Ini yang Akan Terjadi Pada Tubuh Saat Anda Berhenti Merokok

Merokok adalah salah satu kebiasaan paling digemari di berbagai Negara di dunia. Walaupun rokok dapat menyebabkan berbagai penyakit berbahaya yang berujung pada kematian, nyatanya masih banyak perokok dan jumlahnya terus bertambah dari waktu ke waktu.
Ini yang Akan Terjadi Pada Tubuh Saat Anda Berhenti Merokok
soure : www.drmatt.com
Walaupun kini setiap kemasa rokok telah dilengkapi dengan peringatan berbahaya, lengkap dengan gambar-gambar mengerikan yang menampakkan penyakit akibat merokok, rokok masih tetap laris manis dan diburu penggemarnya.


Meskipun ada begitu banyak informasi tentang mengerikannya bahaya rokok, toh perokok masih tetap tak bergeming.Mungkin jika informasi mengenai manfaat berhenti merokok lebih disosialisasikan, para perokok akan lebih menyadari pentingnya kesehatan dan meatikan rokok mereka. Lalu, apa saja yang akan terjadi pada tubuh Anda saat berhenti merokok? Dikutip dari unilad.com, berikut manfaat yang akan Anda dapatkan dalam jangka panjang.

20 menit

20 menit setelah berhenti merokok, tekanan darah akan perlahan normal disertai meningkatnya frekuensi denyut nadi di tangan dan kaki.

8 jam

Kadar nikotin dan karbon monoksida dalam darah berkurang hingga setengahnya dan kadar oksigen dalam tubuh akan meningkat. Tubuh menjadi lebih segar dan kualitas tidur akan meningkat.

48 jam

Tubuh akan mengurai kadar karbon monoksida dan nikotin. Lendir sisa-sisa asap rokok akan dibersihkan dari paru-paru. Saraf akan beregenerasi dan indera penciuman menjadi lebih tajam.


3 bulan

Fungsi paru-paru dan sirkulasi udara akan meningkat pesat. Berjalan akan terasa lebih ringan dan lebih mudah dalam berolah raga. Batuk-batuk yang menyertai saat merokok juga akan berkurang.

1 - 9 Bulan

Fungsi pernafasan dan kesehatan sinus meningkat. Anda akan terhindar dari kelelahan. Nafas lebih mantap.

1 tahun

Resiko jantung koroner menurun hingga 50% dibandingkan mereka yang masih merokok.


5-15 Tahun

Peluang mengalami stroke sangat kecil, dapat disetarakan dengan mereka yang tidak pernah merokok.

10 tahun

Anda akan terhindar dari segala ancaman kanker yang biasa terera di bungkus rokok. Perlu diketahui bahwa 60% penderita kanker adalah akibat kebiasaan merokok dan diet yang tidak sehat.

15 tahun

Peluang hidup lebih sehat akan terbuka lebar dan sama seperti orang-orang yang tidak merokok. Resiko kematian muda akan lebih kecil terlebih jika dibarengi dengan pola hidup sehat dan menghindari paparan asap rokok dari perokok aktif.



Nah, itulah manfaat jangka panjang yang akan Anda dapatkan saat berhenti merokok. Sesungguhnya tubuh manusia memiliki kemampuan untuk menyembuhkan dirinya, asalkan segala pemicu penyakit seperti rokok Anda hentikan sesegera mungkin. Jadi masih ingin merokok dan terus dihantui berbagai penyakit menyeramkan seperti kanker, stroke hingga impotensi?

0 Response to "Ini yang Akan Terjadi Pada Tubuh Saat Anda Berhenti Merokok"

Post a Comment