6 Manfaat Lain Roti Tawar yang Jarang Diketahui

Roti tawar adalah salah satu hidangan terfavorit untuk sarapan. Selain itu, roti tawar juga nikmat disajikan sebagai kudapan di sore hari bersama teh atau kopi. Roti tawar dapat diolah menjadi roti bakar, roti goreng, atau hanya dioleskan selai dan keju. Selain enak dan praktis,kandungan karbohidrat dalam roti tawar juga mampu mengganjal perut di sela-sela waktu makan.


Selain menjadi makanan favorit, roti ternyata memiliki manfaat lain yang jarang sekali diketahui. Asalkan tahu triknya, roti dapat membantu menyelesaikan banyak masalah sehari-hari, ulai dari hilangkan noda minyak pada pakaian hingga mencegah mata perih dan berair saat mengiris bawang. Tak percaya? Berikut adalah 6 manfaat lain roti tawar selain sebagai makanan.

Membersihkan Pecahan Kaca


Biasanya, kita selalu menggunakan tisu, kertas atau lap basah untuk membersihkan pecahan kaca. Namun hal tersebut tidak sepenuhnya efisien dan kerap malah melukai tangan kita. Menggunakan roti akan lebih aman dan efisien. Cukup sapukan selembar roti di atas pecahan kaca, khususnya pecahan-pecahan kecil. Dijamin tak akan ada pecahan yang tertinggal di lantai.

Mencegah Mata Berair Saat Mengiris Bawang Merah


Bawang merah adalah salah satu bumbu dapur yang wajib digunakan di hampir semua masakan. Bawang merah dapat menjadikan masakan lebih wangi dan lezat. Namun, hal yang kerap dikeluhkan saat mengiris bawang merah adalah sensasi perih di mata yang seringkali membuat kita meneteskan air mata. Mulai saat ini, taka da lagi air mata diantara kamu dan bawang merah. Ambil selembar roti tawar, kemudian potong seukuran mulut, Letakkan roti di dalam mulut selama mengiris bawang. Dijamin Anda dapat mengiris bawang dengan mulus tanpa air mata.

Menjaga Cake Tetap Lembab dan Enak


Cake biasanya tidak akan habis dalam sekali makan. Kita biasanya akan menyimpan cake di dalam kulkas agar bisa dinikmati keesokan harinya. Namun, tak jarang cake yang didiamkan rasanya berubah menjadi lebih keras dan kering. Nah, agar cake tetap lembab dan enak, tempelkan potongan roti tawar di bekas irisan cake. Tusuk menggunakan tusuk gigi agar ia menempel dengan kuat. Cake pun akan tetap segar meski disimpan berhari-hari dalam kulkas.

Mengobati Kapalan


Kapalan pada kaki adalah penyakit yang sering dikeluhkan oleh ibu-ibu rumah tangga. Saat ini banyak krim dan losion yang berguna untuk mengobati kapalan. Namun, jika Anda masih memiliki stok roti di rumah, sebaiknya tunda dulu rencana membeli krim atau losion. Ambil selembar roti tawar, lalu rendam dalam cairan cuka. Tempelkan roti tersebut di telapak kaki dan biarkan selama semalam. Keesokan harinya kapalan pada kaki akan terasa lebih baik. Lakukan secara teratur untuk hasil yang maksimal.

Hilangkan Noda Minyak


Selama ini, bedak bayi dikenal sebagai andalan untuk hilangkan noda minyak pada kain. Cara lain yang dapat dilakukan selain menaburkan bedak bayi adalah menggunakan sepotong roti tawar. Bentuk bagian putih roti tawar menjadi bulatan, kemudian gosokkan pada kain yang terkena noda minyak. Biasanya hal ini cukup ampuh untuk mengangkat noda minyak. Selain itu, roti juga dapat membantu untuk menghilangkan noda pada tembok tanpa merusak lapisan cat.

Hilangkan Bau Gosong


Memasak nasi kadang tak semudah kelihatannya. Seringkali kita memasaknya terlalu lama hingga menjadi hangus atau gosong. Rasanya pun menjadi tidak enak karena bau gosong yang ditimbulkan. Jangan panik, ambil selembar roti tawar dan letakkan di atas nas dalam rice cooker. Kemudian tutup dan diamkan selama beberapa menit. Dijamin bau gosong tidak akan terlalu kentara, dan nasi bisa dinikmati seperti biasa.

baca juga : 7 Penyakit Berbahaya Ini Gejalanya Mirip Masuk Angin

Nah, itulah 6 manfaat roti yang jarang diketahui. Dengan ini, semoga Anda dapat mempraktekkannya di saat-saat tersebut ya. Selamat mencoba!


0 Response to " 6 Manfaat Lain Roti Tawar yang Jarang Diketahui"

Post a Comment