7 Film Dokumenter Paling Mengerikan di Dunia

Film adalah sebuah karya seni yang bisa menjadi media hiburan dan pendidikan. Banyak genre film yang beredar saat ini, mulai drama, komedi, horror hingga film documenter. Berbeda dari genre film lain yang dibuat berdasarkan naskah fiktif, film dokumenter adalah film yang dibuat dengan guna mendokumentasikan kenyataan yang sebenarnya.

Film dokumenter merekam kejadian-kejadian nyata dengan subyek yang sangat beragam dan tak terbatas pada kejadian tertentu. Mulai dari aktifitas organisasi, bencana alam, hingga hal-hal mengerikan dan menakutkan yang tak pernah terbayangkan sebelumnya. Walaupun dikemas dengan tampilan visual yang artistik, namun tetap saja 7 film dokumenter ini dinilai sangat mengerikan karena mengangkat kasus yang sangat kejam, mulai dari pemerkosaan, bunuh diri, hingga pemerkosaan  anak.

Child of Rage (1992)



Film dokumenter yang dikemas dalam versi film televisi ini disutradarai oleh Larry Peerce. Mengangkat kisah tentang efek pada diri anak yang terlalu sering mendapat perlakuan kasar.
Diceritakan seorang pendeta dan istrinya yang mengadopsi dua kakak-beradik laki-laki dan perempuan. Si bungsu perempuan yang terihat lugu ternyata memiliki masalah dalam mengontrol emosinya yang seringkali meledak-ledak. Sang pendeta pun ingin mengetahui penyebab sikap sang anak. Mereka mengundang seorang ahli kejiwaan, lalu terungkaplah fakta mengejutkan dari sang anak yang tak terduga sebelumnya.

Resurrect Dead: The Mystery of the Toynbee Tiles (2011)



Film dokumenter  besutan sutradara Jon Foy ini mengisahkan misteri deretan pesan misterius di berbagai sudut jalan di Amerika Serikat dan Amerika Selatan. Pesan-pesan tersebut biasa dikenal dengan Toynbee Tiles. Pesan ini sering terlihat menempel di jalan-jalan aspal.

Seorang warga Philadelphia bernama Justin Duerr tak bisa menutupi rasa penasarannya mengenai pesan-pesan misterius tersebut. Ia pun memutuskan untuk menyelidikinya hingga menemukan fakta yang mencengangkan.

The Imposter (2012)



Film dokumenter ini mengisahkan tentang seorang anak laki-laki asal Amerika Serikat yang hilang tanpa jejak. Taka da yang tahu pasti apakah ia sengaja pergi atau diculik. Kasus itu pun tenggelam hingga ttiga tahun lamanya. Sang anak kemudian ditemukan di Spanyol.

Setelah ditemukan, keluarga pun membawa sang anak pulang. Hal yang mengejutkan kemudian terjadi enam bulan kemudian bahwa sang anak ternyata adalah seorang penipu, dan keluarga tersebut masih kehilangan putra mereka hingga sekarang.

The Central Park Five (2012)



Film dokumenter ini disutradarai oleh Ken Burns, Sarah Burns, dan David McMahon. Film ini mendokumentasikan salah satu kasus perkosaan paling menghebohkan di Amerika Serikat pada tahun 1980-an.

Kasus ini kemudian berkembang menjadi lebih dari kasus perkosaan saat kepolisian New York ternyata ‘salah sasaran’. Lima remaja yang diduga pelaku terlanjur  mendekam dipenjara selama 6 sampai 13 tahun.

Aokigahara / Suicide Forest (2012)



Terletak di bawah Gunung Fuji, hutan Aokigahara Forest terkenal sebagai tempat untuk bunuh diri. Dokumenter ini mengikuti perjalanan seorang ahli geologi dalam menelusuri dalamnya hutan. Sang geologis berharap bisa menemukan beberapa orang yang tertangkap basah ingin bunuh diri.

Saat tahu ada mobil yang terparkir di pintu masuk hutan, kamera lantas merekam perjalanan dari pintu masuk sampai ke tempat di mana ada mayat orang yang gantung diri yang baru saja terjadi. Makin menelusur ke dalam, pemandangan yang didapat makin mengerikan.

The Institute (2013)



Film dokumenter ini disutradarai oleh Spencer McCall. Kisahnya berawal dari sebuah iklan aneh sebuah institusi bernama Jejune Institute. Iklan tersebut berhasil menggaet sekitar 10 ribu warga San Francisco.

Tidak ada satupun warga yang masuk ke institusi tersebut benar-benar mengetahui apa yang akan mereka lakukan. Saat kegiatan misterius ini terungkap, banyak warga yang menjadi korban mengaku bahwa mereka dibuat tak bisa membedakan antara kenyataan dan khayalan.

High on Krack Street (1995)



Film ini mendokumentasikan perjuangan tiga pecandu narkoba. Film ini juga akan membawa penonton mengintip jauh ke dalam keseharian para pencandu yang berjuang keras melawan ketergantungan mereka.

Dari para PSK sampai wanita yang hamil di luar nikah, penonton akan melihat sisi gelap efek narkoba untuk kesehatan fisik dan jiwa pemakainya. Adegan yang terekam dalam film ini diklaim tidak akan temukan di video penyuluhan mana pun. Dan lagi film ini dengan gamblang menampakkan ending yang menyedihkan bagi para tokoh-tokohnya - pecandu narkoba.

Itulah 7 film dokumenter paling mengerikan di dunia. Dengan adanya film-film tersebut semakin membukakan mata masyarakat tentang adanya hal-hal gelap di sekitar kita yang jarang terungkap. Hendaknya kita semakin mawas diri agar terhindar dari hal-hal yang tidak baik bahkan mengerikan seperti diangkat dalam 7 film dokumenter di atas.

0 Response to "7 Film Dokumenter Paling Mengerikan di Dunia"

Post a Comment