9 Lowongan Pekerjaan yang Cocok Untuk Fresh Graduate Semua Jurusan

Sulitnya mencari lowongan kerja yang sesuai dengan gelar sarjana yang telah diraih adalah permasalahan tersendiri bagi para fresh graduate. Di tambah lagi persaingan dengan pelamar yang telah memiliki pengalaman kerja. Saat ini banyak sekali fresh graduate yang akhirnya melamar pekerjaan yang sama sekali tidak sesuai dengan latar belakang pendidikan mereka.


Saat ini banyak perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan untuk fresh graduate dari semua jurusan. Bagi Anda sarjana yang baru menyelesaikan kuliah dan sedang mencari pekerjaan, ada baiknya melamar 9 profesi berikut. Walaupun mungkin profesi tersebut sangat bertolak belakang dengan latar pendidikan Anda, kesempatan ini dapat menjadi ajang menimba ilmu baru yang selama ini tidak didapat dari bangku kuliah. Siapa tahu Anda akan dapat menikmatinya nanti.

Berikut ini beberapa lowongan kerja yang bisa dilamar oleh fresh graduate dari semua jurusan.

Wartawan / Pekerja Media


Saat ini banyak sekali media pertelevisian yang membuka lowongan pekerjaan untuk fresh graduate semua jurusan. Banyak posisi yang bisa dipilih mulai dari Tim Kreatif, Production Assistant, Talent hingga Tim Wardrobe. Bekerja di media tidak melulu harus lulusan ilmu jurnalistik. Siapa pun bisa menjadi wartawan selama ia memiliki passion di bidang jurnalistik dan siap bekerja keras.

Selain media televisi, para fresh graduate juga bisa melamar ke media online atau media cetak. Anda bisa menjadi penulis konten untuk media online atau editor di media cetak.

Frontliner


Saat ini, banyak perusahaan yang membutuhkan peran frontliner, misalnya perbankan, telekomunikasi, hingga perusahaan start-up yang sedang menjamur. Frontliner adalah gerbang utama perusahaan untuk melayani para customer. Posisi frontliner ini juga bisa dilakukan oleh fresh graduate semua jurusan, atau bagi para sarjana yang ingin mencar pengalaman sambil mencari kesempatan lain yang lebih cocok dengan latar belakang pendidikan.

Meskipun demikian, menjadi CS haruslah penuh kesabaran dan selalu menghadirkan senyum terbaik. Posisi frontliner memiliki tanggung jawab yang besar sebab mereka adalah ‘wajah’ utama perusahaan di depan customer.

Pengajar


Menjadi pengajar adalah salah satu alternatif terbaik bagi fres graduate di luar bidang pendidikan. Baik itu menjadi pengajar baik tetap maupun freelance, di sekolah maupun di lembaga pendidikan lain seperti tempat kursus, bisa ditekuni fresh graduate sambil mencari profesi impian. Menjadi pengajar memang membutuhkan keahlian khusus, namun Anda bisa mengaplikasikan keahlian Anda seperti Bahasa Inggris, Seni, Olahraga hingga Matematika sebagai materi pengajaran Anda.

Selain itu, modal lain yang dibutuhkan oleh pengajar adalah kesabaran dan rasa cinta terhadap anak-anak. Bekerja di bidang ini juga menyenangkan sebab dapat berinteraksi langsung dengan anak-anak.

Agen Asuransi


Profesi yang tidak memandang latar belakang pendidikan lainnya adalah agen asuransi. Saat ini beragam produk asuransi banyak ditawarkan dengan penanaman kesadaran pentingnya asuransi. Program asuransi juga sedang naik daun dan mulai diminati oleh banyak orang.

Anda hanya perlu mengasah kemampuan untuk memperluas jaringan dan pengetahuan seputar produk yang ditawarkan. Anda bisa menggaet kalangan keluarga, teman, tetangga, atau siapa pun relasi Anda yang belum mempunyai asuransi. Selain itu, profesi ini juga kerap menjanjikan jenjang karir yang jelas selama Anda bisa mengkontribusikan hasil yang baik.

Public Relations

Menjadi seorang Public Relation atau Hubungan Masyarakat bisa jadi pilihan karyawan lulusan segala jurusan. Walaupun sebenarnya profesi ini lebh mengutamakan lulusan ilmu komunikasi, siapapun bisa menjajal profesi ini. Anda hanya perlu memiliki koneksi yang luas dan kemampuan komunikasi yang baik. Selain itu, modal lain untuk menjadi seorang PR adalah penampilan yang menarik, karena tugas Anda nantinya adalah membantu klien memberikan citra positif untuk perusahaan, mempromosikan suatu barang, termasuk juga berhubungan dengan pers atau media.

Sales


Mungkin masih banyak orang yang memandang sebelah mata pada profesi ini. Padahal, banyak perusahaan yang memberikannjenjang karir yang jelas dan prospektif untuk profesi sales. Menjadi sales juga tidak membutuhkan background pendidikan khusus. Siapa pun termasuk fresh graduate bisa melamar selama ia memiliki kemampuan negosiasi yang baik.Selain itu, kemampuan yang harus dimiliki seorang sales biasanya harus ulet, tekun, dan tangguh. Lowongan sebagai sales juga cocok bagi Anda yang merasa lebih cocok bekerja di lapangan ketimbang duduk berkutat di balik meja.

Administrasi


Profesi ini juga paling digemari di kalangan fresh graduate. Menjadi administrasi bisa dilakukan oleh semua background pendidikan selama mereka punya sifat rapi dan cermat.

Posisi admin bertanggung jawab untuk mengatur file, mencatat, menyimpan dokumen dan lain-lain. Posisi administrasi di sebuah perusahaan tidak bisa dianggap enteng karena mereka sangat penting untuk mendukung kelancaran bisnis dan usaha. Kesalahan yang dibuat oleh staf admin bisa menyebabkan dampak yang cukup besar bagi aktifitas perusahaan.

Prajurit Karir TNI


TNI selalu membuka penerimaan untuk prajurit karir di setiap tahunnya. Syarat untuk mengikuti pendidikan sebagai prajurit karir biasanya adalah untuk para lulusan S1 atau D3 dari berbagai latar belakang pendidikan. Profesi ini juga mensyaratkan IPK yang cukup bagus bagi para peminatnya. Banyak sarjana dari berbagai latar belakang pendidikan yang berhasil menjadi seorang prajurit karir, mulai dari lulusan jurusan MIPA, Ilmu Komputer, Teknik Informatika, Ilmu Komunikasi, hingga sarjana kedokteran. Anda tertarik mencobanya?

Blogger


Siapa bilang fresh graduate hanya bisa mencari kerja di perusahaan besar tanpa bisa menciptakan peluangnya sendiri? Di era informasi saat ini, profesi blogger bisa jadi pilihan yang menggiurkan. Terlebih bagi mereka yang memiliki bakat dalam tulis menulis, menjadi seorang blogger tidak hanya menyenangkan namun juga menguntungkan. Anda dapat menulis sebuah blog sesuai dengan minat Anda, seperti musik, fashion, hingga informasi unik terbaru. Cukup bermodalkan laptop bekas kuliah, koneksi internet dan sedikit kreatifitas dan kesabaran. Menjadi blogger memang sulit pada awalnya, namun akan memberikan hasil yang manis jika Anda rajin dan telaten menjalaninya.


Nah, itulah 9 lowongan kerja yang cocok untuk fresh graduate dari semua jurusan. Tidak ada salahnya mencoba sesuatu yang baru dalam hal pekerjaan. Mungkin awalnya akan terasa berat, namun jika Anda menikmatinya tentu akan menjadi kesempatan yang baik untuk dicoba. Jadi, profesi apa yang jadi pilihan Anda?

0 Response to "9 Lowongan Pekerjaan yang Cocok Untuk Fresh Graduate Semua Jurusan"

Post a Comment