6 Faktor Penyebab Rambut Cepat Kotor dan Berminyak

Rambut adalah aset penting dalam penampilan. Setiap orang khususnya wanita pasti ingin ambutnya senantiasa bersih, segar dan enak dipandang. Namun, beberapa orang sering mengalami masalah rambut yang mudah kotor dan terasa berminyak, padahal sudah keramas secara rutin.


gambar via : thegloss.com
Rambut berminyak tentu dapat membuat tidak nyaman dan menurunkan rasa percaya diri. Rambut berminyak membuat penampilan terlihat lusuh dan tak bersemangat. Dikutip dari So Feminine, ada 6 faktor di balik rambut yang mudah kotor dan berminyak. Tak ingin kan rambut Anda jadi mudah lepek? Hindari 6 faktor pemicu rambut berminyak berikut ini.

Terlalu Sering Keramas

Jika Anda mengira dengan sering-sering keramas akan membuat rambut menjadi bersih, nampaknya persepsi itu keliru. Saat keramas, minyak alami di kulit kepala akan hilang bersama shampoo. Untuk menghindari kekeringan, kulit kepala akan bekerja ekstra untuk memproduksi minyak tambahan. Itulah mengapa sering keramas justru membuat rambut lebih berminyak.

Jarang Menyisir Rambut

Loh? Apa hubungannya menyisir rambut dengan kulit kepala berminyak? Seperti telah dibahas sebelumnya, kulit kepala selalu memproduksi minyak alami yang berfungsi sebagai pelembab rambut. Jika rambut jarang disisir, otomatis minyak tersebut akan menumpuk di kulit kepala karena tidak tersebar pada rambut bagian bawah. Kulit kepala pun jadi berminyak dengan ujung rambut yang kering.

Pemakaian Kondisioner

Kondisioner hanya perlu digunakan pada batang rambut dan tak boleh mengenai kulit kepala. Hal itu akan memberatkan akar ambut dan produksi minyak meningkat. Tak hanya membuat lepek, rambut juga mudah rontok.

Produk Perawatan Rambut

Produk perawatan berbentuk gel dan mousse hanya akan membuat rambut berkilau hingga tengah hari. Sisanya, biasanya rambut akan mudah kotor dan berminyak karena gel dan mousse membuat kotoran lebih mudah menempel pada rambut.

Terlalu Sering Menyentuh Rambut

Saat rambut sudah tampil oke, kita biasanya tak tahan untuk tak menyentuhnya. Namun, hal tersebut akan membuat rambut mudah kotor. Tangan kita mengandung banyak kotoran karena sentuhan pada berbagai benda. Jika kita menyentuh rambut terlalu sering dengan tangan yang kotor, otomatis rambut pun jadi sarang minyak dan debu.

Gaya Rambut

Rambut yang lurus lebih berpotensi cepat kotor sebab batang rambut lurus sangat dekat dengan kulit kepala dan wajah. Ia jadi sering bergesekan dan terpapar minyak kulit kepala. Rambut ikal dan keriting tidak terlalu sering bergesekan dengan kulit kepala dan wajah hingga ia lebih tahan terhadap serangan lepek dan minyak.

Itulah bberapa faktor pemicu rambut mudah kotor dan berminyak. Setelah mengetahuinya, sebaiknya Anda menghindari faktor-faktor tersebut agar rambut terlihat bersih dan segar lebih lama. Semoga bermanfaat.

0 Response to "6 Faktor Penyebab Rambut Cepat Kotor dan Berminyak"

Post a Comment