Inilah Mengapa Lampu Lalu Lintas Berwarna Merah Kuning Hijau

Kita pastinya udah gak asing dengan si lampu merah, yang setia mengatur lalu lintas jalan raya di setiap persimpangan jalan. Bagi masyarakat di kota besar, lampu merah mungkin kadang menyebalkan karena waktu tunggunya yang sangat lama. Nah, taukah kamu kenapa lampu lalu lintas berwarna merah, kuning dan hijau? Berikut informasinya.




Lampu lalu lintas pertama kali digunakan di perlintasan kereta di negara Inggris pada tahun 1830. Pada waktu itu, warna yang digunakan adalah merah, hijau dan putih.


Warna merah digunakan sebagai tanda berhenti karena merah sudah dikenal sebagai petunjuk berbahaya sejak dulu. Merah dianalogikan sebagai darah, karena jika terjadi kecelakaan dan menimbulkan pertumpahan darah sudah pasti adalah kejadian yang berbahaya.

Warna hijau digunakan sebagai isyarat untuk berhati-hati. Hijau dipilih karena kesan sejuk yang ditimbulkan dan menenangkan pikiran seperti saat memandang kebun atau pegunungan. Hijau pun dianggap tepat untuk menjadi isyarat berhati-hati.

Lalu bagaimana dengan warna putih? Alasan dipilihnya warna putih sangat sederhana, yaitu karena putih dianggap cukup kontrras dan berbeda dibanding warna merah dan hijau. Warna putih digunakan untuk isyarat jalan.



Namun ternyata lampu putih justru menimbulkan banyak kecelakaan. banyak masinis yang merasa kurang jelas saat melihat lampu putih, terlebih di siang hari.Sebagai solusinya, warna hijau pun digunakan untuk isyarat jalan karena bisa mudah dilihat baik saat siang maupun malam hari. Sedangkan untuk isyarat berati-hati, digunakan warna kuning dan warna putih pun tidak digunakan lagi.


Lalu mengapa lampu lalu lintas saat ini lebih dikenal sebagai pengatur jalan raya? Pada tahun 1868, karena sering terjadi tabrakan antarapengendara kuda dan pejalan kaki, lampu lalu lintas pun mulai digunakan di jalan raya, walaupun hanya menggunakan dua lampu yaitu merah dan hijau dan hanya dinyalakan saat malam hari.

Kota Detroit di Amerika Serikat menjadi kota pertama yang menerapkan sistem lampu lalu lintas merah kuning hijau. Kemudian mulai diikuti oleh kota lain dan menyebar hingga ke penjuru dunia. Itulah sejarah menggapa lampu lalu lintas digunakan sebagai pengatur jalan raya dengan warna merah, kuning dan hijau. 

Nah teman,budayakan untuk selalu menaati peraturan lalu lintas ya, agar selalu selamat di perjalanan!

0 Response to "Inilah Mengapa Lampu Lalu Lintas Berwarna Merah Kuning Hijau"

Post a Comment