Mengenal 8 Jenis Gelas Di Dunia, Beda Bentuk Beda Fungsinya

Gelas adalah satu perkakas rumah tangga yang sangat penting. Gelas berfungsi untuk menampung air minum kita sehari-hari. Bayangkan, alangkah repotnya jika kita minum tanpa menggunakan gelas. Glas biasanya terbuat dari kaca, namun dewasa ini banyak pula gelas yang terbuat dari bahan plastik. Ada juga gelas yang terbuat dari bahan keramik. Bentuknya juga beragam, ada yang memiliki pegangan, ada pula yang tidak.


Ternyata, pembuatan gelas dengan berbagai bentuk dan ukuran bukan tanpa tujuan. Gelas dibuat sesuai kebutuhan, baik itu untuk acara atau minuman tertentu. Apa saja jenis-jenis gelas dilihat dari fungsinya? Jangan salah pakai ya, berikut ulasannya.

Gelas Air


Gelas air adalah gelas yang paling umum. Bentuknya polos seperti pipa dengan ukuran yang melebar di bagian mulut. Gelas air juga tidak terlalu tebal, tapi tetap kuat dan tidak memiliki tangkai atau telinga. Cocok digunakan untuk kebutuhan sehari-hari.

Gelas Sirup


Gelas ini biasanya digunakan untuk menyajikan jus atau soft drink. Biasanya berbentuk lurus, atau memiliki cekungan di bagian bawah. Gelas sirup juga biasanya lebih tinggi dari gelas air.

Gelas Anggur

Gelas Anggur Merah

Gelas Anggur Putih
Gelas anggur ini digunakan untuk menyajikan minuman anggur/wine. Gelas ini memiliki kaki yang kurus dan panjang dengan badan membulat seperti mangkuk. Gelas anggur sendiri ada dua jenis, yaitu gelas untuk anggur merah dan gelas untuk anggur putih.

Gelas Bir
Mug


Pilsener
Gelas bir ukurannya agak jumbo dengan satu pegangan di sisi gelasnya. Hal ini bertujuan untuk menampung bir yang biasanya meluap dari gelasnya. Gelas Bir sendiri ada dua jenis, yaitu mug dan pilsener.

Gelas Kopi
Mug

Espresso
Gelas kopi atau juga bisa digunakan untuk minuman panas lainnya ini memiliki pegangan menyerupai telinga. Gunanya adalah agar kita bisa tetap nyaman memegang gelas yang berisi minuman panas. Gelas kopi juga terbagi ke dalam dua jenis, yaitu coffee cup dan espresso cup.

Gelas Cendol


Nah kalau gelas ini sepertinya hanya ada di Indonesia. Bentuknya menyerupai gelas bir, besar dengan satu pegangan di sisinya. Gelas ini juga memiliki ciri khas yaitu ukiran-ukiran unik di badannya. Gelas ini sangat identik dengan minuman cendol, karena ukuannya yang pas untuk menampung porsi cendol yang banyak.

Gelas Vodka

Mocktail


Vodka Murni
Gelas ini digunakan khusus untuk minuman mocktail, cocktail, vodka dan minuman beralkohol. Ukurannya mini dan biasanya hanya cukup menampung untuk satu kali teguk. Gelas ini ada dua jenis, yaitu untuk minuan mocktail (vodka dicampur sirup) dan untuk vodka murni.

Gelas Kaleng



Satu lagi gelas yang sepertinya hanya ada di Indonesia, gelas kaleng. Gelas ini sangat legendaris dengan motif berwarna hijau putihnya. Selain itu ada juga yang berwarna polos atau dihiasi gambar bunga. Dilengkapi dengan tutupnya, gelas ini biasanya digunakan para orang tua khususnya di tanah Pasundan untuk meminum teh atau kopi. Saat ini gelas kaleng seperti ini sudah mulai jarang ditemui.

Itulah jenis-jenis gelas berdasarkan fungsinya. Semua perkakas yang kita kenal saat ini memang dibuat agar memiliki kegunaannya masing-masing. Jadi, sudah tau kan perbedaan gelas yang biasa kita temui sehari-hari? Jangan salah pakai ya! 

0 Response to "Mengenal 8 Jenis Gelas Di Dunia, Beda Bentuk Beda Fungsinya"

Post a Comment