Penyebab Kencing Berbau Menyengat

 Bau kencing

Jakarta, Kencing atau urine sudah selazimnya berbau pesing. Namun ada kalanya baunya lebih pesing dari biasanya. Penyebabnya bisa karena faktor makanan tertentu, bisa pula karena penyakit infeksi.


"Bisa saja karena infeksi saluran kemih," kata dr Harrina E Rahardjo, SpU, PhD dari Departemen Urologi RS Cipto Mangunkusumo (RSCM), seperti ditulis Rabu (27/5/2015).



Infeksi saluran kemih, menurut dr Harrina sering pula dikaitkan dengan penyakit menular seksual. Untuk mengobatinya, bisa dilakukan dengan pemberian antibiotik. Namun tentunya, butuh pemeriksaan terlebih dahulu untuk memastikan diagnosisnya.

Selain karena infeksi, bau menyengat pada urine juga bisa disebabkan oleh faktor makanan. Misalnya setelah makan petai atau jengkol, maka selama beberapa waktu kencing yang dikeluarkan akan mengeluarkan bau menyengat seperti makanan yang dikonsumsi.


Beberapa orang mengatasi bau tak sedap tersebut dengan mengonsumsi Vitamin C atau Vitamin B 12. Menurut dr Harrina, cara ini mungkin bisa mengurangi bau tetapi tidak mungkin menghilangkannya sama sekali.



Asupan cairan yang tidak cukup atau dehidrasi bisa menurunkan volume urine yang membuat bahan kimia semakin terkonsentrasi. Ketika asupan air berkurang maka terjadi perubahan drastis pada warna (menjadi lebih pekat) dan juga baunya (memiliki bau amonia yang kuat). 



Cara paling tepat untuk mengurangi bau kencing, seperti disampaikan dr Harrina adalah dengan banyak minum air putih. Dengan banyak minum, maka sisa-sisa metabolisme penyebab bau kencing tidak sedap akan menjadi lebih encer, tidak pekat sehingga tidak terlalu berbau.



"Minum air putih dalam jumlah banyak juga bisa 'mengurangi' baunya. Kalo menghilangkan rasanya mustahil," kata dr Harrina.

0 Response to "Penyebab Kencing Berbau Menyengat"

Post a Comment