Mungkin Kamu Nggak Sadar, Tapi 7 "Dosa" Ini Bisa Mengacaukan Tubuhmu!

"Mungkin terlihat kecil, tapi hormonmu bisa terombang-ambing."
Mungkin kamu merasa saat ini kondisi tubuhmu sangat kacau, bahkan kamu sampai kehilangan nafsu makan, berat turun ataupun malah naik, dorongan seksual menurun dan lain sebagainya. Keanehan hormon ini sebenarnya bisa kamu cegah lho!
Ada 7 kebiasaan yang bisa kamu ubah supaya kesehatan mental dan fisikmu lebih terjaga:
1. Kecanduan nyamil yang manis-manis
 Coklat
Makan makanan yang mengandung banyak gula tambahan bisa mengakibatkan kenaikan berat badan. Berat yang sedikit berlebih bisa membuat tubuhmu menentang insulin, hormon yang mengantarkan gula ke aliran pembuluh darahmu supaya sel tubuhmu mendapatkan energi yang dibutuhkan. Nah, dengan memakan terlalu banyak camilan manis, bisa-bisa diabetes bakal menyambutmu. Hati-hati, guys!
2. Stres di tengah malam
 Stres
Biasanya, kadar hormon stres yaitu kortisol turun di malam hari, yang bisa membantumu untuk merasa tenang dan tidur. Tapi kalau di malam hari kamu merasa cemas atau tegang, berarti kadar kortisolmu tetap naik, sehingga kamu bakal merasa terlalu lelah untuk tidur. Pastikan kamu bisa memusnahkan segala hal yang membuatmu stres dan mengubahnya menjadi waktu istirahat sebagaimana semestinya.
3. Serangan insomnia
 Insomnia
Ugh, insomnia itu benar-benar kayak lingkaran setan deh. Kurang tidur itu bisa meningkatkan kadar kortisol yang bisa membuat kamu stres dan meningkatkan nafsu untuk makan junk food.
4. Atau kurang tidur dalam satu malam
 Kurang tidur
Ketika tidur, kadar hormon yang berkaitan dengan rasa lapar, yaitu gelombang leptin akan memberi sinyal tubuhmu bahwa kamu nggak perlu makan. Dengan nggak tidur sepanjang malam, kamu tidak akan menghasilkan jumlah leptin yang tepat, sehingga kamu akan merasa ekstra lapar di hari berikutnya. Nah, kamu jadi lebih rentan terhadap kenaikan berat badan.
5. Minum kopi di sore hari
 Kopi
Kortisol berulah lagi nih di sini. Kafein memberi sinyal pada tubuhmu untuk meningkatkan produksi kortisol, yang bisa membuat kamu merasa cemas dan tidak dalam kondisi pola pikir yang baik untuk tidur alias kamu jadi susah tidur. Batasi supaya kamu nggak minum lebih dari dua cangkir kopi sehari, dan sebaiknya minum kopi itu sebelum pukul 3 sore.
6. Jarang olahraga
 Olahraga
Tanpa olahraga teratur, tubuhmu nggak bisa memproduksi dan melepaskan jumlah endorfin yang optimol. Padahal endorfin bakal membuatmu merasa positif dan lebih "bangun". Ia juga menjaga sistem kekebalan tubuhmu supaya berfungsi dengan baik. Semakin banyak kamu bergerak, semakin banyak endorfin yang dihasilkan tubuhmu.
7. Diet kacau
 Diet
Diet dengan tingkat kalori yang terlalu rendah atau sesi latihan yang terlalu intens bisa menurunkan kadar estrogen, yang bisa menyebabkan siklus metabolisme tubuhmu kurang stabil. Jangan sampai kamu melakukan diet yang terlalu ekstrem!
Masih hobi tidur malam?

0 Response to "Mungkin Kamu Nggak Sadar, Tapi 7 "Dosa" Ini Bisa Mengacaukan Tubuhmu! "

Post a Comment