5 Gejala Kanker Payudara yang Sering Diabaikan Wanita

Kanker payudara adalah enis kanker yang paling mematikan bagi wanita. Sebuah statistik menyebutkan bahwa 1 dari 8 wanita di Amerika menderita kanker payudara. Lembaga The American Cancer Society memperkirakan sekitar 246.660 kasus baru kanker payudara di sepanjang 2016 dengan 40.450 di antaranya meninggal dunia.


source : youngandraw.com
Penyakit apapun pasti akan menampakkan gejala-gejala pada tubuh. Beberapa penyakit menampakkan gejala yang sulit dideteksi hingga baru terdeteksi saat sudah parah. Kanker payudara juga memiliki gejala-gejala umum yang samar sehingga seringkali diabaikan oleh para wanita. Dikutip dari healthyfoodteam.com berikut adalah 5 gejala umum tersebut.

Muncul Tahi Lalat Baru / Perubahan Pada Tahi Lalat


Pertumbuhan tahi lalat bisa jadi gejala kanker kulit. Namun, jika tumbuh di daerah payudara, tahi lalat bisa jadi gejala kanker payudara. Hal tersebut terungkap dalam sebuah studi pada 89.902 wanita yang berusia 40-65 tahun dengan melibatkan catatan medis mereka selama 18 tahun. Hasilnya, 5.956 perempuan yang memiliki tahi lalat didiagnosis dengan kanker payudara. Studi ini menyimpulkan bahwa wanita yang memiliki lebih banyak tahi lalat di payudara memiliki risiko 13 % lebih tinggi dari kanker payudara dibandingkan perempuan yang tidak memiliki tahi lalat.


Batuk dan Suara Serak
Kanker payudara sudah menyebar ke paru-paru dapat ditandai dengan batuk berkepanjangan atau suara serak . Menurut sebuah statistik, kanker payudara dapat menjalar ke paru-paru pada sekitar 60%-70% pasien yang sudah parah. Batuk akibat kanker yang sudah menjalar biasanya diikuti dengan sesak nafas dan suara serak.


Sulit Menahan Buang Air Kecil


Kanker payudara dapat memicu gangguan hormon yang menyebabkan uretra menjadi kering yang mengarah pada kondisi irkontinensia atau susah menahan buang air kecil. Penderita akan mengalami buang air kecil tanpa disengaja saat batuk, bersih, tertawa atau berolahraga. Jika Anda mengalami gejala tersebut sebaiknya segera periksakan diri ke doker.



Gampang Lelah


Kelelahan adalah gejala umum dalam banyak jenis kanker, termasuk kanker payudara. Masalahnya, kelelahan ini tidak dapat diatasi dengan tidur atau istirahat. Kelelahan akibat kanker biasanya disertai seperti nyeri, gangguan tidur dan depresi. Kelelahan ini disebabkan oleh ketidakseimbangan kimia dalam tubuh yang diakibatkan oleh pertumbuhan kanker.



Sakit Punggung Tanpa Sebab yang Jelas


Sakit punggung adalah keluhan yang umum terjadi di kalangan wanita. Walaupun sulit dibedakan dengan sakit punggung biasa, keluhan ini juga dapat menunjukkan bahwa kanker payudara mulai tumbuh. Nyeri punggung akibat kanker payudara biasanya terasa seperti tekanan pada tulang rusuk dan tulang belakang. Hal tersebut juga dapat menjadi indikasi bahwa kanker telah merambat pada tulang.



Itulah 5 gejala umum kanker payudara yang seringkali diabaikan. Sebagai wanita, kita harus waspada dan selalu memeriksa payudara secara rutin. Jika ditemukan tanda-tanda tak lazim seperti dipaparkan di atas, sebaiknya segera periksakan ke dokter untuk mengetahui penyebabnya. Sesungguhnya segala penyakit akan lebih mudah diobati jika ditemukan pada tahap awal, termasuk kanker payudara. Semoga bermanfaat.

0 Response to "5 Gejala Kanker Payudara yang Sering Diabaikan Wanita"

Post a Comment