6 Metode Bedah Ekstrim Paling Gila di Dunia

Saat ini, dunia medis telah semakin maju dan mampu mengobati bebagai macam penyakit. Metode yang digunakan sangat beragam, mulai dai minum obat, suntik, terapi, hingga prosedur bedah. Biasanya, dokter akan melakukan tindakan bedah pada pasien yang tak dapat diobati lagi dengan minum obat konvensional, seperti pengangkatan tumor, patah tulang, hingga gangguan organ dalam.

Berbagai prosedur bedah yang paling umum adalah bedah ortopedi, organ dalam, hingga bedah caesar. Metode-metode tersebut nampaknya sudah menjadi umum di masyarakat. Namun, tahukah Anda, di dunia ini ada beberapa jenis bedah yang sangat ekstrim dan mungkin belum pernah terbayangkan sebelumnya. Beberapa orang mungkin akan bergidik ngeri saat mengetahui metode tersebut benar-benar ada. Kira-kira, metode apa saja ya?

baca juga : 15 Istilah Rahasia yang Hanya Dipahami Oleh Sesama Dokter

Membelah Otak



Prosedur ini dilakukan pada otak kecil yang biasanya dikarenakan tumor, kanker atau gangguan saraf. Metode ini disebut hemispherectomy. Awalnya, prosedur ini hanya digunakan untuk mengangkat tumor otak dan dirintis oleh ahli bedah saraf Walter Dandy. metode ini pernah menemui kegagalan pada 1970-an karena menimbulkan infeksi parah bahkan kematian.

Transplantasi Tenggorokan



Pernah membayangkan tenggorokan Anda dibelah oleh dokter lalu digantikan dengan yang baru? Terdengar mengerikan memang, namun prosedur ini pernah dilakukan pada beberapa pasien. Pada tahun 2011, seorang ahli bedah di Swedia, Paolo Macchiarini dari Rumah Sakit Karolinska melakukan prosedur transplantasi trakea buatan pertama di dunia pada salah satu pasiennya. Kemudian, 7 pasien menyusul menjalani prosedu yang sama. Sayangnya, enam dari delapan pasien kemudian meninggal dunia karena operasi disinyali gagal. Hal ini menjadi sebuah skandal medis yang cukup memalukan bagi Swedia.

Melubangi Tengkorak



Siapa sangka metode ekstrim ini sudah dilakukan oleh manusia sejak ribuan tahun lalu. Orang-orang pada metode Neolitik melakukan 'pengobatan' ini untuk mengobati penyakit mental. Pada abad pertengahan, cara ini digunakan untuk mengobati oang kerasukan dengan teori bahwa roh-roh jahat akan keluar dari lubang tengkorak tersebut. Sungguh mengerikan bukan?

Operasi Caesar Kuno



Saat ini, jika ibu mengalami kesulitan untuk melahirkan secara normal, dokter akan melakukan bedah caesar dengan cara membelah perut ibu. Tahukah Anda, operasi caesar sudah ada sejak tahun 1940-an, namun dengan cara yang sedikit 'gila', yang disebut Symphysiotomy. Ogan pibadi ibu akan dimasuki semacam alat untuk 'membuka' jalan lahir sehingga bayi dapat lahir tanpa hambatan. Sayangnya,prosedur mengerikan ini dapat menyisakan nyeri kronis yang tak jarang harus ditanggung seumur hidup. Irlandia adalah satu-satunya negara yang melakukan cara ini di masa lalu.

Memotong Tubuh Bagian Bawah



Prosedur ini memang tedenga sangat menyeramkan. Seluruh bagian tubuh di bawah pinggang pasien akan dibabat habis, termasuk organ reproduksi, sistem kemih, dan tulang panggul. Menurut Dr. Jeffrey Janis, profesor bedah plastik di UT Southwestern, metode ini biasanya dilakukan pada pasien dengan penyakit fatal seperti kanker tertentu dengan komplikasi di daerah panggul. Hal ini bertujuan agar kanker tak menyebar ke organ lain yang lebih penting. Metode ini juga pernah digunakan pada mantan tentara yang mengalami luka parah pada bagian panggul.

Transplantasi Gigi pada Mata



Mungkin tak pernah terpikirkan jika gigi dapat ditransplantasikan pada mata. Dipelopori oleh ahli bedah Italia Benedetto Strampelli, metode ini diberi nama Osteo - odonto - Keratoprosthesis. Hal ini adalah prosedur medis untuk mengembalikan penglihatan dan memperbaiki jaringan mata yang rusak. Operasi dilakukan dalam tiga tahap.Pertama, gigi dicabut dari mulut pasien, lalu kornea buatan dibuat dari jaringan lamina yang dipotong dari gigi. Lamina akan 'ditumbuhkan' terlebih dahulu pada pipi pasien sebelum akhirnya ditransplantasikan pada mata.

baca juga : 10 Gejala yang Dianggap Sepele Ini Jadi Tanda Rahim Bermasalah

Itulah beberapa metode bedah paling ekstrim yang ungkin tak pernah terbayangkan sebelumnya. Hal itu membuktikan bahwa teknologi kedokteran terus berkembang demi membantu manusia dalam bidang kesehatan. 

0 Response to "6 Metode Bedah Ekstrim Paling Gila di Dunia"

Post a Comment