10 Minuman Khas yang Membuatmu Bersyukur Jadi Orang Indonesia

Indonesia memang kaya dengan berbagai hal, mulai dari sumber daya alam, budaya, wisata, hingga kulinernya yang beragam dari Sabang sampai Merauke. Setiap daerah memiliki ciri khas kuliner baik itu makanan dan minuman yang rasanya sudah pasti enak. Kita dapat mencoba makanan dan minuman khas saat berkunjung ke sebuah daerah. Namun saat ini rasanya tanpa harus pergi ke kota asalnya pun kita dapat menikmati berbagai kulinr khas Nusantara yang banyak dijual mulai dari pinggir jalan hingga rumah makan.


10 minuman khas Nusantara ini dijamin tidak akan pernah kita temui di Negara lain. Rasanya yang nikmat dan menyegarkan dengan harga yang terjangkau selalu siap mengobati dahagamu. Berikut adalah 10 minuman khas yang bikin kamu selalu bersyukur sudah dilahirkan di Indonesia!

Es Cendol / Es Dawet


Minuman segar berwarna hijau dipadu dengan santan dan gula merah ini banyak dijual di kaki lima. Minuman ini biasa dikenal dengan nama es cendol di tanah Pasundan. Ada juga yang menyebutnya dengan nama es dawet. Rasanya yang manis dan gurih sudah pasti jadi favorit banyak orang. Harganya yang murah meriah juga sangat ramah di kantong

Es Teler


Siapa tak kenal es teler? Campuran irisan buah alpukat, nangka, dan kelapa muda berpadu harmonis dengan kuah santan dan susu kental manis. Jajanan ini populer di wilayah kampus karena selain harganya terjangkau, bisa mengobati haus bahkan mengganjal perut yang lapar.

Bir Pletok


Minuman khas betawi ini walaupun bernama ‘bir’ tapi dijamin seratus persen aman diminum oleh semua orang. Bir pletok terbuat dari jahe, sereh, kayu manis, dan gula. Sementara warna merahnya berasal dari kayu secang. Selain menyegarkan, bir pletok juga sangat manjur untuk menghangatkan tubuh.

Selendang Mayang


Buat kamu warga Jakarta, pasti sudah tak asing dengan minuman ini. Tapi saat ini selendang mayang mulai susah dicari. Minuman yang berbahan dasar sagu aren dan adonan kue yang dibuat seperti agar-agar ini terasa manis dan legit. Ditambar dengan sirup atau gula Jawa, santan, dan es batu. Nah, warna-warni agar-agar inilah yang membuat minuman segar ini disebut selendang mayang.

Sekoteng


Minuman penghangat tubuh ini berasal dari Jawa Tengah. Dibuat dari racikan jahe yang dicampur dengan kacang hijau, kacang tanah, pacar cina, dan potongan roti. Minuman ini biasanya hanya dijual ketika malam hari karena berguna untuk menghangatkan tubuh.Nongkrong malam hari sambil minum sekoteng sudah pasti makin asyik.

Lahang


Ternyata minuman isotonic sudah ada sejak jaman dulu lho. Indonesia punya minuman isotonic tradisional yang dijamin sehat dan menyegarkan. Minuman khas pasundan ini berasal dari endapan air pohon aren yang memiliki rasa manis, adem, dan segar! Sangat cocok diminum di siang hari yang terik. Sayangnya, saat ini lahang sulit ditemui dan jarang sekali ada yang menjualnya.

Wedang


Minuman yang isinya sangat ‘ramai’ ini begitu populer di tanah Jawa. Minuman khas Jogja ini terbuat dari berbagai rempah-rempah yang dimasukkan ke dalam segelas air jahe. Seperti hal nya sekoteng, wedang juga berkhasiat untuk menghangatkan tubuh di cuaca dingin.

Es Pisang Ijo


Tak hanya pulau Jawa, Makasar juga punya minuman khas yang tak kalah hits. Ibukota Sulawesi Selatan ini memiliki minumas Es Pisang Ijo. Es ini berisi pisang kepok yang disajikan dalam mangkuk dibalut dengan adonan yang dikukus. Ditambah kuah berwarna merah muda yang rasanya manis dan gurih. Es pisang ijo juga lumayan mengenyangkan lho!

Es Campur


Walaupun mirip dengan es teler, namun es campur isinya lebih beragam. Sesuai dengan namanya, es campur berisi campuran banyak buah-buahan dan bahan serupa cendol berwarna merah muda. Harganya juga sangat bersahabat dan mudah ditemui di mana saja. Es campur juga kerap disandingkan dengan mie bakso sebagai makanan penutup.

Es Kelapa Muda


Dari sekian minuman khas di atas, rasanya tak lengkap jika tidak menyebutkan es kelapa muda. Minuman ini sangat mudah dijumpai mulai di emperan hingga di restoran besar.Minuman yang identic dengan daerah pantai ini sangat pas disajikan saat sedang muda-mudanya. Ditambah sedikit susu kental manis dan gula aren. Siapa tak ngiler jika disuguhi es kelapa muda saat panas terik?

Itulah 10 minuman khas Indonesia yang tidak ada duanya. Buat kamu yang tinggal di luar negeri pasti akan merindukan minuman-minuman di atas, belum lagi berbagai macam makanan yang menggugah selera. Itulah mengapa kita akan selalu bersyukur karena telah dilahirkan di Indonesia.





0 Response to "10 Minuman Khas yang Membuatmu Bersyukur Jadi Orang Indonesia"

Post a Comment