Transformasi Tren Fashion Wanita dari Masa ke Masa

Pakaian adalah bentuk peradaban manusia sejak dulu. Dengan pakaian, manusia dapat melindungi tubuhnya dari sengatan cuaca panas maupun dingin. Seiring perkembangan zaman,fungsi pakaian pun semakin meluas. Tidak hanya sebatas penutup dan pelindung tubuh, namun juga sebagai ajang mengekspresikan diri. Setiap orang dapat dengan bebas mengekspresikan dirinya lewat pakaian yang sesuai dengan selera dan kepribadiannya.


Orang biasanya akan menggunakan pakaian yang sedang tren atau biasa kita kenal dengan istilah fashion. Fashion terus berubah dari waktu ke waktu, mengikuti fungsi dan perubahan zaman. Terdapat banyak perbedaan dari tren di satu masa dengan masa lainnya. Situs mode.com telah mengunggah sebuah video yang menampilkan perkembangan tren fashion dalam kurun waktu 100 tahun. Fashion yang ditampilan di sini mewakili pakaian yang paling populer dan ikonik di masanya. Seperti apa sih perbedaan tren fashion di masa lalu dan masa kini? Berikut adalah ulasan transformasi tren fashion wanita dari masa ke masa.

1915-an


Di era ini, penggunaan make up masih belum begitu populer.Para wanita sering terlihat tampil dengan wajah alaminya tanpa terlalu banyak riasan.Di era ini,gaun panjang dengan topi adalah paduan yang sangat digemari.Para wanita di era itu juga gemar membawa payung sebagai kelengkapan fashion mereka. Tren fashion ini bisa kamu simak di film dengan setting zaman tersebut, seperti Titanic.

1925-an


Tahun 1920 merupakan masa awal kebangkitan fashion dunia.Pada masa itu, Amerika mulai meninggalkan masa keterpurukan dan bangkit menuju kemakmuran. Di masa itu, Amerika juga berhasil menjadi salah satu pusat mode dunia. Gaya hidup glamor pun mulai menjangkiti masyarakat, yang mempengauhi gaya fahion pada masa itu. Tren minuman alcohol dan merokok juga mulai mewabah. Tren make up saat itu didominasi dengan riasan tebal dan pemakaian lipstick yang melebihi garis bibir.

1935-an


Pada masa ini, kekuatan ekonomi Amerika mulai mengalami penurunan, yang kemudian berimbas pada  gaya fashion menjadi lebih kasual. Baju yang lebih longgar dan tertutup pun menjadi idola di masa itu. Gaya tersebut memberikan kesan feminim pada pemakainya. Mengenai tren make up,lipstick matte bold sempat booming pada masa itu.

Era 1945-an


Tren fashion pada masa ini dipengaruhi oleh adanya perang dunia kedua.Perkembangan dunia fashion menjadi sangat terbatas. Banyak pabrik tekstil dan pakaian yang dialihfungsikan menjadi pabrik senjata. Adanya perang dunia kedua menyebabkan semakin menurunnya gaya fashion dunia. Hal inilah yang kemudian memaksa kaum perempuan untuk mengenakan pakaianyang mirip pakaian kaum pria, seperti blazer dengan bantalan busa pada bagian bahu yang dipadukan dengan rok selutut atau berada sedikit di bawah lutut. Pilihan warna-warna netral sepeti hitam, abu dan krem mendominasi tren fashion pada masa ini.

1955-an


Pada masa ini, perang dunia kedua telah berangsur usai. Teknologi tekstil pun kembali menggeliat setalah ‘tertidur’cukup lama. Pakaian dari kain nilon, orlon dan dracon pun menjadi tren baru yang digemari. Trend fashion masa ini juga banyak dipengaruhi oleh artis Audrey Hepburn dengan gaya khasnya yang sering menggunakan gaun panjang serta perpaduan antara atasan yang dilengkapi mutiara dengan rok yang mengembang pada bagian bawah atau sering disebut dengan Rok Poodle. Pada saat itu,rok ini menjadi fashion yang sangat ikonik dan digemari.

Menjelang akhir 50-an, gaya busana berkembang ke model yang lebih urban namun tetap modis. Ikon fashion yang berpengaruh pada masa itu adalah Merylin Monroe.

1965-an


Pada era ini, tren fashion didominasi dengan pakaian dengan warna-warna cerah. Fashion ala ladylike juga kembali digemari. Selain itu, fashion ala hippie mulai menjadi tren dengan ciri khas pakaian serba longgar, otif-motif floral dan cerah, serta syal dan ikat kepala.

1975-an


Masa ini bisa disebut sebagai era musik dan budaya disko. Gaya berbusana pada masa ini ditunjukkan dengan penggunaan celana yang gombrong di bagian bawah atau biasa kita kenal dengan istilah cutbray. Tren ini dipengaruhi oleh ikon pada masa itu, yaitu John Travolta.

1985-an


Pada masa ini, berkembang sebuah tren rambut yaitu menggunakan hairspray. Rambut disasak tinggi dengan riasan tebal menjadi idola di masa ini. Masih terpengaruhi era 1975-an, pakaian serba bling-bling masih menjadi tren.

1995-an


Tren 1995-an bisa dibilang adalah paduan dari trend fashion tahun 1960-an dan 1970-an. Di masa ini, para wanita mulai berani memadu-padankan pakaian wanita dengan pakaian yang identik dengan pria, seperti jaket denim,  pakaian baseball, sweater, sepatu docmart, dan stocking. Selain itu, celana jeans dan pakaian yang longgar pun kembali menjadi simbol dalam berbusana di era ini.

2005-an


Pada masa ini, kaum wanita cenderung memiliki kebebasan dalam memilih pakaian sesuai keinginannya. Kesan modern juga mulai terasa, seiring dengan mulainya tren pemakaian handphone, salah satunya adalah handphone lipat.  Trend fashion pada masa ini cenderung pada perpaduan segala jenis baju yang memberi kesan modern pada pemakainya, seperti tank top,jeans,dan kardigan. Tak ketinggalan sepatu terbuka dengan hak tinggi.

2015-an


Pada era ini, kebebasan dalam berpakaian pun makin terasa. Jeans dan kemeja lengkap dengan jaket adalah paduan yang sangat digemari. Nuansa monokrom juga terasa dominan di era ini.Tak ketinggalan tren selfie yang mulai menjamur dan mempopulerkan berbagai gaya mulai dari duck face,ootd, hingga selfie ala snapchat.


Itulah perkembangan tren fashion wanita dari masa ke masa. Era mana yang menjadi favorit dan panduan kamu dalam berpakaian?

0 Response to "Transformasi Tren Fashion Wanita dari Masa ke Masa"

Post a Comment