Kisah Mengharukan Ayah Jalani Transplantasi Wajah Demi Anaknya

Teknologi kedokteran semakin berkembang pesat dari waktu ke waktu. Banyak metode pengobatan canggih kini mulai dikembangkan, yang mungkin dulu tak pernah terbayangkan. Sebut saja transplantasi organ, yang mampu menyelamatkan nyawa pasien dengan kerusakan organ yang parah. 

Metode lain yang tak kalah mengejutkan adalah transplantasi wajah. Jika operasi plastik saja mampu membuat beberapa orang bergidik, transplantasi wajah adalah sebuah prosedur 'membuat' wajah yang baru karena wajah mengalami luka parah sehingga tak dapat dikenali. Tercatat beberapa kasus transplantasi wajah yang sempat menggemparkan dunia. Kasusnya beragam, mulai karena serangan beruang hingga kecelakaan akibat unsur kimia berbahaya.


Kali ini, sebuah kisah datang dari seorang mantan tentara Amerika yang harus menjalani lebih dari 20 prosedur operasi transplantasi wajah. Ada kisah mengharukan di balik keputusannya menjalani transplantasi wajah yang membuat banyak orang terharu. Berikut kisahnya seperti dilansir oleh dailymail.co.uk.
gambar via dailymail.co.uk
Inilah Mitch Hunter, mantan tentara Amerika Serikat yang harus merelakan wajah tampannya karena sebuah kecelakaan pada 15 tahun lalu. Kala itu, Hunter sedang mengendarai sebuah mobil, dan tiba-tiba mobilnya menjadi tak terkendali dan menghantam sebuah tiang listrik berdaya 10.000 volt. Listrik pun menjalari seluruh bagian tubuhnya hingga berakhir di bagian wajah. Wajah Hunter mengalami kerusakan parah hingga ia sulit dikenali.


gambar via dailymail.co.uk
Beruntung, nyawa Hunter berhasil terselamatkan. Namun dokter tak mampu menolong wajahnya yang luka parah hingga tak berbentuk. Hunter pun harus menjalani 20 prosedur operasi menyakitkan dengan mencangkok kulit dari punggung, kaki hingga lengannya. Hunter juga tercatat sebagai salah satu pasien transplantasi wajah pertama di dunia. Sebelumnya ada 10 pasien yang pernah mengalami prosedur serupa. 


gambar via dailymail.co.uk
Setelah melewati ujian hidup yang teramat berat, Mitch Hunter perlahan mulai membaik dan wajahnya berangsur terlihat normal kembali. Kini di usianya yang ke 35 tahun, Hunter telah menikah dan memiliki seorang anak bernama Clayton Hunter.
Mitch Hunter dan anaknya, Clayton
gambar via dailymail.co.uk
Ajaibnya, ingatan Hunter saat mengalami kecelakaan hingga tersengat listrik berdaya tinggi seakan hilang. Hunter mengaku tak mengingat apapun saat kecelakaan itu terjadi. Ia mengaku sangat beruntung, sebab itu akan menjadi trauma yang berat jika ia mengingat bagaimana sakitnya tersengat listrik hingga mengalami luka yang sedemikian parah.


Hunter sendiri mengaku berani melakukan operasi plastik saat pasangannya, Katarina positif hamil. Ia tak ingin anaknya kelak merasa takut saat melihat wajahnya yang menyeramkan. Keputusannya itu mendapat dukungan dari keluarga. Kini, setelah wajahnya kembali normal, Hunter mulai menjalani harinya dengan bahagia bersama keluarga kecilnya. Ia bahkan kini memelihara jenggot dan membuat penampilannya semakin keren. Ia juga tercatat sebagai pasien transplantasi wajah paling berhasil saat ini. 

Jika Hunter tidak tahu dia akan memiliki anak, mungkin ia tak akan berani mengambil keputusan berat tersebut. Sungguh sebuah cerminan kasih sayang orang tua, bahkan sebelum anaknya lahir, cinta orang tua pada anak sudah sangat besar. Semoga dapat menginspirasi kita semua.

0 Response to "Kisah Mengharukan Ayah Jalani Transplantasi Wajah Demi Anaknya"

Post a Comment