6 Surga Eksotis yang Tersembunyi di Negara Konflik

Tak ada satu pun orang yang menginginkan perang di negaranya. Perang adalah hal mengerikan yang dapat merenggut kehidupan harmonis masyarakat, bahkan dapat menyebabkan pertumpahan darah. Namun untuk alasan tertentu beberapa Negara di dunia harus terlibat dalam perang yang berkepanjangan sehingga menimbulkan ketegangan hampir di setiap harinya.

Bicara Negara atau daerah konflik kita pasti akan membayangkan letusan pistol dan suara bising di mana-mana. Ya, perang memang identik dengan ketegangan dan hal berbau kekerasan.namun, siapa yang menyangka jika 6 negara berikut menyimpan surge eksotis tersembunyi di tengah ketegangan perang sipil. Tuhan memang telah membuktikan kekuasaan Nya dengan menciptakan berbagai tempat indah bak surga di dunia, bahkan di tengah-tengah Negara yang sedang berkonflik.

Walaupun membutuhkan nyali besar untuk berkunjung ke tempat-tempat ini namun rasanya tempat-tempat berikut terlalu indah untuk terus menerus disembunyikan. Berikut adalah 6 surga eksotis tersembunyi di Negara konflik.

Kaukasus, Rusia


source : matadornetwork.com
Daerah perbatasan di selatan Rusia bernama ini adalah situs konflik bersenjata paling aktif di Eropa . Namun Putin bersikeras mengadakan Olimpiade Sochi hanya berjarak 100 km dari tempat ini.

Negara-negara yang mengikuti Olimpiade ini pun tentu tak ingin ikut terseret ke dalam konflik. Amerika Serikat bahkan menempatkan kapal perang di Laut Hitam untuk mengevakuasi atlet mereka jika sewaktu-waktu perang meletus di tengah pertandingan. 




source : wildfrontierstravel
Mungkin ini adalah Olimpiade pertama dalam sejarah yang digelar di zona perang aktif .
Ternyata ada rencana tersembunyi dibalik pemilihan Kaukasus sebagai lokasi Olimpiade Sochi. Kaukasus menyimpan pemandangan indah nan eksotis yang sangat layak dijadikan objek wisata. Setelah Olimpiade tersebut selesai, keindahan Kaukasus pun tersebar dan menarik minat hingga 3,5 juta wisatawan dalam setahun dan menciptakan lebih dari 160.000 lapangan pekerjaan baru.

Provinsi Bamiyan, Afghanistan


source : matadornetwork.com
Negara di Jazirah Arab ini memang telah larut dalam konflik sejak lama. Salah satu surga eksotis yang tersimpan di sana terletak di Provinsi Bamiyan. Provinsi Bamiyan dikenal sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO bagi umat Buddha, berupa tebing Baiyan yang sudah terbentuk sejak 1.500 tahun yang lalu dan dihancurkan oleh Taliban pada tahun 2001.
Walaupun menyimpan sejarah kelam, provinsi ini adalah rumah bagi berbagai pegunungan salju yang sangat cocok untuk bermain ski. Menurut The New York Times , wilayah ini kini relatif aman, dan telah tersedia maskapai yang menawarkan penerbangan khusus ke Bamiyan dengan rute yang dijamin aman.




source : news.bbc.co.uk
Sebagai negara yang lebih dikenal sebagai daerah konflik ketimbang tempat wisata, pemberdayaan tempat ini masih sangat terbatas. Hotel yang tersedia hanya cukup untuk 300 pelanggan, itupun dengan listrik yang kurang kondusif. Kita do’akan saja semoga Afghanistan segera menemukan kedamaiannya kembali sehingga kita dapat menjelajah keindahan yang kini masih tersembunyi ini.

Taman Nasional Sapo, Liberia


source : en.wikipedia.org
Liberia , Negara yang terletak di pantai barat Afrika ini telah diguncang oleh perang sipil yang panjang. Perdamaian berhasil dicapai secara bertahap setelah perjanjian perdamaian tahun 1996. Meskipun demikia, butuh waktu yang cukup lama untuk membuat keamanan Liberia benar-benar stabil, khususnya di daerah-daerah terpencil. 

Menyimpan kisah pilu setelah perang, Liberia diam-diam memiliki banyak surge eksotis yang menarik untuk dikunjungi. Sala satu yang terkenal adalah Taman Nasional Sapo yang terletak di hutan hujan Afrika Barat beserta berbagai satwa langka yang terancam punah.
Taman Nasional Sapo adalah salah satu dari 261 keajaiban alam dunia saat ini. Hutan Sapo menjadi rumah untuk gajah , musang Liberia , kucing emas Afrika, macan tutul , musang Afrika , zebra , burung beo abu-abu , simpanse , elang ikan Afrika , monyet dan kuda nil kerdil yang terkenal , membuat negara ini populer di kalangan wisatawan. Kuda Nil Pygmy telah menjadi simbol nasional Liberia .

Gurun Sahara, Tunisia


source : closetothelocals.com 
Tunisia pernah diguncang pergolakan The Jasmine Revolution, yang menggulingkan diktator Zine El Abidine Ben Ali di Tunisia yang telah berkuasa sangat lama. Konflik tersebut membuat daya tarik wisata Tunisia menurun drastis hingga setengahnya. Namun, baru-baru ini Negara tersebut dinyatakan ulai membuka kembali industri pariwisata mereka dengan menerima kedatangan turis asing.

Salah satu wisata eksotis di Tunisia yang terkenal adalah Gurun Sahara. Gurun ini mengikuti garis pantai Mediterania yang memberikan nuansa eksotis tak terlupakan. Sangat cocok untuk ide photoshoot seperti pre wedding. Kekayaan budaya Tunisia juga menarik untuk dikunjungi.Banyak penjual makanan tradisonal dan bazaar di musim-musim tertentu. 

Kashmir, Perbatasan India-Pakistan


source : bbc.com
India dan Pakistan adalah dua Negara yang selalu berselisih dan tidak pernah sepakat mengenai wilayah teritori negara mereka khusunya wilayah yang diperebutkan, yaitu Khasmir. Wilayah ini menjadi sengketa perbatasan yang tak kunjung usai. India dan Pakistan masing-masing mengklaim bahwa wilayah Kashmir termasuk pada daerah teritori mereka.

Namun, terlepas dari berbagai konflik dan isu yang mendera, Kashmir diam-diam menyimpan sejuta pesona wisata, baik itu wisata alam hingga kekayaan budaya. Ada sebuah upacara unik yang bisa kita saksikan setiap hari menjelang matahari terbenam. Perwakilan dari kedua negara bertemu untuk menggelar upacara penuh dedikasi dan semangat yang digelar di perbatasan tersebut. Upacara tersebut dikenal sebagai ‘Wagah Border’. 



Saat upacara berlangsung,sama sekali tak terlihat jika kedua Negara tersebut sedang berkonflik. Masing-masing tentara saling memamerkan kemampuan mereka dengan mengangkat kaki tinggi-tinggi. Para warga dari dua Negara pun berbaur akrab dan berinteraksi seperti halnya di Negara lain.


source : vanishingculturesphotopraphy.com
source : godiscoveraboard.com
Kashmir juga memiliki berbagai pemandangan alam nan eksotis yang sangat layak dikunjungi, salah satunya adalah Danau Nubra.Kita dapat menikmati hamparan oasis nan jernih dikelilingi pegunungan asri, berpadu dengan hamparan gurun pasir. Ada juga kawanan unta gembala yang sesekali melewati daerah tersebut, menambah kesan eksotis yang tak terlupakan. Ada juga beberapa kuil Buddha yang mencerminkan kekayaan peradaban manusia sejak ribuan tahun.

Sri Lanka


source : goldentravel.com
Sri Lanka memegang predikat sebagai destinasi terbaik untuk dikunjungi pada tahun 2013 . Hal tersebut sangat masuk akal mengingat Sri Lanka adalah rumah bagi 8 keajaiban dunia belum lagi berbagai pantai dan pegunungan yang masih asri. 

Sri Lanka pernah bergejolak karena perang saudara selama hampir 26.Pada tahun 2009, Sri Lanka mulai berbenah dan mengubah citranya menjadi tujuan wisata dunia. Pada tahun 2012, untuk pertama kalinya Negara ini mampu menarik hingga 1 juta wisatawan dalam setahun dan terus meningkat setiap tahunnya.  


source : visitsrilankatours.com
Walaupun masih belum benar-benar pulih dari perang, Sri Lanka layak masuk ke dalam daftar tujuan liburan Anda selanjutnya. Beberapa tempat menarik di Sri Lanka antara lain Taman Nasional Yala yang menjadi rumah bagi kawanan rusa, Pantai Hikkadua dan beberapa kuil peninggalan Buddha.

Nah itulah 6 surga eksotis yang tersembunyi di Negara konflik. Manakah yang menjadi favorit Anda untuk dikunjungi?

0 Response to "6 Surga Eksotis yang Tersembunyi di Negara Konflik"

Post a Comment