6 Tips Mudah Biasakan Minum Air 8 Gelas Sehari

Air adalah kebutuhan yang esensial bagi kehidupan.  Setiap makhluk hidup meembutuhkan air, termasuk manusia.  Manusia memerlukan air untuk mandi, mencuci dan sebagai air minum. Setiap orang memiliki kebutuhan air yang berbeda-beda. Naun, para ahli kesehatan sepakat bahwa kita memerlukan asupan air setidaknya 8 gelas atau kurang lebih 2 liter setiap harinya.


Kekurangan minu dapat menyebabkan tubuh terkena dehidrasi, kesulitan berfikir, kekurangan tenaga hingga kerusakan ginjal. Walaupu mengetahui betapa pentingnya asupan air cukup, kita seringkali lalai untuk rutin minum air, entah karena kesibukan atau lupa. Nah, agar asupan air kita terjaga,kita perlu mulai membiasakan diri minum air dengan cukup. Berikut adalah 6 tips mudah yang bisa kamu lakukan untuk membiasakan diri minum air 8 gelas setiap hari.

Tips 1

Buat reminder khusus sebagai jadwal minum air, seperti saat setelah beraktifitas rutin. Sebut saja saat bangun tidur, sebelum berangkat beraktifitas, dan sebelum tidur. Jadikan waktu-waktu tersebut sebagai patokan waktu ‘wajib’ untuk minum air.

Tips 2

Siapkan botol air di tempat yang mudah dijangkau dimanapun kita beraktifitas. Misalnya di meja kerja, di dalam tas saat bepergian, di ruangan TV, hingga di kamar tidur. Jadi, kita tidak perlu repot pergi ke dapur untuk mengambil air kapanpun kita merasa haus atau merasa perlu minum air. Biasanya, rasa malas dan tak mau repot itulah yang membuat kita mengabaikan minum air.

Tips 3

Bagi jadwal minum dalam rentang waktu tertentu. Jika kita menargetkan 8 gelas air dalam sehari, maka buat jadwal satu gelas masing-masing setelah dan sebelum tidur, satu gelas di setiap waktu makan, dan tiga gelas lainnya di sela-sela aktifitas. Tubuh juga paling membutuhkan air saat setelah beraktifitas. Jadi, jangan lupa minum air kapanpun saat tubuh mulai terasa lelah atau panas.

Tips 4

Bagi Anda pegawai kantoran, bawa tempat air sendiri dari rumah.  Segera pergi ke pantry untuk mengisi ulang tempat air Anda begitu isinya habis  dan letakkan kembali di meja selama Anda bekerja.

Tips 5

Selalu embawa botol air sendiri dari rumah saat beraktifitas. Selain lebih praktis, ini juga lebih hemat dibanding harus membeli air botol di luar. Usahakan untuk mengisi ulang botol setiap kali ada kesempatan, misalnya saat mampir ke rumah teman.

Tips 6

Tanamkan komitmen dan berjanji pada diri sendiri untuk mencukupi asupan minum air setiap harinya. Buat mindset bahwa untuk dapat beraktifitas tubuh kita harus sehat, salah satunya adalah dengan rajin minum air. Bayangkan sebuah hubungan menguntungkan antara minum air dengan performa terbaik yang bisa dilakukan tubuh kita saat ia terhidrasi dengan baik. Intinya, sayangi tubuh Anda dengan rutin minum air sesuai anjuran.


Nah, itulah 6 tips mudah yang bisa Anda terapkan agar terbiasa minum 8 gelas sehari. Kesehatan adalah harga mati yang harus dipertahankan untuk dapat melakukan aktifitas dengan lancar. Kesehatan juga amat penting untuk dijaga, salah satu caranya ya dengan mencukupi asupan air untuk tubuh kita. Selamat mencoba dan semoga Anda sehat selalu ya!

1 Response to "6 Tips Mudah Biasakan Minum Air 8 Gelas Sehari"