6 Penemuan Menakjubkan Ini Ternyata Diciptakan Oleh Wanita

Saat ini, bisa dikatakan bahwa peran wanita sudah sejajar dengan pria. Banyak wanita yang sukses berkarir dan mengabdi pada lingkungan bahkan melakukan pekerjaan ekstrim yang selama ini identik dengan kaum pria. Di balik kecantikan dan sifat lembutnya wanita memiliki kekuatan yang tidak boleh dianggap remeh.

Banyak perempuan yang menjadi ilmuwan dan memberikan kontribusi berarti bagi kehidupan manusia. Siapa menyangka kemudahan teknologi yang kita rasakan saat ini ternyata sudah dirancang oleh sosok seorang wanita sejak lebih dari 2 abad yang lalu? Termasuk akses internet dan kemudahan komunikasi saat ini juga melibatkan seorang wanita. Siapa saja mereka?

Kevlar



Kevlar adalah sebuah merek dagang terdaftar untuk serat fiber sintetis aramid. Kevlar diciptakan pada tahun 1965 oleh Stephanie Kwolek saat ia bekerja di DuPont. Bahan yang kuat ini pertama kali digunakan secara komersial pada tahun 1970an sebagai pengganti baja pada produk ban untuk keperluan balap. Bahan ini banyak digunakan pada ban dan layar kapal sampai bahan untuk pembuatan rompi anti peluru, hal ini disebabkan oleh kekuatan dan elastisitas bahan dan berat yang ringan yang merupakan sifat dari bahan ini. Bahan ini disebut-sebut sebagai bahan yang lima kali lebih kuat dari baja dengan berat yang sama. Siapa sangka material multiguna ini diciptakan oleh seorang perempuan?

Tenaga Penggerak Satelit



Sosok wanita bernama Yvonne Brill berada di balik eksistensi satelit buatan manusia di langit. Ia lah yang memiliki jasa di balik semua kemudahan teknologi yang kita nikmati saat ini, mulai dari akses internet telepon hingga GPS. Selain itu, Brill juga dikenal sebagai ilmuwan roket  yang disegani.

Program Komputer


Seorang ahli matematika bernama Ada Lovelace ternyata sudah memprediksikan gadget digital yang akan berjaya di masa depan. Hal tersebut terungkap melalui catatan pribadinya yang mengungkapkan bahwa 'mesin' ini mampu membuat musik, grafis, dan tepat belajar yang akan berguna bagi banyak orang.

Sungguh di luar bayangan jika Lovelace telah memprediksikan hal tersebut pada tahun 1840. Ia tercatat sebagai orang pertama yang menemukan konsep mengenai program komputer.

Monopoli


Permainan legendaris ini sudah bertahan selama bertahun-tahun mulai dari bentuk konvensional berupa papan hingga bentuk digital yang bisa kita unduh dengan mudah melalui smartphone. Permainan ini ternyata diciptakan oleh seorang wanita bernama Elizabeth Magie pada tahun 1904 dengan nama 'Landlord's Game'. Permainan ini ia ciptakan untu menunjukkan pada dunia betapa mengerikannya sistem kapitalisme yang bebas.

Wiper Kaca Mobil


Dunia patut berterima kasih pada sosok Mary Anderson yang membuat kita tetap nyaman berkendara di kala hujan. Ya, perempuan jenius ini telah menciptakan kipas kaca mobil pertama pada tahun 1903 dan mulai digunakan secara luas pada mobil pabrikan di masa itu.

Mesin Pencuci Piring


Alat satu ini memang sangat membantu pekerjaan mencuci piring yang lumayan merepotkan. Terlihat modern dan menjawab permasalahan masa kini ketika orang-orang terlalu sibuk untuk mencuci piring dengan tangan, ternyata mesin ini telah diciptakan pada tahun 1870-an oleh seorang wanita bernama Josephine Cochrane.

Itylah 6 penemuan menakjubkan yang diciptakan oleh wanita. Oleh karena itu, kiprah wanita memang patut diacungi jempol. Di balik sosoknya yang lembut, 6 wanita di atas mampu membuat sesuatu yang membuat hidup manusia lebih mudah. Semoga bermanfaat.

0 Response to "6 Penemuan Menakjubkan Ini Ternyata Diciptakan Oleh Wanita"

Post a Comment