Update Resmi Susunan Pembalap MotoGP 2016


Kabar gembira buat kamu penggemar MotoGP, musim 2016 yang sudah kamu tunggu-tunggu akan segera dimulai di bulan Maret. Musim 2016 bisa dikatakan sebagai era baru MotoGP. Pasalnya, di musim ini tidak akan ada lagi kategori kelas terbuka (open class). Seluruh tim akan berada di satu kategori dengan paket elektronik (ECU) yang telah ditetapkan oleh Dorna.

Selain itu, satu perubahan yang menarik adalah dengan kembalinya Michelin sebagai suplier tunggal ban untuk MotoGP. Hal ini tentunya menjadi tantangan tersendiri bagi setiap tim untuk menyediakan paket motor yang tepat dengan karakter ban dari produsen asal Prancis tersebut.

Kondisi ini tentunya membuat seluruh tim disibukkan dengan pengembangan pada motor baru yang akan mereka gunakan. Tak hanya motor, sejumlah tim juga mengganti pembalapnya untuk bisa mendongrak performa mereka di musim depan.


Salah satunya adalah tim Aspar MotoGP. Di musim 2016, Aspar merekrut Yonny Hernandez untuk menggantikan posisi Nicky Hayden yang memutuskan pindah haluan ke ajang World Superbike. Perubahan lain yang dilakukan tim Aspar adalah mengunakan mesin Ducati. Di musim lalu, mereka diketahui menyuplai mesin dari Honda.

Sementara itu, mayoritas tim memilih tetap pada line-up pembalap yang mereka miliki. Tiga tim kuat, Yamaha, Honda, dan Ducati memutuskan tetap menggunakan pembalapnya. Khusus Ducati, di musim ini mereka akan kembali diperkuat Casey Stoner yang bertindak sebagai test rider.

Gelaran MotoGP 2016 rencananya akan digelar mulai 20 Maret 2016. Seperti musim lalu, balapan malam di Sirkuit Internasional Losail, Qatar, akan jadi menu pembukanya.

Berikut susunan pembalap MotoGP 2016:

Movistar Yamaha MotoGP
-Valentino Rossi
-Jorge Lorenzo
Juara bertahan MotoGP ini mempertahankan duet kontroversial Jorge Lorenzo dan Valentino Rossi. Rossi sebenarnya nyaris juara tahun lalu. Namun, ia gagal akibat berseteru dengan Marc Marquez.
Sementara Lorenzo sukses menambah gelar juara yang ketiga tahun lalu. Ia tampil stabil dan pada akhirnya mengungguli poin Rossi.


Repsol Honda
-Marc Marquez
-Dani Pedrosa
Sama seperti Yamaha, Honda juga mempertahankan duet tahun lalu yakni Marc Marquez dan Dani Pedrosa. Marquez masih 22 tahun, namun ia sudah membuktikan dirinya adalah salah satu rider terbaik dunia.

Tahun lalu Marquez bisa dibilang sial. Motornya punya masalah elektronik, hingga akhirnya ia jatuh tiga kali dalam tujuh seri awal. Pada akhirnya, Marquez harus rela kehilangan gelar juaranya yang disabet Lorenzo.

Sementara Pedrosa, ini akan menjadi tahun ke-11 dirinya di MotoGP. Pedrosa punya rekor 50 kemenangan di MotoGP, namun ia belum pernah juara dunia.

Ducati Team
-Andrea Dovizioso
-Andrea Iannone
Tahun lalu adalah tahun terbaik Ducati sejak ditinggalkan Casey Stoner pada 2010. Selama pramusim, dua pembalap mereka Andrea Iannone dan Andrea Dovizioso juga tampil impresif.

Team Suzuki Ecstar MotoGP
-Aleix Espargaro
-Maverick Vinales
Suzuki mempertahankan duet Aleix Espargaro dan Maverick Vinales. Tahun lalu dua pembalap mereka cukup sukses dengan beberapa kali finis enam besar.

Aprilla Racing Team
-Stefan Bradl
-Alvaro Bautista
Tim ini memasang duet Stefan Bradl dan Alvaro Bautista. Bradl seeblumnya pernah juara Moto2, sementara Bautista berjaya di kelas 125cc.

Monster Yamaha Tech 3
-Bradley Smith
-Pol Espargaro
Tim ini mengandalkan duet Bradley Smith dan Pol Espargaro. Smith gemilang tahun lalu. Ia beberapa kali finis lima besar. Sementara Espargaro masih labil.

Avintia Racing
Hector Barbera
Loriz Baz (menggantikan Mike Di Meglio)
Hector Barbera tetap dipertahankan tim ini. Adapun Loris Baz posisinya menggantikan Mike Di Meglio.

Octo Pramac Racing
-Danilo Petrucci
-Scott Redding (menggantikan Yonny Hernandez)
Tim ini mempertahankan Danilo Petrucci. Ia akan didampingi Scott Redding yang menggantikan Yonny Hernandez.

Ioda Racing Project
-Alex de Angelis
Alex de Angelis jadi satu-satunya pembalap Ioda tahun ini.

LCR Honda
-Cal Crutchlow
Tim ini hanya memasang satu pembalap yakni Cal Crutchlow.

Marc VDS Racing Team
-Jack Miller (sebelumnya memperkuat LCR Honda)
-Tito Rabat (mantan juara Moto2)
Marc VDS mengandalkan dua pembalap baru. Mereka adalah Jack Miller dan Tito Rabat. 

Aspar MotoGP Team
-Yonny Hernandez (menggantikan Nicky Hayden)
-Eugene Laverty
Aspar telah ditinggal Nicky Hayden. Sebagai gantinya hadir Yonny Hernandez. Ia akan beduet dengan Eugene Laverty.

0 Response to "Update Resmi Susunan Pembalap MotoGP 2016"

Post a Comment