5 Hal Yang Dianggap Biasa Ini Bisa Membuatmu Mandul Lho!

Setiap pasangan yang telah menikah biasanya akan menantikan kehadiran buah hati. Hadirnya seorang anak dalam rumah tangga tentu akan menambah semarak dan indahnya hidup berpasangan. Namun, tak semua pasangan dapat dengan mudah mendapatkan anak yang diimpikan. Banyak halangan yang menhambat upaya mereka untuk segera memiliki anak.

Namun tahukah Anda, banyak hal-hal di sekitar kita yang tanpa disadari dapat menurukan kemungkinan kita untuk memiliki anak, alias dapat menyebabkan kemandulan! Mungkin Anda tidak pernah mengira sebelumnya, bahwa sebuah sabun pun dapat beresiko menurunkan kesuburan Anda. Apakah penyebabnya? Berikut lima benda yang dianggap biasa namun dapat menyebabkan kemandulan.

Sabun Mandi


Saat ini banyak sekali jenis sabun mandi yang beredar di pasaran, salah satunya adalah sabun anti kuman dengan kandungan triclosan. Triclosan, bahan yang umum digunakan dalam sabun mandi ini telah dikaitkan dengan kemandulan atau kesulitan memiliki anak dan beberapa kondisi hormonal lainnya. Jadi, pastikan Anda memilih sabun yang bebas dari triclosan untuk mencegah diri dari kemandulan atau bisa memudahkan Anda memiliki anak.

Permen


Siapa tak suka permen? Makanan manis ini digemari oleh berbagai kalangan, tidak hanya anak-anak namun juga orang dewasa. Namun tahukah Anda,mengonsumsi permen terlalu banyak permen dapat mendatangkan malapetaka pada sistem endoktrin dan dapat menyebabkan kemandulan atau membuat kamu sangat sulit memiliki anak.

Laptop


Bisa dikatakan, laptop kini telah menjadi kebutuhan penting kita pada teknologi. Hanya saja, Anda harus menghindarkan diri dari radiasinya. Caranya, jangan pernah menggunakan laptop dengan diletakkan di atas pangkuan. Studi telah menunjukkan bahwa memangku laptop yang sedang menyala dapat memicu kemandulan.

Rokok

 Jika Anda adalah perokok dan masih belum memiliki anak setelah lama menikah, maka sebaiknya Anda mulai  menghentikan kebiasaan itu secara perlahan. Sebuah hasil penelitian yang dilakukan oleh para peneliti dari British Medical Association menemukan bahwa perokok memiliki tingkat kesuburan reproduksi yang lebih rendah sekitar 10-40 persen dibandingkan dengan mereka yang tidak merokok.

Celana Dalam yang Terlalu Ketat


Khusus bagi pria, menggunakan celana dalam yang terlalu ketat memberi efek yang negatif bagi kesehatan reproduksi Anda. Skrotum membutuhkan tempat yang dingin untuk memproduksi sperma yang optimal. Menggunakan celana dalam terlalu ketat akan mengurangi peluang Anda untuk mendapatkan sperma yang optimal.

Tak disangka bahwa hal-hal yang terlihat sepele karena dilakukan setiap hari tersebut memberikan efek yang menakutkan bagi kesuburan reproduksi. Ada baiknya anda mulai meminimalisir hal-hal tersebut sehingga kesehatan reproduksi Anda tetap terjaga.

0 Response to "5 Hal Yang Dianggap Biasa Ini Bisa Membuatmu Mandul Lho!"

Post a Comment