Inilah Foto Masa Muda 8 Pemimpin Indonesia

Masa kecil adalah masa-masa yang sangat menyenangkan bagi banyak orang. Kita biasanya mengenang masa kecil dengan melihat album foto lama. Banyak momen menyenangkan yang diabadikan dalam album foto, seperti foto keluarga, foto kelulusan hingga foto saat bermain bersama.

Semua orang tentu memiliki masa kecil, termasuk para pemimpin. Sebelum besar dan menjadi pemimpin yang dihormati, mereka telah melewati masa kecil dengan bersekolah dan bermain. Momen-momen tersebut telah diabadikan dalam bentuk foto.

Beberapa foto masa kecil pemimpin Indonesia belakangan tersebar dan menjadi viral di internet. Kita dapat melihat wajah polos khas anak-anak dan juga aura kepemimpinan yang telah terlihat sejak kecil. Foto-foto tersebut juga membuktikan bahwa banyak sekali perjuangan yang harus ditempuh sebelum menjadi pemimpin yang dihormati seperti saat ini.

Penasaran, bagaimanakah sosok para pemimpin negeri ini di masa lalu? Berikut ulasannya.

Presiden Joko Widodo


Ir. H.Joko Widodo atau yang lebih akrab dengan nama Jokowi adalah presiden ke 7 Republik Indonesia. Beliau lahir di Surakarta pada 21 Juni 1961. Jokowi menjabat sebagai Presiden RI sejak 20 Oktober 2014 bersama Wakil Presiden Jusuf Kalla.


Joko Widodo berasal dari keluarga sederhana. Bahkan, rumahnya pernah digusur sebanyak tiga kali ketika dia masa kecil. Jokowi menghabiskan masa kecilnya di Surakarta. Berasal dari keluarga kurang mampu, Jokowi berhasil menamatkan pendidikannya di Fakultas Kehutanan Universitas Gajah Mada. Setelah lulus, dia menekuni profesinya sebagai pengusaha mebel.

Beberapa foto muda Jokowi tersebar luas di internet. Di foto-foto tersebut, Jokowi terlihat gemar memelihara kumis. Ia juga dikenal menyukai musik rock saat masih muda.

Wakil Presiden Jusuf Kalla


Drs. H. Muhammad Jusuf Kalla atau lebih dikenal dengan nama Jusuf Kalla saja atau JK, lahir di Watampone, Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan pada 15 Mei 1942. Beliau adalah Wakil Presiden Indonesia yang menjabat sejak 20 Oktober 2014.

Jusuf Kalla berasal dari sebuah keluarga besar. Ia terlahir sebagai anak ke-2 dari 17 bersaudara dari pasangan Haji Kalla dan Athirah, pengusaha keturunan Bugis yang memiliki bendera usaha Kalla Group.

Tak banyak foto-foto masa kecil beliau yang tersebar di internet. Hanya saja di foto ini JK terlihat sedang memakai pakaian adat dan duduk diapit oleh kedua orang tuanya saat pernikahannya. Ternyata beliau memang senang memelihara kumis sejak masih muda ya.

Susilo Bambang Yudhoyono


Jenderal TNI (Purn.) Prof. Dr. H. Susilo Bambang Yudhoyono GCB AC adalah Presiden Indonesia ke-6 yang menjabat sejak 20 Oktober 2004 hingga 20 Oktober 2014. berhasil melanjutkan pemerintahannya untuk periode kedua dengan kembali memenangkan Pemilu Presiden 2009. Sejak era reformasi dimulai, Susilo Bambang Yudhoyono merupakan Presiden Indonesia pertama yang menyelesaikan masa kepresidenan selama 5 tahun dan berhasil terpilih kembali untuk periode kedua.


SBY lahir di Pacitan, Jawa Timur pada 9 September 1949. Seperti ayahnya, SBY juga  berkecimpung di dunia kemiliteran Tak heran foto-foto  masa mudanya, ia sering terlihat menggunakan seragam militer. Banyak foto kebersamaan SBY bersama istrinya, Ibu Ani Yudhoyono yang tersebar di internet. SBY memang dikenal sangat harmonis dengan sang istri. Benar-benar bikin iri ya!

Megawati Soekarnoputri


Dr.(H.C.) Hj. Dyah Permata Megawati Setyawati Soekarnoputri atau lebih dikenal sebagai Megawati Soekarnoputri adalah presiden Indonesia ang ke-lima. Beliau menjabat sejak 23 Juli 2001 — 20 Oktober 2004. Ia juga merupakan presiden wanita Indonesia pertama dan anak dari presiden Indonesia pertama, Soekarno, yang kemudian mengikuti jejak ayahnya menjadi Presiden Indonesia.


Megawati lahir di Yogyakarta pada 23 Januari 1947. Ia dilahirkan pada masa Agresi Militer Belanda. Saat Presiden Soekarno diasingkan ke pulau Bangka, Ibu Fatmawati melahirkan seorang bayi yang diberi nama Megawati Soekarno Putri di kampung Ledok Ratmakan, tepi barat Kali Code. Setelah kemerdekaan Indonesia, Megawati lalu dibesarkan dalam suasana kemewahan di Istana Merdeka.

Beberapa foto masa muda Megawati yang tersebar di internet menampakkan masa remaja Megawati yang dimuat di majalah Violeta. Juga ada foto saat Megawati sedang menyalami tangan sang ayah.

Abdurrahman Wahid (Gus Dur)


Dr.(H.C.) K. H. Abdurrahman Wahid atau yang akrab disapa Gus Dur, adalah tokoh Muslim Indonesia dan pemimpin politik yang menjadi Presiden Indonesia yang keempat dari tahun 1999 hingga 2001.Gus Dur lahir di Jombang pada 7 September 1940.


Gus Dur adalah putra pertama dari enam bersaudara. Gus Dur menghabiskan masa kecilnya di kota Jombang dalam lingkungan pesantren. Salah satu foto masa muda Gus Dur memperlihatkan saat ia sedang duduk dan membaca buku.

Basuki Thahaja Purnama


Gubernur DKI Jakarta yang lebih dikenal dengan nama Ahok ini lahir di Manggar, Belitung Timur pada 29 Juni 1966. Sebelum enjabat di Jakarta, Ahok juga pernah menjabat sebagai Bupati Belitung Timur periode 2005-2006. Ia merupakan etnis Tionghoa pertama yang menjadi Bupati Kabupaten Belitung Timur.


Ahok memiliki tiga orang adik. Masa kecil Ahok lebih banyak dihabiskan di Desa Gantung, Kecamatan Gantung, Kabupaten Belitung Timur, hingga selesai menamatkan pendidikan sekolah menengah tingkat pertama.


Beberapa foto masa kecil Ahok belakangan tersebar dan menjadi viral di internet. Di foto itu Nampak wajah polos Ahok semasa kecil, juga foto-fotonya saat beranjak remaja dan berkumpul bersama teman-temannya.

Ridwan Kamil


Walikota Bandung yang dikenal gaul ini pernah mempublikasikan foto masa kecilnya lewat jejaring sosial Instagram. Kang Emil, begitu ia sering disapa, mengungkapkan bahwa saat kecil ia adalah anak yang cukup nakal.

Ridwan Kamil lahir di Bandung pada 4 Oktober 1971. Sebelum menjadi pejabat publik, pria yang akrab dipanggil Kang Emil ini memiliki karier sebagai seorang arsitek dan dosen tidak tetap di Institut Teknologi Bandung.


Sebagai walikota, Ridwan Kamil pernah tampil sebagai cameo dalam beberapa produksi film dan televisi, khususnya yang ber-setting di kota Bandung. Penampilannya antara lain adalah di sinetron serial Preman Pensiun dan film The Wedding & Bebek Betutu.

Prabowo Subianto


H. Prabowo Subianto Djojohadikusumo  adalah seorang pengusaha, politisi, dan mantan perwira TNI Angkatan Darat . Prabowo lahir di Jakarta pada 17 Oktober 195.  Ia menempuh pendidikan dan jenjang karier militer selama 28 tahun sebelum berkecimpung dalam bisnis dan politik. Bersama Hatta Rajasa, ia pernah maju sebagai calon Presiden Indonesia ke-7 dalam pemilihan umum presiden Indonesia 2014.


Lahir di Jakarta, masa kecil Prabowo sebagai putra begawan ekonomi Soemitro Djojohadikoesoemo banyak dilewatkan di luar negeri bersama orangtuanya. Minatnya pada dunia militer dipengaruhi figur paman Soebianto Djojohadikusumo yang gugur dalam Pertempuran Lengkong 1946.

Foto-foto masa kecil Prabowo menjadi viral di internet.Ia dinilai memiliki wajah yang tampan, bahkan di gadang-gadang mirip dengan artis muda, Al Ghazali. Bagaimana menurutmu?



Nah itulah 8 foto masa kecil para pemimpin Indonesia.Memang, untuk meraih kesuksesan dibutuhkan usaha yang tak sedikit dan perjuangan yang keras. Para pemimpin di atas telah melewati banyak pengalaman yang akhirnya mengantarkan mereka pada kesuksesan. Semoga menginspirasi ya!

5 Responses to "Inilah Foto Masa Muda 8 Pemimpin Indonesia"

  1. ahok,ridwan kamil,dan prabowo belum pernah jadi pemimpin nasional/Indonesia.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. setidaknya Pak Ahok dan Kang Emil sudah jadi pemimpin di daerah, bukankah daerah juga termasuk wilayah Indonesia? :) dan Pak Prabowo, beliau juga pernah menjadi calon pemimpin dan pernah memimpin di dunia militer Indonesia. Beliau-beliau adalah inspirasi bagi banyak orang juga. Terima kasih sudah mampir:)

      Delete
    2. hem, buzzer nih.. ga ngotak judulnya kan pemimpin indonesia, prabowo pernah menjabat menjadi Danjen Kopassus dan itu adalah jabatan tertinggi di Kopassus, apa bedanya sama Kang Emil dan Ahok yang memimpin sebuah daerah regional. hahaha.. kalau ga tau mending ga usah komen, ngakak bacanya mas

      Delete
  2. Habibie belum ada, Soeharto belum ada

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin nanti admin tulis di artikel selanjutnya ya, terima kasih atas kunjungan dan masukannya :)

      Delete