7 Kebiasaan Umum Setelah Makan Ini Berbahaya Bagi Kesehatan

Kita semua pasti memiliki banyak kebiasaan yang sering dilakukan setelah makan. Banyak orang yang merasa kurang lengkap jika tidak merokok setelah makan. Ada juga yang meyakini jika menyantap buah-buahan setelah makan berat akan membantu pencernaan dan dijadikan kebiasaan setiap hari.

source : healthxchange.com.sg
Kebiasaan tersebut tentu telah mengakar dan mejadi kesenangan tersendiri. Nikmatnya makan rasanya kurang lengkap jika tidak diiringi kebiasaan tersebut. Namun mulai sekarang, ada baiknya Anda menghentikannya, karena ternyata hal tersebut dapat memberi efek buruk bagi kesehatan. Berikut adalah 7 kebiasaan tersebut.

1. Merokok

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh para ahli membuktikan bahwa merokok sebatang rokok setelah makan sama efeknya dengan merokok 10 batang rokok (kemungkinan terserang kanker lebih tinggi).

2. Minum Teh

Alasan untuk ini adalah tingkat keasaman yang tinggi dari daun teh. hal ini akan menyebabkan kandungan protein dalam makanan yang kita konsumsi akan mengeras, sehingga sulit untuk dicerna. Minum teh disaranakn lebih baik satu jam setelah makan.



3. Makan Buah-buahan

Ketika Anda makan buah-buahan setelah makan, maka buah ini akan terjebak di perut bersama dengan isi makanan dan tidak dapat mencapai usus dalam waktu cepat. Buah-buahan dapat merusak sisa makanan di perut. Oleh karena itu dianjurkan bahwa Anda makan buah setidaknya satu jam setelah makan atau sebelum makan, sebaiknya di pagi hari dalam keadaan perut kosong. Karena di pagi hari tubuh dapat menyerap nutrisi terbaik dalam buah dan mendapatkan energi yang cukup untuk memulai hari.

4. Melonggarkan Ikat Pinggang

Beberapa orang memiliki kebiasaan untuk melonggarkan ikat pinggang mereka setelah makan. Namun, melonggarkan sabuk merupakan hal yang buruk, bukan karena menyebabkan usus terhalang sabuk, tapi dapat menyebabkan Anda merasa nyaman sehingga melanjutkan makan secara berlebihan. Jadi makanlah sebatas Anda merasa nyaman tanpa melonggarkan ikat pinggang Anda!



5. Mandi

Mandi setelah makan akan menyebabkan peningkatan aliran darah ke tangan, kaki dan tubuh sehingga jumlah darah sekitar perut karena akan menurun. Hal ini akan melemahkan sistem pencernaan di dalam perut kita.

6. Berjalan atau Latihan Fisik

Berjalan langsung setelah makan adalah ide yang buruk, dapat mengakibatkan refluks asam dan gangguan pencernaan. Namun, berjalan sekitar setengah jam setelah makan sangat baik untuk Anda. Anda idealnya harus berjalan selama sekitar 10 menit dan hanya 20-30 menit setelah makan untuk mencegah refluks asam dan gangguan pada perut.



7. Tidur

Dan seperti yang Anda mungkin sudah tahu, alasan untuk ini adalah bahwa makanan tidak akan mampu dicerna dengan baik. Hal ini akan menyebabkan lambung & usus terinfeksi.

Itulah 7 kebiasaan paling umum yang sering dilakukan sehabis makan yang ternyata berbahaya bagi kesehatan. Setelah mengetahuinya, ada baiknya Anda segera meninggalkan kebiasaan tersebut, agar hidup menjadi lebih sehat. Semoga bermanfaat. 

Sumber : Islampos

0 Response to "7 Kebiasaan Umum Setelah Makan Ini Berbahaya Bagi Kesehatan"

Post a Comment