Enam Penyakit Berbahaya Karena Kebanyakan tidur

Tidur adalah hal yang penting bagi manusia. Agar tubuh tetap sehat dan segar, dibuuhkan tidur yang cukup, yaitu sekitar 6-8 jam per harinya. Kurang tidur sudah pasti mengganggu kesehatan. Namun terlalu banyak tidur juga tidak dianjurkan, sebab berbagai risiko penyakit akan mengintai orang-orang yang terbiasa tidur lebih dari 9 jam sehari.



Berbagai penelitian menyebutkan, durasi tidur yang cukup idealnya berkisar antara 6-8 jam dalam sehari. Tidur berkualitas juga akan mempengaruhi kondisi tubuh seseorang ketika bangun. Pastinya, kebiasaan tidur di atas 9 jam dalam sehari cenderung tidak baik untuk kesehatan. Seperti dikutip dari Huffingtonpost, berikut adalah 6 penyakit yang siap mengintai jika Anda terlalu banyak tidur.

Susah Punya Anak


Tahun 2013, sebuah penelitian dilakukan terhadap 650 perempuan di Korea. Para perempuan tersebut sedang menjalani teknologi pembuahan berbantu. Para perempuan yang memiliki durasi tidur antara 7-8 jam, risiko terjadi pembuahan terpantau paling tinggi. Sebaliknya pada perempuan dengan durasi tidur lebih dari 11 jam, peluang hamilnya paling rendah.

Depresi


Pada tahun 2014, sebuah penelitian dilakukan pada sejumlah pasangan kembar. Penelitian ini mengungkap bahwa durasi tidur berhubungan dengan risiko depresi. Seseorang yang tidur antara 7-9 jam sehari punya risiko depresi sebesar 27 persen, sedangkan yang tidur di atas 9 jam dalam sehari risikonya mencapai 49 persen.

Gangguan Fungsi Otak


Penelitian tahun 2012 mengungkap bahwa perempuan yang terlalu banyak tidur selama 6 tahun berturut-turut akan mengalami penurunan fungsi otak. Perubahan yang terjadi setara efeknya dengan penuaan yang terjadi 2 tahun lebih cepat.

Diabetes dan Obesitas


Penelitian di Wuebec, Kanada mengungkap bahwa orang yang tidur lebih dari 8 jam sehari punya risiko 2 kali lipat terjangkit diabetes melitus tipe 2. Mereka juga lebih rentan mengalami kegemukan dibandingkan orang-orang yang durasi tidurnya antara 7-8 jam dalam sehari.

Gangguan Jantung


Sebuah penelitian tahun 2012 yang dipresentasikan dalam American College of Cardiology mengungkap bahwa tidur lebih dari 8 jam sehari berhubungan dengan peningkatan risiko masalah jantung. Peneliti mengamati data dari 3.000 orang, dan menemukan bahwa orang yang kebanyakan tidur 2 kali lebih berisiko mengalami angina dan 1,1 kali lebih rentan penyakit jantung koroner.

Kematian Dini


Kajian terhadap 16 penelitian mengungkap bahwa risiko kematian dini karena sebab apapun, mengalami peningkatan pada orang-orang yang tidurnya lebih dari 8 jam sehari. Peningkatannya bahkan mencapai 1,3 kali lipat dibandingkan rata-rata dari 1.382.999 partisipan.

Itulah 6 resiko penyakit yang ditimbulkan karena kbanyakan tidur. Tidur memang sebuah kenikmatan tersendiri, namun hidup yang seimbang dengan mengkonsumsi makanan bergizi, olah raga dan istirahat yang cukup tentunya akan lebih baik bagi keseatan tubuh kita ketimbang hanya menghabiskan waktu dengan tidur.

0 Response to "Enam Penyakit Berbahaya Karena Kebanyakan tidur"

Post a Comment