7 Profesi Bergaji Rendah di Indonesia Ini Justru Bikin Makmur di Luar Negeri

Sebuah profesi tentu memiliki tanggung jawab dan resikonya tersendiri. Di Indonesia, besar kecilnya gaji seorang karyawan umumnya dilihat dari posisi atau jabatan yang ia pegang di perusahaan. Para pegawai kecil umumnya memiliki gaji yang lebih kecil dari mereka yang menduduki posisi-posisi penting.Padahal, tak jarang pekerjaan-pekerjaan kecil tersebut lebih menguras tenaga dibandingkan mereka yang berpangkat tinggi.

Namun, nampaknya di beberapa Negara ini tidak semua profesi harus mengandalkan jabatan yang tinggi untuk mendapatkan gaji yang besar. Banyak diantara profesi di bawah yang mendapatkan gaji kecil namun bisa jadi makmur jika mereka bekerja di luar negeri. Lantas, profesi apa saja yang mendapatkan gaji jauh lebih tinggi ketimbang rata-rata di Indonesia? Berikut ulasannya.

Tukang Cuci Piring


Pekerjaan ini kerap digemari para pelajar di Amerika Serikat sebagai pekerjaan sampingan. Meskipun harus berbasah-basahan mencuci piring yang jumlahnya tak sedikit, namun imbalannya cukup besar. Pekerjaan ini menggunakan sistem bayaran per jam, yaitu mencapai $11 per jamnya.

Asisten Rumah Tangga


Bukan rahasia lagi, gaji untuk profesi asisten rumah tangga tergolong cukup rendah di Indonesia, yaitu hanya sekitar saju jutaan. Selain itu, profesi ini juga masih dianggap sebelah mata oleh berbagai kalangan, padahal tanggung jawab mereka sangat berat karena harus mengerjakan seluruh pekerjaan rumah tangga yang taka da habisnya. Di luar negeri, profesi ini lebih dihargai, bisa dilihat dari gaji yang cukup menggiurkan hingga $7 atau 100 ribu rupiah per jamnya.

Petugas Panti Jompo


Saat ini, banyak sekali anak yang menitipkan orang tuanya yang telah sepuh ke rumah jompo. Hal tersebut biasanya disebabkan oleh kesibukan sang anak hingga tak sempat mengurus keperluan orang tuanya. Pekerjaan mengurus orang yang telah renta bukanlah perkara mudah, dibutuhkan kesabaran dan ketelitian dan juga menguras tenaga. Gaji seorang perawat lansia di Indonesia hanya berkisar di angka 2 jutaan. Namun, di Jepang dan Kanada profesi ini bisa menerima gaji 10 hingga 17 juta rupiah per bulannya.

Petugas Kebersihan


Tukang sampah memiliki jasa yang besar dalam hal kebersihan dan keindahan kota. Namun, meski sudah berurusan dengan sampah yang menggunung dan aroma yang tidak sedap, profesi ini belum mendapatkan gaji yang sepadan di Indonesia. Di Inggris, gaji seorang tukang sampah bisa mencapai 25 juta rupiah per bulannya. Dijamin makmur deh.

Tukang Ledeng


Pekerjaan ini identik sebagai pekerjaan serabutan yang penghasilannya belum tentu bisa diharapkan setiap hari. Padahal pekerjaan ini cukup sulit dan membutuhkan keahlian khusus. Skill seorang tukang ledeng nampaknya sangat diapresiasi di Amerika Serikat. Seorang tukang ledeng bisa meraup gaji hingga 500 juta rupiah per bulannya.

Di Indonesia, pekerjaan ini bisa dibilang pekerjaan serabutan. Padahal, pekerjaan ini sangat diperlukan. Di AS, bayaran seorang tukang ledeng per tahunnya bisa mencapai 500 juta rupiah lho!

Perawat


Profesi perawat masih dibilang belum mendapatkan gaji yang sepadan di Indonesia. Padahal, tanggung jawab mereka cukup besar mengingat kaitannya dengan kesehatan dan hidup mati seorang pasien. Tak jarang perawat khususnya pekerja magang hanya mendapat gaji ratusan ribu rupiah saja setiap bulannya. Di Amerika Serikat, gaji seorang perawat lebih menjanjikan. Mereka bisa mendapatkan hingga 250 ribu rupiah per jamnya. Pendapatan mereka bisa lebih besar lagi dengan menyesuaikan shift atau jam kerja yang dibutuhkan.

Pemadam Kebakaran


Seperti halnya polisi dan tentara, profesi ini memiliki resiko yang sangat tinggi berhubung mereka harus berhadapan dengan api dan mengevakuasi korban yang masih terjebak dalam bangunan yang terbakar. Gaji seorang pemadam kebakaran berkisar 5 juta rupiah per bulannya. Namun dibandingkan Amerika, nampaknya seorang pemadam kebakaran bisa lebih makmur karena gajinya yang mencapai 35 juta rupiah per bulan.

baca juga : 8 Maskapai Penerbangan Paling Sensasional di Dunia

Nah, itulah 7 profesi bergaji rendah namun bisa bikin makmur di luar negeri. Memang, hal tersebut tidak dapat disalahkan karena tergantung pada kondisi social di Negara masing-masing dan peraturan pemerintah yang berlaku. Hal tersebut mungkin disesuaikan dengan biaya hidup yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan Indonesia. Bagaimana menurutmu?

0 Response to "7 Profesi Bergaji Rendah di Indonesia Ini Justru Bikin Makmur di Luar Negeri"

Post a Comment