Kisah Cinta 5 Pemimpin Dunia Paling Melegenda

Cinta adalah anugerah yang dikaruniakan Tuhan kepada umat manusia. Setiap orang ingin mencintai dan dicintai. Hal itu sangat wajar dan merupakan fitrah alami manusia, karena akan membuat hidup lebih lengkap dan berwarna. Setiap orang tentu memiliki kisah cintanya masing-masing yang akan menjadi kenangan tersendiri di sisa masa hidup.

Bicara kisah cinta, kita pasti akan langsung mengingat kisah Romeo dan Juliet, Cinderella dan Pangeran atau tokoh film terkenal seperti Jack dan Rose. Kisah mereka yang melegenda memang sangat populer dan menginspirasi. Tapi, romansa yang melegenda bukan hanya milik para tokoh fiktif di atas. Lima pemimpin dunia ini juga memiliki kisah cinta yang tak kalah romantis dibanding cerita film.

Kisah Cinta  Sehidup Semati Adolf Hitler dan Eva Braun

Kisah Cinta 5 Pemimpin Dunia Paling Melegenda

Siapa tak kenal Adolf Hitler? Sosok diktator terkenal yang hampir saja menguasai dunia ini merupakan pemimpin dari bangsa Jerman yang hendak menguasai dunia serta memberangus Israel. Sosok Hitler dikenal sangat tegas bahkan cenderung kejam saat mendirikan kekuasaannya.

Namun tak banyak yang tahu dibalik ‘keberingasan’Hitler terhadap kaum Israel, ia adalah sosok yang sangat mencintai istrinya, Eva Braun. Eva Braun memang bukan cinta pertama Hitler, karena sebelumnya Hitler telah menikah dengan Geli Raubal. Namun istrinya tersebut malah bunuh diri karena tidak tahan menghadapi terror yang terus menghantui disekitar diri Hitler. Hal itu membuat Hitler sangat sedih.

Kisah Cinta 5 Pemimpin Dunia Paling Melegenda

Sebelum memutuskan menikah, Eva Braun merupakan wanita simpanan Hitler. Meski begitu, Eva sangat menyayangi Hitler. Ia sering menulis tentang keluh kesahnya terhadap Hitler di buku hariannya. Hitler memang terkesan tidak peduli dengan Eva, hubungan mereka pun lebih terlihat seperti paman dan keponakan lantaran usia mereka yang terpaut jauh. Hitler pernah mengatakan jika Eva terlalu muda untuk menjadi pendampingnya.

Namun, meski begitu Hitler selalu memastikan bahwa Eva selalu berada di tempat yang aman dan memenuhi segala kebutuhannya. Eva Braun diketahui pernah dua kali melakukan percobaan bunuh diri karena ia merasa putus asa terhadap Hitler namun usahanya tersebut selalu gagal. Karena peristiwa tersebut, semenjak saat itu Hitler lebih sering menemui Eva dan mengajaknya jalan-jalan.

Dan penantian Eva selama 16 tahun bersama Hitler membuahkan hasil, mereka menikah pada tanggal 29 April 1945. Namun, status mereka sebagai suami istri hanya bertahan selama 36 jam. Tepatnya pada tanggal 30 April 1945 setelah makan siang, Adolf Hitler menyampaikan salam perpisahan secara personal dengan orang-orang dalam bunker. Kemudian mereka berdua masuk ke dalam ruang belajar. Sekitar beberapa jam kemudian, terdengan suara ledakan pistol dari kamar Hitler. Hitler kemudian ditemukan tidak bernyawa dengan lubang peluru di kepala. Sedangkan Eva yang tak ingin terpisah dari Hitler pun memutuskan menelan pil sianida dan tergeletak disisi jasad suaminya.

Sebelum itu, Eva sempat menulis surat kepada kakaknya yang mengatakan bahwa ia sangat bahagia sekarang karena bisa bersama Hitler dan ia tidak menyesal sama sekali melakukan hal ini. Ada sebuah petikan dari surat cinta Eva untuk Hitler yang sangat melegenda, ‘sejak perjumpaan pertama, saya sudah bersumpah untuk mengikutimu kemana pun kau pergi, bahkan sampai kematian. Saya hidup hanya untuk mencintaimu'.


Pangeran Edward yang Rela Turun Tahta Demi Kekasihnya Wallis Simpson

Kisah Cinta 5 Pemimpin Dunia Paling Melegenda

Pangeran Edward atau yang lebih dikenal dengan Edward VIII adalah Raja George V (1910-1936). Ia resmi naik tahta pada tanggal 20 Januari 1936 dan turun tahta pada tanggal 11 Desember 1936. Ternyata, ada kisah menarik dibalik turun tahtanya sang raja. 7 tahun silam, Edward VIII menjadi raja Inggris pertama yang rela turun tahta demi wanita yang dicintainya. Keputusan kontroversial ini tetap ia lakukan bahkan setelah menerima kecaman dari pemerintah dan publik Inggris, serta pihak Gereja Alingkan. Pasalnya, Edward menikahi seorang janda cerai asal Amerika Serikat, Wanita itu diketahui bernama Wallis Warfield Simpson. Ia adalah seorang sosialita asal Amerika Serikat yang telah menjanda sebanyak dua kali.

Kisah Cinta 5 Pemimpin Dunia Paling Melegenda

Menurut pihak kerajaan, Edward sebagai pewaris tahta harus menikah dengan sesame kalangan bangsawan, bukan dengan kalangan rakyat biasa seperti Wallis, apalagi ia juga seorang janda. Selain itu, seorang istri raja Inggris haruslah berkebangsaan Inggris pula sebab ia akan menjadi seorang ratu. Sedangkan Wallis adalah seorang warga Negara Amerika Serikat.

Edward pun memilih untuk tetap menikahi Wallis walaupun harus kehilangan tahtanya.  Mereka pun menikah pada tanggal 3 Juni 1937.

Kisah Cinta John Adams dan Abigail yang Harus Terpisah Karena Perang

Kisah Cinta 5 Pemimpin Dunia Paling Melegenda

John Adams adalah presiden Amerika Serikat ke-2. Kisah cintanya dengan sang istri, Abigail mulai menjadi legenda yang menginspirasi karena surat cinta mereka yang panjang dan bermakna dalam, yang mereka tulis satu sama lain ketika Perang Revolusi Amerika dan beberapa peristiwa lain, sehingga memaksa John berada jauh dari Abigail untuk jangka waktu yang lama.

Pada masa itu, John bertugas di Prancis dan Belanda sebagai diplomat untuk merundingkan perdamaian. Ia juga menjadi duta Amerika pertama untuk Inggris. tahun 1976, John memenangkan pemilihan presiden yang kedua. Ia kemudian tercatat sebagai presiden pertama yang mendiami Gedung Putih yang pada masa itu belum selesai dibangun. Pada tahun 1801 ia meninggalkan gedung tersebut.

Sepuluh tahun setelah meninggalkan Gedung Putih, John Adams kehilangan istrinya, Abigail yang meninggal karena penyakit tifus. John sangat terpukul. Tidak ada lagi kekuatan dalam dirinya untuk tetap bertahan hidup. Delapan tahun setelah kematian Abigail, John pun menghembuskan nafas terakhirnya. Mengingat cinta yang teramat dalam antara keduanya, John dimakamkan disebelah makam istrinya di ruang bawah tanah Gereja United First parish, Massachusetts.


Kisah Cinta Franklin D. Roosevelt dan Eleanor Roosevelt

Kisah Cinta 5 Pemimpin Dunia Paling Melegenda

Franklin D. Roosevelt adalah presiden Amerika Serikat periode 1933-1945. Kisah cintanya dengan Eleanor bermula saat mereka bertemu untuk pertama kalinya di acara makan malam di Gedung Putih tahun 1902 yang diselenggarakan oleh pamannya. Saling menunjukkan ketertarikan, mereka pun kemudian menikah.

Eleanor selalu mendukung apapun yang dilakukan suaminya, termasuk kebijakan New Deal sang suami saat menjabat sebagai presiden yang juga  berperan sebagai pejuang hak sipil. Kesuksesan Franklin sebagai presiden Amerika, tidak lepas dari dukungan dan peranan Eleanor. Salah satu sumbangan terbesar Franklin bagi Amerika adalah berhasil membebaskan Amerika dari “Deprsei Hebat”.

Selain sebagai pendukung suaminya, Eleanor juga aktif, seperti mendirikan Freedom House, UN Association of the United Stated, menjadi delegasi Amerika Serikat ke majelis umum PBB, serta mengetuai komite yang merancang dan menyetujui Pernyataan Umum tentang HAM.

Ketika masa perang mulai berakhir, kesehatan Franklin memburuk lalu meninggal dunia akibat pecahnya pembuluh darah di otak. Setelah kematian suaminya, Eleanor tetap meneruskan perjuangan sang suami dengan menjadi penulis dan pembicara penting untuk koalisi “New Deal”.

Kesetiaan B.J. Habibie pada Ainun Hingga Akhir Hayat

Kisah Cinta 5 Pemimpin Dunia Paling Melegenda

Kisah cinta antara mantan Presiden B.J. Habibie dan istrinya ini memang sangat melegenda di Indonesia, bahkan telah diangkat ke dalam sebuah film berjudul ‘Habibie & Ainun’ yang dibintangi oleh Reza Rahardian dan Bunga Citra Lestari. Filmnya sendiri brhasil menjadi box office dan membuat kisah cinta mereka makin dikenal dan menginspirasi banyak orang.

Kisah cinta antara keduanya sempat mengalami pasang surut sebab harus terpisah beberapa kali karena urusan pendidikan. Kemudian, setelah menyelesaikan pendidikan masing-masing, mereka pun sama-sama tinggal di Jakarta dan membuat cinta mereka semakin bersemi. Mereka saling berjanji untuk sering bertemu dan merindukan satu sama lain. Habibie kerap menjemput Ainun yang bekerja di RSCM. Sesekali mereka naik becak dengan jok tertutup, meskipun sebenarnya malam tidak diguyur hujan. Dan ketika mereka semakin dekat, Habibie menguatkan hati untuk mejatuhkan pilihannya pada Ainun.

Kisah Cinta 5 Pemimpin Dunia Paling Melegenda

Ia melamar dan mempersunting Ainun pada tanggal 12 Mei 1962. Mereka menghabiskan bulan madu di tiga kota. Kaliurang, Yogyakarta, dilanjutkan ke Bali lalu diakhiri di Ujung Pandang, daerah asal B. J. Habibie. Dari pernikahan ini mereka dikaruniai dua orang putra; llham Akbar dan Thareq Kemal dan enam orang cucu.

Kisah cinta mereka tetap langgeng dan harmonis hingga Ainun lebih dulu menghadap pada Yang Maha Kuasa. Pada 22 Mei 2010, pukul 17.05 waktu Jerman, Ainun wafat dalam usia 72 tahun, setelah 45 tahun hidup bersama Habibie. Sebelum wafat, Nyonya Ainun sempat beberapa kali mengalami kritis. Namun jiwanya tidak terselamatkan lagi.

Hingga kini, Habibie masih tetap menunjukkan cintanya pada sang istri. Ia rutin berziarah ke makam sang istri sambil membawakan karangan bunga. Ia bahkan telah memesan agar tempat di sebelah makam Ibu Ainun tetap dikosongkan sebagai makam untuknya nanti. Bahkan sampai mati pun, Pak Habibie tak ingin terpisah dari belahan jiwana tersebut.


Nah, itulah 5 kisah cinta para pemimpin dunia yang melegenda. Hal tersebut seakan mewakili ungkapan bahwa dibalik setiap pria sukses ada seorang wanita hebat di belakangnya. Semoga dapat menginspirasi.

0 Response to "Kisah Cinta 5 Pemimpin Dunia Paling Melegenda"

Post a Comment