8 Tips Mudah Membuat Ayam Goreng Serenyah Buatan Restoran

Siapa tak suka ayam goreng tepung? Makanan cepat saji populer ini sudah jadi makanan favorit bagi banyak orang karena rasanya yang gurih dan renyah.  Ayam goreng tepung bisa dikonsumsi sebagai cemilan ataupun lauk untuk makan nasi.


Harga ayam goreng tepung yang cukup mahal kadang diakali oleh para ibu rumah tangga dengan membuatnya sendiri di rumah. Namun, walaupun rasanya sudah menyerupai buatan restoran, rasanya masih belum bisa menyaingi kerenyahan ayam goreng tepung restoran. Nah, agar ayam goreng tepung buatan rumah dapat serenyah buatan restoran, lakukan 7 tips mudah berikut.

Tips 1

Pertama potong ayam dengan ukuran yang sama besar dan kerat daging ayam yang cukup tebal, misalnya pada bagian dada.

Tips 2

Jika ayam sudah disimpan dalam lemari es, sebaiknya diamkan ayam terlebih dahulu, baru kemudian dibumbui dan digoreng. Diamkan minimal selama 30 menit.

Tips 3

Rendam ayam sebelum digoreng dengan campuran 2 liter air, ½ cangkir garam, dan ½ cangkir gula (untuk 400 gr ayam). Rendam ayam 30 menit sampai 1 jam. Tapi jangan terlalu lama karena akan membuat ayam menjadi terlalu asin.

Tips 4

Cara paling jitu ntuk membuat setiap gigitan renyah dan daging ayam tetap lembab adalah dengan cara mencelupkan ayam ke dalam air garam, lalu ke dalam tepung, dilanjutkan ke telur yang sudah dikocok lepas (bisa diganti dengan buttermilk) lalu kembali celupkan ayam ke dalam tepung. Kemudian goreng hingga kering.

Tips 5

Anda dapat menambahkan sedikit tepung maizena dalam tepung terigu agar menambah kerenyahan. Campuran tepung maizena dapat membuat hasil ayam yang lebih renyah ketimbang hanya menggunakan terigu.

Tips 6

Gunakan panic khusus untuk menggoreng. Isi panci sekitar setengah bagian dengan minyak dan panaskan mulai dari 177°C-190°C. Saat Anda memasukkan ayam, suhu minyak akan otomatis menurun dan akan mulai naik. Usahakan suhu minyak tetap stabil antara 149°C-162°C dengan tidak membesarkan atau mengecilkan api terlalu sering.

Tips 7
Gunakan alat penjepit untuk membalik ayam beberapa kali agar warna cokelat ayam merata. Goreng ayam selama 15-18 menit untuk hasil yang ideal.

Tips 8

Setelah ayam matang, angkat dan letakkan dalam rak besi berlubang. Simpan dalam oven dengan suhu 93°C, agar ayam senantiasa hangat sambil menggoreng sisanya.


Nah bagaimana, mudah bukan? Anda dapat membuat ayam goreng tepung yang renyah dan tak kalah dibanding buatan restoran. Dijamin anggota keluarga akan menyukainya. Selamat mencoba.

0 Response to "8 Tips Mudah Membuat Ayam Goreng Serenyah Buatan Restoran"

Post a Comment