Wakil-wakil Inggris di Kompetisi Eropa Musim Depan




Jakarta - Berhasil finis di posisi empat Manchester United akan kembali berlaga di Liga Champions musim depan, meski via playoff. Di Liga Eruopa, Tottenham Hostpur dan Liverpool yang sudah dipastikan lolos masih menunggu dua rekannya lagi.


Premier League musim 2014/2015 resmi tuntas pada Minggu (24/5/2015) malam WIB. Di luar empat besar yang tidak lagi mengalami perubahan, persaingan di pekan pamungkan Liga Inggris sejatinya melibatkan Liverpool dan Tottenham Hotspur untuk merebut posisi kelima.

Bukannya menutup musim dengan gemilang, yang sekaligus jadi kado perpisahan buat kapten Steven Gerrard, The Reds malah dapat malu setelah digilas Stoke City 1-6. Dibarengi dengan kemenangan 1-0 Tottenham dalam lawatan ke Everton, The Lillywhites pun berhak duduk di posisi lima.

Duduk di posisi tiga teratas, Chelsea, Manchester City dan Arsenal lolos langsung ke fase grup Liga Champions. Sebagai kampiun Premier League, The Blues juga dipastikan jadi tim unggulan saat pengundian fase grup dilakukan Agustus mendatang.

MU yang sempat kesulitan di awal musim akhirnya menduduki posisi empat. Hasil ini membuat skuat besutan Louis van Gaal harus bertarung dari babak playoff. Jika memenangi fase playoff, The Red Devilsakan masuk ke fase grup Liga Champions, tapi jika kalah mereka akan terlempar ke playoff Liga Europa.

Bagaimana dengan Liga Europa?

Secara otomatis Inggris dapat tiga jatah ke kompetisi tersebut. Slot pertama diberikan pada pemenang Piala FA, slot kedua pada pemenang Piala Liga Inggris dan tempat ketika jadi kepunyaan tim yang finis di posisi lima



Adalah Tottenham yang berhak lolos sebagai pemilik posisi lima. Sementara itu, karena Chelsea sebagai juara Piala Liga Inggris sudah lolos ke Liga Champions maka jatah mereka diberikan pada penghuni urutan enam. Dengan begitu Liverpool menemani Spurs di Liga Europa.

Untuk tempat terakhir - yang diambil dari juara Piala FA - masih belum diketahui siapa pemiliknya. Karena Arsenal sudah lolos ke Eropa melalui Liga Champions, maka andai The Gunners keluar sebagai pemenang jatah tersebut jadi milik klub di posisi tujuh, yang ditempati Southampton. Tapi kalau yang menang Aston Villa, maka merekalah yang berangkat ke Eropa.

Inggris dapat satu tempat tambahan di kompetisi Eropa melalui jalur UEFA Fairplay Table. Yang berhak mewakili Inggris dari jalur ini adalah klub yang berada di posisi teratas klasemen fairplay Premier League 2014/2015.

Sampai awal Mei, Liverpool berada di posisi teratas klasemen fair play Premier League. Karena The Redssudah lolos ke Eropa sebagai pengganti Chelsea yang juara Piala Liga Inggris, maka jatahnya akan diberikan pada klub yang ada di bawahnya. 

West Ham United yang menempati posisi dua klasemen Fair Play punya peluang paling besar untuk lolos ke Eropa. Namun karena hingga kini belum ada perhitungan resmi dari FA, The Hammers bisa saja disingkirkan Everton, Burnley atau Leiceseter City. Siapapun yang nantinya lolos, mereka harus bertarung dari babak kualifikasi pertama.

Klub-klub Premier League di Kompetisi Eropa musim depan

Liga Champions
Chelsea (juara) - Fase Grup
Manchester City (Posisi 2) - Fase Grup
Arsenal (Posisi 3) - Fase Grup 
Manchester United (Posisi 4) - Playoff



Liga Europa
Tottenham Hotspur (posisi 5) 
Liverpool (posisi 6 - pengganti juara Piala Liga Inggris)
Aston Villa / Southampton (Andai menangi Piala FA / Pengganti juara Piala FA)
West Ham United/Everton/Burnley/Leicester City (Premier League Faiplay Table)


Fairplay Table 2014/2015 (sampai 5 Mei)







0 Response to "Wakil-wakil Inggris di Kompetisi Eropa Musim Depan"

Post a Comment