Tips Kekinian Agar Bangun Sahurmu Tak Kesiangan

Makan sahur dan berbuka adalah kesempatan emas yang diberikan untuk bisa makan selama bulan puasa. Selain bisa membuatmu menjadi lebih bertenaga, makan sahur juga jadi ajang untuk meraup pahala. Namun banyak orang yang sering melewatkannya karena bangun kesiangan. Parahnya lagi saat kamu tinggal sendirian.
Nah, agar hal ini tak lagi terulang dan kesempatan mendapatkan pahala  menguap begitu saja, hal – hal ini bisa dilakukan. Simak baik-baik tips bangun sahur ini yuk

1. Demi meraupkan pahala melimpah di bulan suci, niatkan dalam hati untuk bangun sahur dini hari.


Sahur adalah sunah yang bikin pahala puasa jadi berlipat ganda. Tentu kamu tak mau menyia-nyiakan ini ‘kan? Jadi alangkah baiknya kamu mulai pasang niat dalam hati untuk bangun sahur dini hari. Saat kamu sudah memasang niat, secara refleks badan dan pikiranmu akan tersadar untuk segera beranjak. Bahkan niat yang kuat juga bisa bikin kemalasanmu lenyap. Nah, karena niat adalah faktor terbesar yang bisa membuatmu segera bangun sahur. Pastikan hal ini sudah kamu tanamkan dalam dirimu sendiri ya.

2. Tibanya waktu berbuka adalah kenikmatan bagi yang sudah rela menahan lapar seharian. Tapi pastikan kamu tak kalap makan agar bisa bangun sahur jam 3-an.

Gak sedikit orang yang memanfaatkan waktu berbuka sebagai ajang balas dendam. Padahal makan banyak tanpa perhitungan tak hanya bikin pundi-pundi lemak makin membesar, bangun sahur juga jadi kesulitan. Lambung yang penuh dengan makanan seringkali bikin perutmu jadi begah dan malas bergerak.
Jadi pastikan kamu makan tak berlebihan ya. Dengan porsi yang seimbang, pencernaanmu bisa lebih relaks dan lancar. Hal ini  juga bikin metabolisme tubuhmu lancar jadi gak heran bangun pagi bisa dicanangkan.


3. Kalau kamu sudah menyiapkan makan sahur sejak malam, motivasi untuk bangun jadi lebih besar. Mubazir ‘kan kalau gak dimakan?


Bangun tengah malam untuk sahur memang banyak godaan, apalagi jika kamu tinggal sendirian. Namun, hal ini tak lagi terasa berat jika kamu mau melaksanakan tips-tips sederhana agar bisa segera terjaga. Salah satunya adalah menyiapkan menu sahur sejak malam.
Sebelum tidur, usahakan kamu melakukan persiapan masak atau beli makan di warung makan terdekat. Saat waktu sahur tiba, kamu tinggal menyantap atau memanaskan masakan saja. Secara tak langsung, cara ini bisa memperbesar motivasimu untuk bangun sahur. Karena makanan yang sudah kamu siapkan akan basi dan dibuang begitu saja kalau tak segera dimakan. Mubazir dan bikin kamu merugi.
 4. Sempatkanlah untuk tidur 15 – 20 menit saja saat siang. Dengan begitu, badanmu bisa lebih segar saat bangun untuk makan sahur.
tips bangun sahur

Tidur siang memang terdengar sepele, namun kegiatan ini ampuh membuat badanmu tetap bugar sepanjang waktu lho. Selain membuat badanmu tak lemas selama menahan lapar, tidur siang bisa menjadi alat untuk bangun sahur dini hari nanti.
Penelitian menunjukan bahwa tidur siang selama 15 menit bisa mengurangi ketegangan dan stress. Sehingga tidurmu yang singkat saat malam Ramadhan tak bikin kamu merasa kurang istirahat. Jadi gak heran, tubuhmu bisa diajak kerja sama untuk kembali terjaga lebih pagi. Namun, pastikan kamu tak tidur siang terlalu lama ya.

5. Obral pahala di bulan Ramadhan memang patut diperjuangkan. Jadi jangan begadang dan tidur terlalu larut malam kalau kamu ingin mendapatkan berkahnya “sarapan”.

Tips bangun sahur

Bisa dibilang, makan sahur adalah sarapannya orang yang berpuasa. Bedanya, “sarapan” ini menjanjikan pahala tambahan. Jadi, gak ada salahnya ‘kan kalau kamu berjuang lebih untuk bangun lebih dini.
Salah satu cara agar bisa bangun sahur adalah cukup menghindari tidur yang terlalu larut alias begadang. Usahakan kamu mulai terlelap pada jam 10 malam. Dengan begitu, badanmu bisa istirahat lebih optimal. Setidaknya  5 – 6 jam sudah cukup . Maka gak heran badan segar dan rasa semangat bisa kamu rasakan saat terjaga untuk makan sahur.

6. Selain pasang alarm secara berkala, jangan lupa pasang nada yang sama dengan nada panggilan agar kamu bisa lebih peka dan segera beranjak.

Tips bangun sahur

Mungkin kamu tipe orang yang tidurnya selalu nyenyak sampai gak bisa mendengar apa-apa saat ada suara. Hal ini seringkali bikin alarm yang kamu pasang menjadi sia-sia.
Tapi tenang, agar alarmmu bisa berfungsi, pasanglah alarm lebih dari satu waktu. Mungkin kamu ingin bangun jam 3.30, set alarm setiap 10 menit dari jam 3.00 pagi. Selain itu, pastikan nada yang kamu nyalakan sama dengan nada dering saat panggilan datang. Karena biasanya orang lebih peka saat ada telpon masuk dibanding dengan alarm, cara ini bisa bikin kamu segera bangun.

7. Jika tidurmu terlalu nyenyak seperti orang mati sampai susah mendengar alarm berbunyi, masukkan handphone dalam gelas agar suaranya bisa terdengar lebih keras.

tips bangun sahur

Kamu sering bangun kesiangan gara-gara tak bisa mendengar alarm yang kamu nyalakan? Saking nyenyaknya, kamu sampai tak bisa mendengar apa-apa. Tapi tenang, hal ini bisa diatasi dengan memasukkan handphone alarmu ke dalam gelas. Ruang keramik terbatas dalam gelas bisa bikin suara dari speaker handphone terdengar lebih keras. Dengan begitu, telingamu bisa lebihpeka dan segera tersadar dari tidur untuk makan sahur.


8. Kantuk yang selalu bikin matamu betah terlelap bisa segera lenyap dengan usapan handuk air dingin di samping tempat tidur.

Tips bangun sahur

Absen sahur tak hanya bikin kamu lemas saat siang, kesempatan mendapatkan pahala juga jadi sirna.  Nah, agar hal ini tak terjadi padamu, siapkan baskom yang berisi air dingin dan handuk di samping tempat tidurmu.
Mungkin kamu sudah mulai tersadar dari tidur nyenyak, namun matamu masih betah terlelap dan enggan terbuka. Segera kompres matamu dengan handuk yang dicelupkan air. Dengan cara ini, dijamin kamu akan lebih mudah bangun. Karena saat kulitmu terkena air dingin, syaraf dan otakmu bisa aktif dan gak heran kamu bisa segera terjaga lagi.


9. Minta tolong pada keluarga atau orang terdekat untuk membangunkan juga bisa jadi jalan keluar. Terkadang kamu akan terpaksa bangun sebagai rasa terima kasih sudah merepotkannya.


Selain mengandalkan alarm dari jam weker atau handphone, kamu juga bisa minta tolong orang-orang terdekat untuk membangunkanmu dari tidur. Jika kamu tinggal di kosan, minta tolonglah pada tetangga kamar. Jika kamu tinggal di rumah, minta tolonglah pada orangtua atau atau anggota keluarga lainnya.
Saat kamu minta tolong pada orang lain, biasanya secara tak sadar kamu akan terpaksa menyahut. Selain itu, kadang kamu merasa tak enak hati kalau tak cepat-cepat bangun. Pengorbanan mereka untuk membangunkanmu tentu harus dihargai dengan segera beranjak dari kasur. Kamu gak mau juga ‘kan mereka kapok bangunin kamu lagi?


10. Tanam di kepala bahwa sahur itu bukan hanya bikin kamu lebih kuat saat siang. Pahala tambahan juga bisa kamu kumpulkan.


Dibalik anjuran sahur sebenarnya ada banyak keuntungan yang bisa kamu raup. Sahur bisa meningkatkan kekebalan tubuh, menambah kekuatan saat siang, meperlancar metabolisme tubuh dan menambah pahala. Selain itu, bangun dini hari juga bikin kamu punya kesempatan untuk menghirup segarnya udara pagi. Nah, jika kamu gak mau melewatkan keuntungan ini, mulailah tanamkan hal ini di kepalamu saat ini. Dengan begitu, kamu bisa lebih semangat untuk bangun sahur.


Bangun sahur memang kadang terasa berat, tapi hal ini tak mustahil untuk dilakukan setiap hari kok. Dengan 10 tips ini, kamu tak kan takut kesiangan lagi.
Selamat sahur.

0 Response to "Tips Kekinian Agar Bangun Sahurmu Tak Kesiangan "

Post a Comment