Wow teratai Raksasa mampu menahan beban 2 orang anak bayi


Salah satu spesies teratai yang sangat besar adalah teratai yang dikenal dengan nama Giant Water Lily atau nama ilmiahnya adalah Victoria amazonica (dahulu dikenal sebagai Victoria regia).

Bunga dari Victoria Amazonica berwarna putih dan hanya mekar pada malam hari. Namun warna bunga ini mengalami perubahan ketika diserbuki menjadi merah muda keunguan. Ketika lily masih berwarna putih dan perlu diserbuki, ia menebarkan aroma butterscotch dan nanas yang menarik kumbang untuk menyerbuki bunga; cara lain bunga menarik kumbang adalah dengan mengeluarkan panas.
Hal yang paling menarik tentang Giant Water Lily ini adalah daunnya yang besar. Daun bisa tumbuh hingga berdiameter 3 meter dan dapat menampung hingga 45-50 kilogram, daun datar dan tepi daun mencuat keatas. Daun kuat dan kaku berkat bagian bawah yang kuat dari daun. Pantat daun ditutupi dengan duri untuk membantu mendukung rusuk-rusuk daun. Bagian bawah daun berwarna merah marun. Giant Water Lily tidak tumbuh sepanjang tahun di daerah di mana bukan habitat aslinya, seperti Inggris; hanya tumbuh dan bereproduksi di musim panas ketika iklim hangat. Namun, dalam habitat aslinya di Amazon Brasil, ia tumbuh sepanjang tahun, karena kondisi optimum.

Giant Water Lily tumbuh di perairan dangkal lembah Sungai Amazon, dan danau-danau tertentu di Brasil. Spesies ini adalah asli Brasil.

Adaptasi Khusus pada Lingkungan

Giant Water Lily beradaptasi dengan lingkungan dengan menumbuhkan duri di bagian bawah daun untuk melindungi diri dari ikan dan predator lain yang mungkin ingin memakannya. Adaptasi lain adalah rim di sekitar tepi daun. Rim ini membantu melindungi daun dari burung dan serangga yang mungkin ingin makan daun (Rim adalah penghalang antara serangga dan daun). Adaptasi ketiga adalah bahwa bunga hanya hidup selama tiga hari, memeerangkap kumbang yang datang untuk penyerbukan bunga di dalam intinya dan kemudian melepaskan semua serbuk sari pada kumbang ini. Hal ini memperbesar persentase serbuk sari yang akan diangkut ke bunga lain untuk penyerbukan.


Karakteristik reproduksi

Bunga-bunga spektakuler dari Giant Water Lily relatif berumur pendek, yaitu hanya 2-3 hari. Bunga berwarna putih dan membuka pada malam pertama, menarik kumbang dengan aroma seperti nanas dan butterscotch juga dengan panas dari reaksi termokimia. Pada tahap ini bunga adalah betina, dan terbuka untuk menerima serbuk sari yang dibawa oleh kumbang dari tanaman lain. Ketika mereka hinggap sekitar dalam bunga mereka mentransfer serbuk sari dan pembuahan berlangsung. Disaat ini bunga menutup, menjebak kumbang sampai malam berikutnya.

Selama hari berikutnya tanaman berubah dari betina menjadi jantan: kepala putik menjadi dewasa dan mulai memproduksi serbuk sari. Ketika bunga membuka kembali pada malam kedua, bunga telah berubah warna menjadi merah muda keunguan dan tidak lagi memancarkan aroma yang menarik atau panas. Kumbang, yang tertaburi dengan serbuk sari, terbang untuk mencari bunga putih lain dari tanaman yang berbeda (masing-masing tanaman hanya pernah memiliki satu bunga putih pada satu waktu), di mana proses ini berulang. Bunga kemudian menutup dan tenggelam di bawah permukaan air, misinya tercapai.

Pentingnya Organisme untuk Ekosistem

Ada dua sisi dari efek Lily Air Raksasa ini pada ekosistem. Sisi negatif nya adalah bahwa tidak ada jenis tanaman lainnya dapat hidup di bawah Giant Water Lily karena ukurannya yang besar. Daun besar mereka menutupi sebagian besar permukaan air. Ini berarti bahwa tidak ada sinar matahari dapat mencapai bawah. Oleh karena itu tidak ada ganggang dapat tumbuh, dan tanpa sumber makanan, hewan yang memakan ganggang tidak bisa eksis. Di sisi lain, Giant Water Lily sangat membantu untuk beberapa spesies, misalnya Lily Trotter (burung Jakana). Lily Trotters berjalan pada daun dan memperoleh sumber makanan mereka (serangga) yang ada pada daun.


Keterancaman Species

Tidak pernah disebutkan di mana saja bahwa Amazonica Victoria adalah spesies yang terancam punah. Oleh karena itu kemungkinan besar bahwa ini adalah spesies umum. Lili Air Raksasa juga dibawa dari habitat alami mereka ke laboratorium-laboratorium di Inggris, di mana peneliti mencoba untuk menemukan lebih banyak tentang spesies tertentu dan mencoba untuk me-hibridisasi lili ini untuk membuat kultivar yang berbeda dari tanaman bunga ini.


0 Response to "Wow teratai Raksasa mampu menahan beban 2 orang anak bayi"

Post a Comment