7 Makanan Berbau Menyengat Berkhasiat Hebat

Setiap orang tentu menyukai makanan enak. Makanan enak dapat meningkatkan nafsu makan dan membuat perut kenyang dan hati senang. Makanan enak identik beraroma harum dan menggungah selera, terlebih jika dinikmati beberapa saat setelah dimasak.

Tapi, tidak semua makanan memiliki aroma yang sedap. Beberapa makanan justru memiliki aroma kurang sedap bahkan cenderung menyengat bagi beberapa orang. Walalupun baunya menyengat, beberapa makanan di bawah ini tetap memiliki penggemarnya sendiri. Di balik baunya yang menyengat 7 makanan ini diam-diam memiliki khasiat yang hebat untuk kesehatan. Makanan apa saja?

Petai

7 Makanan Berbau Menyengat Berkhasiat Hebat

Siapa tak kenal petai? Makanan satu ini sangat populer di hampir seluruh wilayah Indonesia.ia bisa dimakan mentah, digoreng, dicampur nasi, dan dijadikan lalapan bersama sambal. Bagi beberapa orang petai memiliki bau yang sangat tidak enak dan membuat mereka enggan memakannya. Namun tahukah Anda, petai memiliki beragam manfaat yang sepadan dengan aromanya. Mengkonsumsi petai bermanfaat bagi penderita asam lambung tinggi, mencegah anemia, melancarkan pencernaan bahkan mengobati gigitan nyamuk. Anda bisa menggosokkan kulit petai pada kulit yang digigit.


Namun disarankan agar tidak mengkonsumsinya terlalu banyak karena dapat menyebabkan gangguan ginjal dan bau badan.

Jengkol

7 Makanan Berbau Menyengat Berkhasiat Hebat

Makanan ini ibarat saudara dekat petai yang sama-sama beraroma menyengat. Ia banyak digemari tapi tak sedikit pula yang tidak menyukainya. Banyak yang mengolah jengkol dengan cara digoreng hingga dibumbui dengan berbagai rempah. Mengkonsumsi jengkol dalam jumlah yang cukup dapat membersihkan racun dalam tubuh, mencuci perut bahkan mencegah jantung koroner.



Di balik khasiatnya, perlu diingat bahwa terlalu banyak makan jengkol justru tidak baik. Anda akan terserang bau mulut hingga gangguan buang air kecil. Jadi, makan secukupnya saja ya.

Bawang Putih

7 Makanan Berbau Menyengat Berkhasiat Hebat

Salah satu bumbu dapur andalan ini dikenal memiliki aroma khas saat berpadu dengan masakan. Namun, dalam keadaan mentah aromanya kurang sedap dan dihindari banyak orang. Tahukan Anda, bawang putih tak hanya bermanfaat menjadi penyedap masakan.Ia juga memiliki khasiat untuk kesehatan.
Konsumsi rutin bawang putih dapat menurunkan resiko kanker serta meningkatkan daya tahan tubuh. Ia juga mampu mengobati wasir, jamur kulit, dan mengurangi radang. Jadi, jangan ragu untuk mengkonsumsi bawang putih ya!

Durian

7 Makanan Berbau Menyengat Berkhasiat Hebat

Buah berduri ini memiliki aroma khas yang disukai banyak orang. Tapi tak sedikit pula yang merasa jijik dengan aromanya. Dicintai dan dibenci, nyatanya durian tetap eksis dikenal sebagai si raja buah. Nah di balik aromanya yang istimewa, durian menyimpan banyak manfaat untuk kesehatan. Ia dapat mencegah depresi karena kandungan tryptophan yang berperan sebagai serotonin atau pembangkit mood, ia juga dapat mengurangi nyeri pada masa PMS, melancarkan pencernaan bahkan membantu menurunkan berat badan. Tapi, jangan terlalu banyak mengkonsumsi durian  ya, karena ia bisa membuatmu pusing nantinya.


Mengkudu

7 Makanan Berbau Menyengat Berkhasiat Hebat

Walau memiliki bau kurang sedap, buah bertotol ini dikenal memiliki banyak khasiat untuk kesehatan dan pengobatan penyakit tertentu. Tak heran kini mengkudu banyak diproduksi seara massal menjadi obat ataupun seplemen makanan.
Pengolahannya menjadi pil siap minum memang cukup beralasan, sebab baunya yang sangat tidak enak jika dimakan langsung. Buah ini mengandung banyak vitamin dan antioksidan yang sayang sekali jika tidak dimanfaatkan. Beberapa penyakit yang dapat disembuhkan dengan konsumsi mengkudu antara lain darah tinggi, menurunkan kolesterol, anti inflamasi, diabetes, asam urat, gondok, radang bahkan penyakit kulit seperti borok. Sangat menakjubkan bukan?

Daging Kambing

7 Makanan Berbau Menyengat Berkhasiat Hebat

Daging kambing termasuk ke dalam golongan daging merah. Walaupun rasanya enak, bagi sebagian orang baunya dinilai kurang sedap, terlebih jika cara memasaknya kurang tepat. Daging kambing juga kerap disinyalir menjadi pemicu darah tinggi.


Namun, jika dikonsumsi dalam jumlah tepat, daging kambing dapat memberikan khasiat yang cukup menguntungkan. Ia dapat menghangatkan tubuh dan menjadi sumber energi yang besar. Daging kambing juga dapat meredakan nyeri haid karena kandungan zat besi yang tinggi, mencegah bayi lahir cacat, menjaga kesehatan tulang dan meningkatkan sistem imun.

Terasi

7 Makanan Berbau Menyengat Berkhasiat Hebat

Olahan dari udang atau ikan ini memang sangat populer di Indonesia, terlebih di tanah Pasundan.terasi sering diolah menjadi sambal dan bumbu masakan. Namun tidak semua orang menyukai terasi karena aromanya yang lain dari pada yang lain. Di luar negeri, terasi bahkan dinilai sebagai makanan Indonesia yang berbau paling tak sedap.

Kabar gembira bagi penggemar terasi, sebab ia memiliki ragam manfaat . Terasi kaya protein, kalsium dan fosfor yang dapat membantu pertumbuhan dan meningkatkan kesehatan tulang. Terasi juga kaya zat besi yang membantu produksi sel darah merah.


Itulah 7 makanan berbau menyengat namun berkhasiat hebat. Memang, hal tersebut tergantung selera setiap orang namun khasiatnya dijamin tak pilih-pilih dan menguntungkan siapa saja yang mengkonsumsinya. Perlu diingat agar mengkonsumsi secukupnya,sebab konsumsi berlebihan juga tak baik bagi kesehatan. Semoga bermanfaat!


0 Response to "7 Makanan Berbau Menyengat Berkhasiat Hebat"

Post a Comment