4 Arti Dibalik Perbedaan Warna Darah Menstruasi

Setiap wanita akan mengalami haid atau menstruasi setiap bulannya.hal itu menandakan bahwa organ reproduksi dalam keadaan sehat dan fungsinya berjalan sebagai mana mestinya. Menstruasi menandakan luruhnya sel telur beserta lapisan dinding rahim yang mengandung banyak darah. Namun, kadangkala ada wanita yang mengalami pendarahan di luar siklus menstruasi seperti biasanya.


Hal tersebut bisa menjadi kondisi normal, namun bisa jadi mengindikasikan bahwa organ reproduksi sedang tidak sehat. Nah, untuk mengetahui kondisi kesehatan organ reproduksi, wanita dapat menggunakan cara sederhana dengan memantau siklus menstruasi dan melihat warna darah yang keluar. Ada 4 warna darah yang umumnya dialami wanita. 4 warna tersebut dapat menjadi patokan seorang wanita untuk mulai waspada akan kesehatan organ reproduksinya. Berikut adalah arti dari 4 warna tersebut.


Merah Terang


Warna merah terang berarti darah masih segar atau baru saja dikeluarkan dari dalam tubuh. Aliran darah yang terjadi cenderung banyak namun ringan dan teratur. Warna ini umumnya keluar di hari-hari pertama menstruasi.


Merah Gelap


Warna merah yang lebih gelap menandakan adanya darah yang lebih tua dan sudah lebih lama tersimpan dalam rahim dan baru keluar. Biasanya, darah dengan warna ini terjadi saat wanita bangun tidur setelah lewat masa menstruasi. Biasanya hal tersebut  bisa juga disebabkan oleh ketidakseimbangan hormon.


Kecokelatan atau Kehitaman


Warna darah cenderung kehitaman menandakan adanya darah tua. Warna darah ini biasanya muncul saat mendekati akhir periode menstruasi dan hanya keluar dalam jumlah sedikit. Wanita dengan kondisi siklus menstruasi yang tidak teratur juga cenderung mengalami darah menstruasi dengan warna demikian.


Oranye


Warna oranye dapat timbul karena darah bercampur dengan cairan dari serviks atau leher rahim. Selain itu, warna oranye juga dapat mengindikasikan adanya infeksi di dalam rahim. Jika Anda mengalami pendarahan oranye terlebih jika terjadi di luar siklus normal, sebaiknya periksakan diri ke dokter.

Itulah 4 arti di balik warna darah menstruasi yang dialami perempuan.sesungguhnya tubuh manusia telah memiliki sistem yang mengagumkan.Ia bisa menunjukkan gejala-gejala signifikan saat tubuh mengalami kelainan. Semoga para wanita dapat lebih waspada dan menjaga kesehatan agar terhindar dari berbagai penyakit yang tak diinginkan.

0 Response to "4 Arti Dibalik Perbedaan Warna Darah Menstruasi"

Post a Comment