9 Mata Uang Ini Lebih Mahal dari Dollar Amerika

Seperti kita ketahui, setiap Negara memiliki mata uangnya sendiri. Indonesia punya Rupiah, Malaysia dengan Ringgit-nya dan Amerika dengan Dollar-nya. Mata uang Amerika menjadi mata uang internasional yang dijadikan patokan untuk menentukan kurs atau nilai tukar mata uang di setiap Negara.  Hal tersebut salah satunya disebabkan oleh kekuatan Amerika sebagai Negara adidaya.

Konon kabarnya semua negara di dunia ini menyimpan cadangan devisanya dalam bentuk dollar. Sehingga tidak mengherankan apabila hampir setiap orang di dunia mau menerima dollar. Ini artinya dollar dipercaya sebagai alat pembayaran oleh mereka.

Menjadi mata uang paling populer di dunia, tak menjadikan dollar Amerika memiliki nilai paling mahal. Dikutip dari data yang dirilis situs uangindonesia.com, ternyata nilai tukar dollar masih berada di bawah 9 mata uang Negara ini. Negara mana sajakah pemilik mata uang paling mahal tersebut?

Dinar – Kuwait (1 KWD= 3.32 USD)


Nama mata uang negara Kuwait adalah Dinar dengan kode KWD berdasarkan ISO 4217, sedangkan simbolnya adalah د.ك . Negara kecil penghasil minyak inilah yang menjadi ‘sarang’ mata uang dengan nilai paling tinggi di dunia. Meskipun kecil, negara ini terkenal sebagai negara kaya berkat minyaknya. Dengan nilai tukar 1 Dinar Kuwait sama dengan 3.32 Dollar Amerika, maka negara ini sukses sebagai pemegang mata uang tertinggi di dunia nomor satu.

Dinar – Bahrain (1 BHD= 2.64 USD)


Nama mata uang resmi negara Bahrain adalah Dinar. Berdasarkan ISO 4217 kodenya adalah BHD, dengan symbol tertulis د.ب . Berdasarkan luasnya, Bahrain sebenarnya termasuk negara kecil. Ukurannya hanya 2,6 dari kota Washington DC. Negara yang terletak di Teluk Persia ini jadi kaya karena industri minyak dan pemurniannya, serta jasa keuangan dan konstruksi.

Rial – Oman (1 OMR = 2.59 USD)


Rial adalah nama mata uang resmi untuk negara Oman. Kode ISO 4217 untuk mata uang ini adalah OMR dan simbolnya berupa ر.ع. Oman termasuk negara Arab yang terletak di barat daya Asia di pantai tenggara Semenanjung Arab. Lokasi ini sangat strategis karena terletak di mulut Teluk Persia. Dengan nilai tukar terhadap dollar senilai 2.59, maka Rial menempati urutan nomor 3 sebagai mata uang paling tinggi di dunia.

Lati – Latvia (1 LVL= 1.61 USD)


Lati merupakan nama mata uang resmi untuk negara Latvia. Kode ISO 4217 untuk Lati adalah LVL dengan symbol yang cukup sederhana yaitu Ls. Berdasarkan Yahoo Currency Converter  1 Lat sama dengan 1.61 USD.

Pound Sterling – Inggris & Gibraltar Pound (1 GBP = 1.57 USD)


Pound Sterling memang cukup populer sebagai mata uang yang lebih mahal dari dollar. GBP untuk kode ISOnya dan simbolnya cukup satu karakter saja, yaitu £. Inggris adalah satu-satunya Negara di Eropa yang tidak menggunakan Euro. Dengan nilainya yang lebih mahal dari pada Euro apakah telah menjadi keputusan yang tepat bagi negara kerajaan ini?

Dinar – Yordania (1 JOD =1.41 USD)


JOD adalah Kode ISO untuk mata uang yang dimiliki negara Yordania. Namanya mirip dengan mata uang Kuwait dan Bahrain. Soal nilainya juga perlu diperhitungkan, yaitu 1.41 USD.

Dollar – Kepulauan Cayman (1 KYD = 1.21 USD)


Dengan nama mata uang dan simbolnya yang sama, Dollar dan $, bukan berarti Negara kepulauan ini sama-sama menggunakan dollar-nya Amerik.  Mata uang ini memiliki kode KYD. Dollar Kepulauan Cayman juga memiliki nilai yang sedikit lebih tinggi dari Dollar Amerika, yaitu 1.21.

Euro – Eurozone (1 EUR = 1.16 USD)


Eurozone adalah sebutan untuk negara-negara kawasan benua Eropa yang kompak menggunakan mata uang tunggal bernama Euro. Mata uang yang mulai dikenalkan tahun 1999 dan resmi digunakan tahun 2002 ini memiliki kode ISO 4217 berupa EUR.

Franc – Swiss (1 CHF = 1.07 USD)


Negara dengan mata uang Kode ISO 4217 CHF ini memang negara makmur. Tahun 2011 saja sukses meraih peringkat negara terkaya di dunia dalam hal per kapita. Franc Swiss simbolnya sama seperti Kode ISOnya.

baca juga : 6 Pemimpin Negara yang Hobi Berpoligami

Nah, itulah 9 negara yang memiliki nilai tukar mata uang lebih tinggi daripada dollar Amerika. Kira-kira,kapan ya Rupiah bisa masuk ke dalam daftar mata uang dengan kurs tertinggi?


Cr : uangindonesia.com

0 Response to "9 Mata Uang Ini Lebih Mahal dari Dollar Amerika"

Post a Comment