Fotografi candid tips mendapatkan gambar optimal

Hai Sobat Info kali ini saya akan memberikan tips tentang fotografi candid daripada penasaran langsung simak saja

Candid merupakan cara pengambilan gambar tanpa sepengetahuan subjek. Cara ini sangat populer dan mampu menghasilkan gambar portrait yang maksimal karena emosi akan lebih muncul bila subjek tidak menyadarinya. Para fotografer yang bekerja untuk majalah akan sangat mahir menggunakan cara candid. Mereka bahkan sangat mahir mengolah foto candid sehingga memiliki nilai jual yang tinggi.

Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah agar subjek tidak menyadari apa yang kita lakukan. Selanjutnya adalah melatih mata kita untuk mendapatkan momen yang tepat dan setting kamera harus terlebih dahulu siap agar datangnya momen bisa diabadikan dengan baik. kita perlu berhati-hati dengan setting manual karena akan membutuhkan waktu lebih.Fotografi candid akan sangat bergantung pada cahaya dan nilai minusnya adalah kita tidak akan bebas memilih sudut tertentu, oleh karenanya kita perlu belajar mendapatkan angle yang menarik untuk subjek baik itu dari sisi background maupun pose subjek.




 Fotografi candid

 Fotografi Candid


Tujuan utama candid adalah mengungkapkan emosi subjek baik itu senang maupun susah, saat mereka bekerja keras maupun saat sedang bersantai. Caranya adalah buat diri anda “tidak terlihat” dengan beberapa tips berikut:

1. Biarkan mereka tahu alasan anda berdiri disana
Ketika seseorang melihat ke arah kamera maka mereka cenderung melakukan pose, tersenyum atau mungkin menghindar. Biarkan mereka tahu bahwa anda adalah fotografer candid yang bekerja dengan cara diam-diam dan tentunya pilihlah tempat yang sesuai.

2. Bawalah peralatan seminimal mungkin
Semakin banyak peralatan yang dibawa maka akan semakin lama pula pemasangannya dan akan semakin terlihat. Kita perlu bekerja cepat agar tidak kehilangan momen yang spontan.

3. Tetap gunakan cahaya alami
Cahaya flash akan sangat mengganggu subjek, maka dari itu cahaya alami/cahaya lampu yang akan kita manfaatkan.



4. Foto hal lain
ambil gambar hal lain seperti benda benda sekitar kita. Cara ini akan merefresh fikiran dan juga mengalihkan perhatian subjek. Jika mereka menyadari keberadaan kita dan mulai terganggu maka kita bisa berpindah tempat dan menyusun strategi baru.


Demikian tips mengenai Fotografi Candid semoga bermanfaat

0 Response to "Fotografi candid tips mendapatkan gambar optimal"

Post a Comment