Lima Manfaat Tak Terduga Air Rebusan Jagung

Jagung adalah salah satu sumber pangan yang paling sering dikonsumsi masyarakat Indonesia selain beras. Jagung dapat diolah menjadi berbagai olahan yang lezat dengan cara memasak yang relatif mudah, seperti dibakar ataupun direbus. Dengan cara penyajian yang praktis tersebut, kita dapat mengolahnya sendiri di rumah.


Apakah Anda pernah merebus jagung di rumah? Bisa dipastikan rata-rata dari kita pasti akan membuang air sisa rebusan jagung. Namun tahukah Anda, ternyata banyak manfaat luar biasa yang terkandung dalam air rebusan jagung tersebut, mulai dari menghentikan kebiasaan mengompol pada anak, hingga menurunkan tekanan darah. Apa saja manfaat lain dari rebusan air jagung? Berikut informasinya.

Menghentikan Kebiasaan Mengompol Pada Anak


Pusing dengan anak yang masih suka mengompol saat tidur? Cara mengatasinya gampang kok. Tidak perlu cara lama seperti menggigitkan capung ke pusar anak. Ambil segenggam rambut jagung dan rebus dengan air. Minumkan air rebusan tersebut pada anak sebelum tidur. Dijamin anak tidak akan mengompol sampai pagi. Namun hati-hati ya, jangan memberikannya terlalu banyak, karena dapat menurunkan tekanan darah anak.

Untuk Pasien Diabetes


Pasien diabetes disarankan untuk rutin mengkonsumsi air rebusan jagung. Caranya, rebus jagung beserta tangkainya, karena bagian inilah yang mengandung manfaat. Minum air rebusan ini dua hingga tiga kali dalam seminggu.

Mengobati Darah Tinggi


Seperti telah disebutkan sebelumnya, konsumsi air rebusan jagung berlebih pada anak dapat menurunkan tekanan darah. Hal ini justru bermanfaat pada pasien darah tinggi. Caranya, rebus 5-7 buah jagung muda beserta segenggam  rambut jagungnya. Minum kurang lebih selama 7 hari hingga tekanan darah turun.

Mengobati Batu Ginjal


Rebuslah 4 buah jagung muda, segenggam rambut jagung dan 8 lembar daun kejibeling. Saring ramuan tersebut dan minum airnya. Lakukan hingga batu ginjal keluar (dapat berupa kerikil, buih atau butiran).

Mengobati Batu Empedu


Rebus 5 buah jagung muda beserta 5 gram kumis kucing segar. Setelah matang, saring air rebusan tersebut dan minum selama dua minggu hingga keadaan membaik.

Nah, itulah lima manfaat tak terduga dari air rebusan jagung. Ada baiknya saat merebus jagung airnya jangan langsung dibuang, karena ternyata air tersebut memiliki manfaat yang luar biasa.


2 Responses to "Lima Manfaat Tak Terduga Air Rebusan Jagung"

  1. wah ternyata air rebusan jagung banyak manfaatnya juga, mantap sekali bagus nih infonya

    ReplyDelete