9 Letak Jerawat di Wajah yang Jadi Sinyal Tubuh Kurang Nutrisi

Jerawat adalah gangguan kulit yang umum terjadi dan dialami hampir oleh semua orang. Setiap orang umumya akan berjerawat saat memasuki masa puber. Hal tersebut adalah normal sebab di masa itu tubuh mengalami penyesuaian hormon menuju usia dewasa.


Masalah jerawat kerap kali mengganggu khususnya bagi kaum perempuan. Jerawat di wajah bisa mengurangi rasa percaya diri. Selain itu, rasa sakit yang kerap ditimbulkan saat jerawat tuumbuh juga sangat mengganggu. Tapi tahukah kamu, timbulnya jerawat di wajah ternyata bisa jadi pertanda bahwa tubuh sedang kekurangan nutrisi atau sedang mengalami gejala penyakit tertentu. Titik wajah mana saja yang bisa mengindikasikan kondisi tubuh tidak sehat saat berjerawat? Berikut ulasannya.

Zona Dahi : Sistem Pencernaan

Timbulnya jerawat di daerah dahi bisa jadi indikasi tubuh sedang kelebihan lemak. Kurangi makan makanan olahan atau junk food, kurangi jumlah lemak dalam diet Anda. Tingkatkan asupan air dan makanan yang bersifat mendinginkan seperti pepaya dan mentimun.

Zona Di Antara Alis : Hati

Berhentilah mengkonsumsi alkohol, makanan berminyak dan susu. Ini adalah zona dimana alergi makanan pertama kali muncul. Sebaiknya periksa bahan-bahan makanan yang kamu konsumsi. Selain itu, lakukan olahraga ringan selama 30 menit setiap hari dan istirahat yang cukup sehingga hati juga dapat beristirahat.

Zona Mata :  Ginjal

Daerah sekitar mata mengindikasikan organ ginjal. Apapun yang muncul disekitar mata (termasuk lingkaran hitam) menunjukkan dehidrasi. Segeralah minum air putih!

Zona Hidung: Jantung

Periksa tekanan darah dan tingkatkan konsumsi Vitamin B. Kurangi asupan makanan pedas, daging dan hirup udara yang lebih segar. Selain itu, usahakan untuk mengganti asupan lemak jahat dengan lemak baik seperti Omega 3 dan 6 ditemukan dalam kacang-kacangan, alpukat, dan ikan. Timbulnya jerawat di daerah hidung juga bisa disebabkan oleh pemakaian kosmetik. Segera periksa tanggal kadaluwarsa kosmetik kamu.

Zona Telinga : Ginjal

Jerawat di daerah telinga menunjukkan gejala dehidrasi. Segera minum air putih dann kurangi minuman soda, kopi dan alkohol karena ini akan menyebabkan dehidrasi lebih lanjut.

Zona Pipi : Sistem Pernapasan

Apakah kamu merokok? Atau memiliki alergi terhadap sesuatu? Ini adalah daerah yang rawan kedua masalah ini. Jika kamu tidak merasa melakukan keduanya; jangan biarkan tubuh jadi kepanasan, makan makanan yang bersifat mendinginkan, kurangi gula dan cari udara yang lebih segar. Juga jaga tubuh lebih basa dengan menghindari makanan yang membuat tubuh asam (daging, susu, alkohol, kafein, gula), dan makan lebih banyak makanan basa seperti sayuran hijau dan jus lemon. Periksa juga sarung bantalmu dang anti apabila sudah kotor. Sarung bantal yang kotor dapat memicu tumbuhnya jerawat.

Zona Sepanjang Rahang : Hormon

Area sepanjang rahang adalah zona stres dan perubahan hormonal. Walaupun kadang-kadang keduanya sulit untuk dihindari, kamu dapat mengurangi efeknya dengan tidur yang cukup, minum banyak air putih, makan sayuran hijau dan menjaga kulit agar tetap bersih.

Zona Dagu : Perut

Munculnya jerawat di daerah dagu bisa jadi indikasi bahwa tubuh sedang terpapar racun. Perbanyak asupan serat agar mengurangi kelebihan racun dan minum teh herbal untuk membantu pencernaan.

Zona Leher : Penyakit

Jerawat di leher bisa jadi pertanda bahwa tubuh sedang memerangi bakteri untuk menghindari penyakit. Beristirahatlah dan buat me time agar tubuh lebih rileks dan tidur lebih nyenyak.


Jerawat juga bisa jadi disebabkan karena kurang menjaga kebersihan wajah. Namun jika kamu melihat jerawat di 9 area tersebut ada baiknya segera mengikuti saran-saran yang diberikan di atas. Semoga bermanfaat ya!

0 Response to "9 Letak Jerawat di Wajah yang Jadi Sinyal Tubuh Kurang Nutrisi"

Post a Comment