6 Kemiripan Bahasa Indonesia dengan Bahasa Asing

Bahasa adalah alat komunikasi manusia dengan sesamanya. Dengan bahasa, kita dapat mengungkapkan perasaan dan keinginan kita kepada orang lain. Dengan bahasa pula, kita dapat mengerti apa yang sedang terjadi di sekitar kita. Tanpa bahasa, akan sangat sulit bagi manusia untuk berkomunikasi satu sama lain.


Setiap Negara memiliki bahasa resminya masing-masing. Negara kita memiliki bahasa kesatuan bahasa Indonesia. Kita patut berbangga dengan bahasa kita sebab banyak Negara yang mewajibkan mata pelajaran Bahasa Indonesia kepada murid-muridnya. Selain itu, ternyata bahasa Indonesia memiliki banyak kemiripan dengan bahasa asing. Ada yang sama dari hal pengucapan, penulisan, bahkan sama persis secara keseluruhan. Berikut adalah 6 kemiripan Bahasa Indonesia dengan Bahasa Asing.

Kursi (Bahasa Indonesia –Kursi (Bahasa Arab)
Furnitur yang berfungsi sebagai tempat duduk ini memiliki kesamaan pelafalan dengan bahasa Arab. Dalam bahasa Arab dan Indonesia, keduanya memiliki pelafalan dan arti yang sama, yaitu Kursi.

Kado (Bahasa Indonesia) – Cadeau (Bahasa Perancis)


Kado atau hadiah yang kerap diberikan saat momen spesial ini ternyata juga memiliki kemiripan pengucapan dengan bahasa asing, yaitu bahasa Perancis. Kado dalam bahasa Indonesia ditulis ‘cadeau’ dalam bahasa Perancis. Meskipun penulisannya berbeda, tapi cara menyebutkan dan arti katanya sama.

Jendela (Bahasa Indonesia) – Janela (Bahasa Portugis)


Bahasa Indonesia juga memiliki kemiripan dengan Bahasa Portugis. Dalam bahasa Indonesia namanya jendela, sedangkan dalam bahasa Portugis namanya menjadi’ janela’ (baca: jandela). Arti katanya pun sama.

Sepatu (Bahasa Indonesia) – Sapato (Bahasa Portugis)


Masih bahasa Portugis.  Kali ini adalah kata 'sepatu' yang punya arti sama dan pelafalan yang mirip dalam bahasa Portugis, yaitu ‘sapato’.

Bendera (Bahasa Indonesia)—Bendera (Bahasa Swahili)


Bahasa Negara Kenya ini juga memiliki sebuah kata yang mirip dengan Bahasa Indonesia. Kata bendera sama-sama memiliki nama bendera di Kenya. Ejaan, pelafalan, dan artinya sama persis.

Meja (Bahasa Indonesia—Meza (Bahasa Swahili)


Masih bahasa Swahili. Kali ini ada kata meja. Artinya sama, pelafalannya aja yang agak beda, antara huruf ‘j’ dan huruf ‘z’.

baca juga : 15 Istilah Rahasia yang Hanya Dipahami Oleh Sesama Dokter

Itulah 6 kesamaan Bahasa Indonesia dengan Bahasa Asing. Banyak sekali bahasa asing di luar sana yang menarik untuk dipelajari. Namun, kita patut berbangga dengan bahasa kita yang kaya dan memiliki banyak keunikan. Semoga dapat menambah kebanggaan kita menjadi warga Indonesia ya!


0 Response to "6 Kemiripan Bahasa Indonesia dengan Bahasa Asing"

Post a Comment