6 Manfaat Puasa Senin Kamis yang Menakjubkan

Tuhan pasti telah membuat segala sesuatu dengan kebaikannya masing-masing, termasuk perintah dan larangan terhadap umat manusia. Beberapa hal dilarang karena ada suatu hal yang tidak baik di dalamnya. Begitu pula beberapa perintah dan anjuran, Tuhan pasti telah menyiapkan sesuatu hal yang baik, termasuk dalam hal ibadah seperti puasa.


Puasa memang dianjurkan oleh beberapa Agama, termasuk Islam. Salah satu ibadah puasa yang dianjurkan dalam Islam adalah puasa Senin Kamis. Ternyata, selain menjanjikan pahala bagi mereka yang menjalankannya, ada beberapa manfaat yang mungkin belum diketahui banyak orang. Puasa Senin Kamis ternyata dapat memberikan manfaat kesehatan baik jasmani maupun rohani. Apa saja sih? Berikut enam manfaat puasa Senin Kamis yang menakjubkan.

Mengeluarkan Racun Dalam Tubuh


Makanan dan minuman yang kita konsumsis sehari-hari tentunya dapat mengandung berbagai racun dan toksin tanpa kita sadari. Dengan berpuasa, pencernaan kita akan beristirahat sejenak sehingga proses pengeluaran racun dalam tubuh akan lebih optimal. Pengeluarannya dapat lewat keringat, urine, atau saat buang air besar. Dengan rutin melakukan puasa Senin Kamis, tubuh akan memiliki ‘jadwal’ yang baik untuk mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Tubuh pun akan terasa lebih sehat dan bugar.

Peremajaan Sel Kulit


Sel-sel kulit manusia yang telah mati perlu diganti atau diremajakan kembali dengan sel-sel kulit yang baru.  Ternyata tidak perlu menggunakan kosmetik atau perawatan kulit yang mahal agar kulit kembali berseri. Kamu hanya perlu melakukan puasa senin kamis secara rutin. Hal itu dikarenakan di saat berpuasa, metabolisme tubuh manusia yang akan berhenti sementara, dan yang dapat menyebabkan sel-sel tubuh dapat bekerja lebih aktif lagi, termasuk sel-sel kulit.

Mengencangkan Kulit


Apa hubungan puasa dengan mengencangkan kulit? Alasannya, seperti halnya peremajan kulit, saat kita berpuasa sehari penuh metabolisme dalam tubuh juga ikut beristirahat sehingga membuat sel-sel dalam tubuh bekerja lebih maksimal. Hasilnya, organ tubuh luar, seperti kulit akan lebih sehat dan kencang. Buktikan dengan mulai rutin berpuasa Senin Kamis!

Pencernaan Lebih baik


Organ perncernaan dalam tubuh yang diibaratkan seperti mesin. Seperti layaknya mesin, organ perencanaan juga memerlukan istirahat dan perawatan rutin agar tetap bekerja optimal. Salah satunya adalah dengan melakukan puasa Senin Kamis. Puasa Senin Kamis dapat mengoptimalkan fungsi organ pencernaan, mengeluarkan racun-racun dalam organ pencernaan, serta sebagai perawatan rutin agar organ pencernaan kamu tetap sehat.

Menurunkan Kadar Lemak


Lemak memang salah satu nutrisi yang dibutuhkan tubuh kita, namun jika jumlahnya terlalu banyak tentu akan menjadi tidak baik. Oleh karena itu, kelebihan lemak dalam tubuh harus dihilangkan. Beberapa cara yang efektif untuk menghilangkan lemak yaitu dengan berolah raga secara teratur, melakukan diet, atau  melakukan puasa. Kombinasi ketiganya dapat menurunkan kadar lemak dalam tubuh, hingga menurunkan tekanan darah tinggi atau kolesterol.

Menstabilkan Emosi


Mereka yang sudah terbiasa melakukan puasa Senin Kamis biasanya dapat lebih mengontrol pikiran dan perasaannya. Puasa akan membuat kita menendalikan hawa nafsu, tidak mudah marah, dan lebih sabar mengadapi situasi. Dengan demikian, emosi pun menjadi lebih tenang dan stabil. Dengan terkontrolnya emosi, akan memberikan ketenangan jiwa.


Itulah enam manfaat puasa Senin Kamis yang menakjubkan. Sesungguhnya Tuhan sangat sayang kepada hambaNya sehingga memberikan berbagai macam anjuran yang baik. Setelah mengetahui berbagai manfaat di atas, tidak ada salahnya untuk mulai rutin melakukan puasa Senin dan Kamis.

0 Response to "6 Manfaat Puasa Senin Kamis yang Menakjubkan"

Post a Comment