6 Bahan Alami untuk Obati Diare dengan Cepat

Diare adalah penyakit yang biasanya disebabkan oleh makanan kurang higienis hingga bakteri. Ia bisa jadi berbahaya karena bisa membuat nutrisi dalam tubuh terkuras habis, namun seringkali dianggap sepele. Dalam keadaan parah diare dapat menyebabkan malnutrisi bahkan kemaian.


Saat terkena diare kita biasanya langsung meminum obat untuk meredakan mencret dan rasa mulas. Namun, penggunaan obat biasanya hanya mengurangi gejala sehingga penyebabnya belum diatasi dengan baik. Tahukah Anda, obat diare sebenarnya sudah tersedia di dalam rumah dan dapat langsung dikonsumsi. Selain lebih aman, 6 bahan alami berikut juga dapat menghentikan diare dengan cepat. Penasaran, apa sajakah 6 bahan alami tersebut?


Yoghurt

Saat mengalami diare, tubuh kan mengeluarkan bakteri baik dalam usus bersaa dengan kotoran. Jumlah bakteri baik pun meningkat sehingga menyebabkan perut menjadi sakit. Yoghurtmengandung banyak bakteri baik untuk pencernaan yang mampu menggantikan bakteri baik yang hilang sehingga sistem pencernaan menjadi lebih kuat untuk melawan diare. Sebaiknya konsumsi yoghurt tanpa rasa untuk mengobati diare.

Jahe

Jahe dikenal luas memiliki ragam khasiat termasuk mengobati masalah pencernaan. Jahe dapat meredakan rasa mulas dan mengurangi gas yang membuat feses cair. Jahe juga mampu merangsang produksi enzim untuk melancarkan pencernaan. Caranya mudah, campur dua sendok jahe yang sudah dicincang dengan air panas. Anda bisa menambahkan madu untuk membuat rasanya lebih enak. Minum selagi hangat.


Madu

Madu juga termasuk dalam bahan alami yang memiliki sejuta khasiat. Madu dapat meredakan sakit tenggorokan menyembuhkan luka dan bisul, juga mengatasi diare. Campur 4 sendok makan madu dalam secangkir air panas, minum setelah dingin. Minum 2 kali sehari hingga diare mereda.

Teh Hitam

Teh hitam sangat manjur menyembuhkan diare jika diminum saat diare pertama kali menyerang. Teh mengandung zat tannin yang membantu menurunkan aktifitas pencernaan sehingga dapat mengurangi frekuensi buang air besar. Namun, jika diare sudah parah teh hitam dianggap kurang ampuh dan disarankan untuk segera pergi ke dokter.


Cuka Apel

Cuka apel memiliki manfaat mengagumkan dalam membasmi mikroba dan bakteri. Cuka apel dapat emberantas bakteri jahat dalam perut dan meredakan mulas. Campur 1-2 sendok makan cuka apel dalam segelas air. Minum saat frekuensi diare telah membuat perut menjadi kosong.

Wortel

Wortel mengandung banyak zat pektin alami yang sering dijadikan bahan utama untuk obat diare di pasaran. Pektin adalah serat larut yang mampu menyerap cairan dalam usus dan membantu untuk memperlambat jalannya pencernaan.


Itulah 6 bahan alami yang biasanya tersedia di rumah dan mampu mengobati diare. Konsumsi 6 bahan tersebut dianjurkan untuk kondisi diare ringan dan belum menjadi parah.Jika diare terus berlanjut sebaiknya segera hubungi dokter untuk penanganan lebih lanjut.

0 Response to "6 Bahan Alami untuk Obati Diare dengan Cepat"

Post a Comment