Tips Sukses Presentasi

Pernah merasakan grogi atau nervous saat melakukan presentasi? Masih menganggap kalau presentasi di depan banyak orang itu menyeramkan? Jika pernah, sepertinya kamu harus buang jauh-jauh deh pikiran negatif mengenai presentasi. Pada dasarnya, presentasi adalah sebuah kegiatan yang sangat menyenangkan. Dengan catatan, kamu memang menikmati sesi presentasi tersebut dan kamu benar-benar memahami materi yang kamu bawakan. Nggak harus dihafal sampai titik atau koma, yang penting kamu memahami dan mengerti materi yang kamu presentasikan. Ingin presentasimu sukses, kamu bisa mencoba tips berikut. 

Berpakaian Rapi

Tips Sukses Presentasi

Mau gak mau, harus diakui kalau pnampilan adalah hal yang sangat penting. Kesan pertama orang yang melihat kita akan langsung terbentuk waktu mereka melihat penampilan kita. Hal pertama yang harus disiapkan saat akan melakukan presentasi, sebaiknya selain memperhatikan kematangan materi yang akan disampaikan, kamu juga harus memperhatikan penampilan kamu. 

Nggak mau kan kamu dicap sebagai orang yang tidak sopan karena gaya berpakaian kamu nggak rapi? Saat akan melakukan presentasi, sebaiknya kamu mempersiapkan pakaian yang rapi sehingga menciptakan kesan pertama yang baik. Dengan berpakaian yang rapi, bisa jadi pendengar kamu yang tadinya nggak tertarik untuk mendengarkan presentasi kamu, jadi tertarik untuk mendengarkannya. Nah, jika kamu sampai berpakaian tidak rapi saat presentasi, nggak menutup kemungkinan lho kamu jadi diremehkan oleh pendengar.

Jangan Terlalu Banyak Basa-Basi

Tips Sukses Presentasi


Hal yang terkadang kamu lakukan dengan sengaja ataupun nggak sengaja adalah berbasa-basi terlalu lama. Diawal presentasi, pastinya kamu harus membuka presentasi dengan memperkenalkan diri serta menjelaskan garis besar mengenai materi yang akan kamu sampaikan. Mungkin kamu akan berusaha untuk menciptakan suasana yang lebih santai dengan melontarkan beberapa basa basi. Namun jangan samapi salah ya, pembukaan yang terlalu lama akan membuat pendengar kamu bosan. Lebih baik kamu mengatakan apa yang harus kamu katakan dengan singkat, padat, dan jelas. Pembukaan saat presentasi merupakan hal untuk mencairkan suasana sebelum kamu masuk kedalam pembahasan materi.

Kuasai Gerak Tubuh

Tips Sukses Presentasi


Gerakan tubuh memang penting saat melakukan presentasi di depan umum. Gerak tubuh atau biasa yang dikenal dengan body language biasanya digunakan untuk menekankan pada hal yang kamu katakan. Buat kamu yang mau tampil maksimal saat presentasi, ada beberapa body language yang harus kamu hindari, antara lain sering menyentuh wajah, menyilangkan tangan, dan menyender pada tembok atau kursi. Terlalu banyak menyentuh wajah atau hidung, pendengar kamu bisa saja mengartikannya kalau kamu adalah orang yang tidak dapat dipercaya dan tidak terlalu menguasai materi yang kamu bawakan. Sedangkan jika kamu menyilangkan tangan, interpretasi yang bisa terjadi adalah kamu merupakan orang yang tertutup dan terlihat seperti kamu sedang melindungi diri kamu. Untuk hal menyender, bisa saja pendengar kamu menganggap kamu adalah orang yang malas dan tidak tertarik untuk membawakan presentasi. Saat presentasi, kamu juga harus memperhatikan gerakan tubuh kamu. Usahakan kamu tidak terlalu banyak bergerak karena akan mengganggu konsentrasi pendengar.

Lakukan Kontak Mata

Tips Sukses Presentasi


Berlawanan dengan gerak tubuh berlebihan, kontak ata adalah hal yang penting saat presentasi. Satu hal yang harus kamu perhatikan juga saat melakukan presentasi. Nggak cuma harus menguasai materi yang akan kamu bawakan, ternyata eye contact juga memiliki pengaruh yang cukup kuat lho untuk keberhasilan presentasi kamu. Jika kamu tidak melakukan hal yang satu ini, bisa aja pendengar kamu menjadi tidak fokus dan tidak mendapatkan informasi yang kamu sampaikan secara keseluruhan. Pada dasarnya, presentasi merupakan komunikasi satu arah, oleh karena itu kamu harus melakukan komunikasi dengan pendengar melalui kontak mata. Buat kamu yang pemalu dan selalu nggak percaya diri saat berada di depan umum, kamu harus melatih diri kamu untuk melakukan kontak mata dengan pendengar.

Batasi Topik, Jangan Terlalu Lebar

Tips Sukses Presentasi


Dalam menyampaikan presentasi, sebaiknya kamu tidak berbicara out of topic. Maksudnya adalah jika kamu sedang membahas topik A, jangan sampai kamu membicarakan mengenai topik B atau topik C. Jika hal ini kamu lakukan, nggak menutup kemungkinan pendengar kamu akan kebingungan dalam menangkap informasi yang kamu sampaikan. Saat presentasi, kamu juga harus memperhatikan durasi kamu melakukan presentasi. Usahakan kamu tidak berbicara terlalu panjang lebar sampai melewati waktu presentasi yang telah ditentukan. Jika kamu berbicara terlalu panjang lebar, bisa jadi pendengar kamu akan merasa bosan dan tidak ingin mendengarkan kelanjutan presentasi kamu. Nggak mau kan sampai hal ini terjadi saat kamu sedang presentasi?

Kuasai Materi Presentasi

Tips Sukses Presentasi


Siapa yang suka males-malesan untuk memahami materi presentasi? Kayaknya kamu harus membuang jauh-jauh kebiasaan ini deh. Jika kamu menginginkan hasil maksimal saat presentasi, kamu harus benar-benar menguasai materi presentasi kamu. Kebiasaan buruk yang sering dilakukan saat tidak menguasai materi adalah membaca semua tulisan yang ada di slide power point. Hal ini memang nggak dilarang, namun jika kamu selalu melakukannya, kamu akan terlihat banget nggak menguasai materi. Untuk menghindari hal ini terjadi adalah dengan melakukan review materi sebelum presentasi.

Sekian tips agar presentasimu berjalan dengan sukses. Selamat mencoba, semoga sukses ya!


0 Response to "Tips Sukses Presentasi"

Post a Comment