Waspadai 6 Penyakit di Balik Bercak Putih Pada Kuku

Kuku seringkali mendapat perawatan ekstra mulai dari pemotongan secara teratur hingga menghiasnya dengan berbagai macam kuteks dan pernak-pernik. Kuku yang bersih dan mengkilap juga dianggap sebagai tanda tubuh yang sehat dan terhidrasi. Kuku yang cantik juga dapat meningkatkan rasa percaya diri, khususnya di kalangan perempuan.


6 Penyakit di Balik Bercak Putih Pada Kuku
source : elitereaders.com
Saat kecil dulu, mungkin kita sering mendengar mitos bahwa bercak putih pada kuku adalah tanda bahwa ada seseorang yang suka pada kita. Walau meragukan dan bisa jadi hanya sebatas mitos, ungkapan tersebut sudah menjadi tren yang cukup populer di masanya. Namun, mulai saat ini jangan abaikan bercak putih yang muncul pada kuku, apalagi jika tak kunjung hilang dalam waktu yang lama. Bukan karena ada seseorang yang menyukai kita, namun karena 6 penyakit ini siap mengintai kemudian.


Tubuh Kekurangan Protein dan Seng

Jika kuku menampakkan garis putih tunggal yang meluas sampai ke ujung kuku, hal itu bisa jadi merupakan pertanda kuku kekurangan protein. Jika garis yang terlihat lebih dari satu hal itu menandakan tubuh kekurangan unsur seng. Perbanyak makanan yang mengandung seng dan protein seperti daging dan telur agar tubuhmu tak kekurangan gizi yang berakibat pada penyakit.

Infeksi Jamur

Bercak-bercak putih pada kuku dapat menunjukkan adanya kutil, jamur, dan eksim. Jika bercak-bercak putih atau garis-garis muncul di kuku kaki, itu artinya ada jamur di kuku yang harus segera diobati agar tak menyebar ke daerah lain.


Penyakit Liver, Ginjal atau Anemia

Dalam kasus yang jarang, perubahan kuku juga menjadi pertanda munculnya penyakit berat seperti sirosis dan hepatitis. Pastikan hal tersebut dengan membandingkannya paa gejala lain yang lebih spesifik seperti tubuh mudah lelah atau nyeri pada pinggang.

Sarkoidosis

Bercak putih kecil di kuku bisa juga menjadi salah satu dari beberapa tanda penyakit sarkoidosis.Penyakit ini dapat memengaruhi kulit, paru-paru, dan organ lainnya.


Gangguan Hormon Tiroid

Jika kuku tiba-tiba melembek dan menampakkan bintik putih, itu adalah kondisi yang dikenal sebagai Kuku Plummer. Kondisi ini bisa merujuk pada masalah kelenjar tiroid, yaitu hipotiroidisme. Hipotiroidisme adalah kondisi tubuh kekurangan hormon tiroksin yang menyebabkan metabolisme tubuh melambat. Penyakit ini hanya bisa ditanggulangi dengan terapi hormon.

Alergi

Kuku juga bisa mengalami alergi terhadap zat pewarna dalam kuteks atau perawatan kuku lainnya. Kuku menampakkan gejala alergi dengan bercak putih. Segera hentikan penggunaan kosmetik kuku agar alergi tak bertambah parah.


Itulah 6 penyakit yang menunjukkan gejala melalui bercak putih pada kuku. Walaupun sering dianggap sepele, rupanya tubuh kita selalu berusaha menunjukkan kelainan apapun yang kita alami dengan menampakkan gejala-gejala khusus. Semoga bermanfaat ya!

sumber : elitereaders.com

0 Response to "Waspadai 6 Penyakit di Balik Bercak Putih Pada Kuku"

Post a Comment