13 Ide Kreatif Daur Ulang Ban Bekas Ini Patut Kamu Coba

Menumpuknya limbah ban bekas masih menjadi masalah yang cukup sulit untuk diselesaikan. Ditambah dengan semakin banyaknya kendaraan baru yang diproduksi dan semakin terbengkalainya mobil-mobil bekas ditempat pembuangan.

Banyak penelitian yang menunjukkan bahwa limbah ban bekas perlahan akan menyebarkan bahan kimia beracun ke lingkungan sekitarnya. Mungkin efeknya tidak akan langsung terasa saat ini, melainkan melalui proses jangka panjang, seperti lingkungan yang semakin tercemar dan menurunnya kesuburan tanah untuk ditanami sumber pangan.  

Tapi, di tangan-tangan kreatif bahan limbah pun bisa disulap menjadi sesuatu yang baru dan lebih bermanfaat. Punya ban bekas nganggur tapi bingung mau dibuang kemana? Berikut adalah 13 ide kreatif daur ulang ban bekas yang patut kamu coba.

Lampion Cantik


Siapa sangka ban bekas bisa dijadikan lampion cantik seperti ini? Kamu bisa membuat ukiran dengan pola tertentu agar cahaya lampu dapat memancar dari dalam ban. Perlu diingat bahwa diperlukan gantungan yang cukup kuat untuk menggantung lampion ini. Lampion ini juga cocok buat kamu para pemilik kafe yang butuh ide baru untuk dekorasi kafemu.

Bingkai Cermin


Ban sepeda juga bisa dijadikan ide daur ulang yang tak kalah unik. Jadikan saja bingkai cermin dengan sedikit aplikasi pita atau bunga. Dengan sedikit usaha, cermin ini bisa menambah kesan vintage dan sweet dalam ruangan.

Pot Bunga


Sedang merencanakan sebuah taman kecil di depan rumah? Ban bekas juga bisa mempermanis taman kamu dengan menjadikannya pot bunga.Kamu bisa ‘membungkusnya’ dengan semacam kain atau bahan rajutan seperti di atas. Mengecatnya dengan warna terang juga bisa jadi pilihan menarik.

Meja


Kamu bisa membuat sebuah meja yang unik hanya dengan dua ban bekas yang disusun dengan sebuah kaca bulat di atasnya. Terlihat chic dan unik tanpa harus mengeluarkan modal yang besar.

Subwoofer


Ingin subwoofer unik di rumahmu? Pilih subwoofer yang ukurannya cocok dengan ban bekas yang kamu punya. Susun sedemikian rupa hingga menjadi semacam bingkai. 

Ayunan


Kalau ini sih sudah jangan ditanya. Ban bekas memang paling sering dijadikan dudukan untuk ayunan. Tapi dengan sedikit menghiasnya seperti di atas tentu akan membuat tampilannya lebih manis kan?

Hammock


Hammock atau ayunan yang bisa dipakai untuk tiduran ini memang sedang hits di mana-mana. Tapi tahukah kamu, hammock tidak hanya dibuat dari jalinan tali temali, namun juga dari ban bekas. Namun karena hasilnya sangat mini, hammock ini hanya cocok dinaiki oleh anak-anak. Ide yang cukup menarik jika ingin membuat taman untuk anak-anak.

Tangga


Yang ini juga sepertinya sudah banyak diaplikasikan oleh banyak orang. Tangga dari ban bekas sangat cocok untuk kamu yang ingin membuat tangga taman dengan budget yang terbatas.

Kursi Rajut


Untuk membuat kursi dari ban bekas dengan variasi rajut ini memang cukup merepotkan. Namun ide ini cukup menarik untuk diterapkan khususnya untuk rumah dengan desain shabby chic atau vintage. Ide ini juga bisa dicoba untuk kamu pengusaha meubeul unik anti mainstream.

Minions


Masih seputar anak-anak, ban bekas nampaknya memang memiliki daya tarik tersendiri untuk menyenangkan anak-anak. Susun tiga buah ban bekas dan jadikan ia sesosok minions! Dijamin anak-anak akan anteng bermain di halaman rumah.

Meja Ruang Tamu


Dengan mengecat ban bekas dengan warna emas, memberinya kaki meja serta sebuah kaca, kamu sudah punya meja baru untuk ruang tamu! Terlihat unik dan berkelas kan?

Pot Gantung


Warna ban yang hitam dan kusam bukan berarti ia tak bisa menjadi hiasan yang artistik lho. Bermodalkan sedikit kreatifitas kamu bisa menjadikannya pot bunga gantung yang cantik dan memberikan kesan fresh pada dinding.

Tempat Payung



Suka kesal sendiri saat lupa menyimpan payung dan mencarinya saat dibutuhkan? Kumpulkan payung kamu di sebuah tempat khusus. Kamu hanya perlu melubangi ban bekas seukuran gagang paying dan kebutuhan kamu. Berikan semacam kaki agar ban bisa berdiri tegak dan menopang payung-payung kamu dengan rapi.

baca juga : 6 Manfaat Lain Roti Tawar yang Jarang Diketahui

Itulah 13 ide kreatif untuk mendaur ulang ban bekas. Daripada membuangnya percuma hingga menjadi limbah pencemar lingkungan, lebih baik mengubahnya menjadi barang baru yang lebih berguna. Selamat mencoba!

0 Response to "13 Ide Kreatif Daur Ulang Ban Bekas Ini Patut Kamu Coba"

Post a Comment