4 Obat Luka Bakar Sejuta Umat yang Salah Kaprah

Hampir semua orang pernah mengalami luka bakar ringan. Biasanya hal itu disebabkan karena kulit menyentuh benda panas secara tak sengaja seperti menyenggol panci saat memasak, atau saat menyetrika pakaian.


Kebanyakan dari kita pasti akan langsung mengoleskan pasta gigi atau es batu di area kulit yang terbakar. Namun tahukah kamu, bahwa ‘obat’ yang kita yakini selama ini dapat meredakan luka bakar tersebut nyatanya tak memberikan efek penyembuhan apapun terhadap luka bakar. Parahnya lagi, bukannya mengobati, bahan-bahan tersebut justru meningkatkan resiko iritasi pada kulit. Berikut adalah fakta salah kaprah dari ‘obat’ yang sering kita gunakan sebagai pertolongan pertama pada luka bakar.

Es Batu

Es batu seringkali jadi andalan pertama saat kita tak sengaja menyentuh atau tersenggol benda panas. Mulai sekarang, alih-alih menggunakan es batu, lebih baik membasuk luka bakar dengan air dingin atau air mengalir. Es batu dapat membatasi aliran darah ke kulit yang terluka, yang justru dapat merusak jaringan kulit.

Mentega

Mentega adalah alternative lain yang sering digunakan untuk ‘mengobati’ luka bakar ringan. Jangan lagi gunakan mentega sebagai pertolongan pertama luka bakar, karena justru cara ini akan membuat kulit menjadi lembap dan memicu tumbuhnya bakteri. Cara ini justru akan menyebabkan kamu terkena infeksi.

Pasta Gigi

Pasta gigi adalah ‘obat’ yang paling sering digunakan kala terkena luka bakar. Selan itu, penggunaan pasta gigi juga dirasa lebih nyaman karena dapat menimbulkan sensasi dingin. Namun, hal tersebut hanya menimbulkan kenyamanan sebentar saja. Pasta gigi mengandung bahan kimia seperti kalsium yang tak hanya merusak kulit, tetapi dapat menyebabkan infeksi.

Lemon

Beberapa orang juga memilih menggunakan lemon sebagai obat untuk menenangkan rasa panas karena luka bakar. Tetapi menggunakan lemon secara langsung pada kulit yang terbakar justru dapat memperburuk luka. Tak hanya itu, lemon juga dapat menyebabkan luka bakar mengalami iritasi.

Meskipun sekilas terlihat ampuh, ternyata bahan-bahan tersebut justru akan memperparah luka bakar. Sebaiknya segera basuk luka bakar dan segera pergi ke dokter jika luka dirasa cukup parah. Semoga bermanfaat ya!

0 Response to "4 Obat Luka Bakar Sejuta Umat yang Salah Kaprah"

Post a Comment