15 Istilah Rahasia yang Hanya Dipahami Oleh Sesama Dokter

Dokter adalah profesi yang memiliki tanggung jawab yang besar. Sebagai tenaga medis, mereka tidak hanya bertanggung jawab untuk mengobati pasien, namun juga menjaga kondisi emosional pasien di saat-saat kritis. Dokter harus mampu mengendalikan ekspresi wajah dan tutur bahasanya agar tak membuat pasien khawatir yang justru dapat membuat keadaan pasien memburuk.


Untuk mengantisipasi hal-hal tersebut, para dokter memiliki ‘bahasa khusus’ yang hanya dipahami oleh sesame petugas medis. Seperti para pramuka yang memiliki  sandi Morse untuk berkomunikasi secara rahasia, para dokter biasanya menggunakan istilah-istilah yang tidak dimengerti oleh kalangan awam dengan tujuan menciptakan komunikasi yang efektif bagi sesama dokter.

Lalu, apa saja sih istilah rahasia yang sering digunakan oleh para dokter? Dikutip dari situs mentalfloss.com, berikut adalah 15 istilah rahasia yang hanya bisa dimengerti oleh sesama dokter.

Zebra

Jika dalam istilah lalu lintas dikenalistilah zebra cross sebagai tanda untuk menyebrang jalan, di dunia media Zebra adalah julukan yang diberikan kepada para internis yang sering membuat diagnosis langka dalam dunia kedokteran. Penggunaan istilah Zebra ini bermula pada tahun 1940an saat dr Theodore Woodward mengatakan kepada murid-muridnya, 'Jangan mencari zebra di Greene Street'.

Gomer

Istilah Gomer diartikan untuk dua kondisi. Satu kondisi adalah kode dokter kepada orang lain untuk  segera keluar dari ruang gawat darurat. Kondisi lain yang sering menggunakan kode ‘gomer’ adalah pasien berusia lanjut yang dilarikan ke ruang gawat darurat.

Bunker

Bunker adalah istilah yang digunakan para dokter saat merujuk pasiennya kepada dokter lain untuk dirawat.

Cowboy

Cowboy dikenal sebagai tokoh flamboyan yang biasa ditemui di daerah gersang sambil menunggangi menunggangi kuda. Di dunia kedokteran, cowboy adalah sebutan atau panggilan untuk seorang ahli bedah. Hmm ada-ada saja ya!

Cheech

Istilah Cheech atau Cheesch Bomb adalah istilah yang sering disebutkan para dokter untuk hasil diagnosa sebuah penyakit.

SFU 50

Istilah SFU 50 sering digunakan petugas medis  untuk menyampaikan kode untuk menenangkan pasien yang rewel atau mengganggu pasien lain. Para dokter akan memberikan suntikan anstesi atau obat penenang untuk menenangkan pasien tersebut.

Beemer

Istilah Beemer digunakan untuk pasien yang mengalami obesitas. Pasien dengan kelebihan berat badan biasanya akan menerima perlakuan khusus yang berbeda dengan pasien lainnya.

Clinic Unit

Istilah ini punya hubungan yang erat dengan istilah ‘beemer’. Untuk menjaga perasaan pasien yang mengalami obesitas, para dokter akan menggunakan istilah ‘clinic’ yang berarti berat badan. Satu unit ‘clinic’ berarti 200 pon, dan 3 unit ‘clinic’ artinya 600 pon. Mungkin akan terasa kurang sopan saat membicarakan berat badan seseorang yang terkena obesitas.

Frequent Flyer

Istilah ini digunakan sebagai sebutan bagi para pasien yang sangat sering datang ke rumah sakit untuk berobat.

STATUS DRAMATICUS

Istilah ini ditujukan kepada pasien yang sangat mencemaskan kematiannya karena suatu penyakit. Mungkin maksud dari julukan ini adalah karena perilaku pasien yang terlalu ‘drama’.

FTD

Isitilah FTD adalah singkatan dari ‘failure to die’. FTD adalah kode untuk sebuah proses penyembuhan yang sulit atau keadaan pasien kritis. Biasanya ditujukan untuk pasien usia lanjut.
HORRENDOMA

Istilah ini digunakan untuk menunjukkan situasi pasien yang mengalami komplikasi penyakit.

Dyscopia

Diyscopia berarti kegagalan dokter dalam mengobati pasien. Biasanya mengacu pada pasien dalam kondisi emosional yang sulit. Istilah medis lain yang juga menggunakan awalan ‘dis’, antara lain dispepsia , disfagia , dan distrofi. Dis sendiri berarti ’kegagalan’.

Fooba

Fooba adalah singkatan untuk kondisi ‘found on orthopaedics barely alive’. Istilah ini digunakan untuk menjelaskan situasi pasien ortopedi yang juga mengalami gagal jantung.

Whiney Primey

Whiney primey  adalah julukan yang diberikan kepada ibu yang hamil untuk pertama kalinya serta datang ke rumah sakit untuk memeriksakan kandungannya untuk pertama kalinya pula.



Nah itulah 15 istilah rahasia yang sering digunakan oleh kalangan dokter untuk situasi tertentu. Sangat unik ya! Bagaimana menurutmu?

0 Response to "15 Istilah Rahasia yang Hanya Dipahami Oleh Sesama Dokter"

Post a Comment