedrop.
5) OS windows phone upgrade ke versi terbaru 8.1 lebih stabil. 
6) Sudah terpasang anti gores, bonus sebuah softcase dan MMC 4GB.
7) Garansi personal 1 Minggu.

Harga : Rp. 900.000,- (Nego)

Kontak Person : Anang (085 x 743 x 882 x 999)
Lokasi : Depan Kampus UII. Jl. Kaliurang KM 14, Sleman, Yogyakarta.
Diutamakan COD.  Terima Kasih.

Contoh 2 Penjualan Mobil : Daihatsu Xenia LiVVTi Deluxe Plus 2007
Dijual sebuah mobil Daihatsu Xenia LiVVTi Deluxe Plus Tahun 2007. Fitur Lengkap Full Aksesoris, seperti :

1) Power Steering, Power Window, Central Lock
2) Peleg Racing Ori, Ban Gridgestone Baru
3) Kaca Film 3M Auto Film
4) Pajak mobil masih baru sampai bulan kedua tahun depan (Surat - surat lengkap)

Kesuluruhan mobil masih bagus dan irit, jumlah KM 89 ribu, Cat Masih bagus tidak ada goresan atau bekas penyok pada body mobilm, mesin, jog tempat duduk dan interior mobil masih bagus serta terawat.

Harga : Rp. 90 juta (Nego)

Berminat dan serius silahkan telepon 085 743 666 746 (Agus) dan Langsung datang ke rumah saya di Jl. Raya Jogja - Solo no 43, Kalasan, Sleman. Silahkan bawa teknisi untuk cek body dan mesin mobil. Tidak menerima penawaran sebelum cek mobil. Terima kasih.

Mungkin itu yang bisa sedikit saya bagi pada kesmepatan kali ini mengenai pembuatan deskripsi iklan online yang Baik dan Eketif. Semoga tips-tips di atas berguna sehingga ke depan jika Anda membuat iklan di internet menjadi lebih efektif dan Anda mendapat keuntungan yang maksimal. Sekian dan semoga bermanfaat.

0 Response to "5 Tips Membuat Deskripsi Iklan Online Yang Baik dan Efektif"

Post a Comment