12 Lokasi Aneh yang Pernah Ditemukan Google Earth

Semakin hari perkembangan teknologi semakin pesat dan membuat kehidupan kita semakin mudah. Jika dulu kita memerlukan peta yang tidak praktis untuk mencari lokasi, saat ini cukup dengan gadget di tangan kita bisa melihat dan mencari berbagai lokasi di dunia hanya dengan satu klik. Adalah aplikasi Google Earth, yang mampu melakukan hal tersebut.

Kemampuan hebat Google Earth yang bisa melihat seluruh permukaan bumi ini, ternyata juga pernah ‘menangkap’ berbagai lokasi aneh yang langka. Di antaranya, tercatat ada 12 lokasi aneh yang pernah ditemukan oleh Google Earth. Di mana sajakah lokasi tersebut? Berikut informasinya.

Pola Pentagram Aneh
 

Stepa di sekitar daerah Kazakhstan, terdapat pentagram besar berukuran sekitar 1.200 kaki (366 meter) terukir permukaan bumi. Bintang berujung lima dikelilingi oleh lingkaran. Terletak tepatnya di pantai selatan Upper Tobol Reservoir. Pola pentagram tersebut diketahui menjadi garis besar pada sebuah taman.

Penampakan UFO
 


Pada koordinat 30°30'38.44" LS, 115°22'56.03" BT di Australia, ada penampakan titik-titik membentuk segitiga berlampu terang di tengah ladang. Ketika pertama ditemukan pada tahun 2007, penggila UFO dengan segera menyebutnya sebagai 'UFO segitiga' yang sedang melayang-layang di atas bumi. Namun, sejumlah pengguna Google Earth mengatakan bahwa itu bisa saja sebuah antena yang berkaitan dengan pembangkit listrik tenaga angin yang ada di dekatnya. Menara antenanya ada di tengah dengan 3 tiang pancang penguat membentuk segitiga di sekitarnya.

Daratan ‘Bibir’

  
Dataran berbentuk bibir ini adalah bentukan pada bukit di Gharb, Darfur, Sudan pada koordinat 12°22'13,32" LU, 23°19'20,18" BT.

Bangkai Kapal S.S. Jassim

  
Pada tahun 2003 silam, sebuah kapal kargo Bolivia bernama S.S. Jassim kandas dan tenggelam di Wingate Reef di lepas pantai Sudan. Kapal sepanjang 81 meter itu sekarang menjadi salah satu bangkai kapal terbesar yang terlihat di Google Earth, pada lokasi 19° 38' 46,00" LU, 37° 17' 42,00" BT.

Logo KFC


Gambar si kakek Colonel Sanders ini terletak seluas lebih dari 8.129 meter persegi di pinggir jalan layang Extraterrestrial Highway di negara bagian Nevada, pada koordinat 37,646163° LU, 115,750819° BB. Temuan ini ternyata merupakan salah satu strategi pemasaran KFC, yang dikenal dengan 'mapvertising'.

Pola Misterius di Gurun Gobi


Temuan baru di Google Earth menemukan pola misterius terukir di permulaan gurun Gobi di China. Menurut para ahli, tempat ini adalah pangkalan militer rahasia. Dan bangunan-bangunan yang ada digunakan untuk berbagai keperluan militer seperti uji senjata, kalibrasi satelit mata-mata, dan pengujian instrumen radar. Bentuk yang paling rumit adalah kisi-kisi garis sempurna yang membelok setiap 33 kilometer, dan kemungkinan besar merupakan susunan antena Yagi untuk pelacakan cuaca dan keperluan penelitian atmosfer lain.

Tulisan Raksasa


Seorang Sheikh triliuner bernama Hamad bin Hamdan al Nahyan dan anggota keluarga penguasa di Abu Dhabi, membuat ukiran namanya di permukaan berpasir di pulau al Futaisi (di Teluk Persia) miliknya. Tulisan 'HAMAD' setinggi 1,6 kilometer sepanjang 3,2 kilometer ini bisa jadi merupakan yang terbesar di dunia dan dapat terlihat dari angkasa.

Kuburan Pesawat


Pangkalan Udara Davis Monthan di Tucson, negara bagian Arizona merupakan area bagi 'bangkai' pesawat-pesawat militer Amerika Serikat. Dikenal dengan julukan 'kuburan' pesawat, area seluas 10,52 kilometer persegi ini berada di koordinat 32 08'59,96" LU, 110 50'09,03"BB dan tertutup untuk umum. Namun, lewat Google Earth kamu bisa melihat apa yang ada di area itu. Termasuk hampir semua jenis pesawat tempur yang pernah ada sejak Perang Dunia II, mulai dari B-52 StratoFortress hingga F-14 Tomcat.

Pulau Dalam Danau


Pulau unik itu berupa sepotong daratan seluas 4 hektar di Kanada yang terletak di koordinat 69,793° LU, 108,241° BB. Pulau tak bernama ini berada di tengah sebuah danau yang terletak di pulau yang lebih besar. Semuanya berada di dalam rangkaian danau memanjang seperti jari di daratan sejauh 75 mil dari pantai selatan pulau Victoria, suatu daratan di bagian utara Kanada.

Pola Aneh Karya Semut Merah


Pola 'polkadot' aneh ditemukan di sekitar daerah Vulcan's Throne, sebelah utara Grand Canyon, Arizona, Amerika Serikat. Setelah diteliti, pola tersebut adalah hasil pekerjaan semut. Dimana gurun di sekitar Grand Canyon merupakan rumah bagi semut Red Harvester. Serangga yang dapat membuat gundukan sarang sekitar 47 inci (120 cm).

Danau ‘Darah’


Di luar Kota Sadr, Irak, tepatnya pada koordinat 33.396157 ° N, 44.486926 ° E, terletak sebuah danau berwarna merah seperti darah. Belum ada penjelasan resmi terkait penampakan danau dengan warna yang aneh ini.

Phantom Island


Pada tahun 2012, sekelompok peneliti Australia menemukan sebuah pulau seukuran Pula Manhattan, New York di Samudera Pasifik Selatan. Tempat misterius yang disebut Sandy Island itu muncul di Google Earth sebelah barat laut dari Kaledonia Baru. Tetapi ketika para ilmuwan berlayar ke sana pada bulan November 2012, mereka tidak menemukan sama sekali dataran layaknya sebuah pulau.

Itulah 12 lokasi aneh yang pernah ditemukan oole Earth. Apkah Anda juga pernah menemukan lokasi aneh lainnya?

0 Response to "12 Lokasi Aneh yang Pernah Ditemukan Google Earth"

Post a Comment