Hobi Makan Mie Instan? Ini Tipsnya Agar Lebih Sehat

Siapa tak suka mie instan? Hampir semua orang pernah makan mie instan. Selain praktis dan cepat saji, mie instan saat ini juga memiliki banyak varian rasa yang dijamin tidak akan pernah membuat penikmatnya bosan. Di tambah lagi harganya yang ekonomis, mie instan selalu bisa diandalkan di saat dompet sedang sepi  atau di penghujung bulan. Mie instan juga identik sebagai makanan favorit bagi para anak kos atau perantau yang ingin menghemat pengeluaran.


Hal-hal baik sekalipun jika digunakan terlalu banyak tentunya tidak baik, termasuk mie instan. Walaupun rasanya yang enak dan penyajiannya yang mudah, terlalu banyak mengkonsumsi mie instan sebaiknya dihindari.  Mie instan yang dijual di pasaran biasanya mengandung bahan pengawet yang bisa jadi berbahaya jika terlalu banyak dikonsumsi. Terlanjur hobi makan mie instan, tapi takut dengan efek sampingnya? Tenang, berikut tips sehat makan mie instan buat kamu penggemar mie instan yang udah terlanjur cinta dengan makanan satu ini.

Jangan Menambahkan Nasi
Seperti kita tahu, orang Indonesia nggak lengkap rasanya kalau belum makan nasi, termasuk saat makan mie. Meskipun terasa nikmat dan lebih kenyang, hal ini akan meningkatkan kadar karbohidrat dalam tubuh. Hal ini kemudian bisa menyebabkan dampak buruk untuk kesehatan seperti kegemukan. Jadi, jangan makan mie pakai nasi ya!

Jangan Dimakan dengan Air Rebusannya


Air rebusan  mie instan memang membuat mie jadi lebih lezat dan gurih.  Namun sebaiknya air rebusan mie dibuang saja dan diganti dengan air rebusan terpisah. Bahan kimia yang terkandung dalam air rebusan mie instan akan membuat kulit menjadi kering bahkan penuaan dini. Nggak mau kan bisa makan enak tapi bikin kulit keriput?

Kurangi Bumbunya


Mie instan memang dikenal dengan bumbunya yang enak dan wangi saat disajikan. Namun sebaiknya jangan gunakan semua bumbunya. Bumbu harus dikurangi agar asupan natrium yang berlebihan bisa dihindari. Minyak bumbu mie instan pun harus dikurangi untuk mengurangi asupan lemak.

Tambahkan Telur dan Sayur


Salah satu trik mudah membuat mie instan menjadi lebih sehat adalah dengan menambahkan sayuran, telur, atau irisan daging. Selain membuatnya lebih sehat, tampilan mie juga jadi lebih menarik. Bahan lain yang bisa ditambahkan ke mie instan yaitu telur, irisan sawi, atau tomat.

Jangan Terlalu Sering

Makan mie instan memang enak. Tapi, usahakan jangan terlalu sering. Kandungan pengawet dalam mie instan akan berbahaya jika terlalu banyak dikonsumsi. Buatlah jadwal khusus untuk mengkonsumsi mie instan, seperti satu atau dua minggu sekali. Dijamin mie instan akan lebih enak rasanya jika kamu jarang-jarang memakannya.


Itulah tips sehat makan mie instan. Mie instan meman selalu bisa diandalkan oleh siapapun dan kapanpun. Namun, sebaiknya kita lebih bijak dalam mengkonsumsinya agar kesehatan kita selalu terjaga.

0 Response to "Hobi Makan Mie Instan? Ini Tipsnya Agar Lebih Sehat"

Post a Comment