4 Penyakit Tak Terduga yang Ditularkan Lewat Hubungan Badan

Bagi orang dewasa, khususnya mereka yang telah menikah, hubungan badan adalah sebuah kebutuhan psikis. Seperti halnya kebutuhan fisik mulai dari makan dan minum, hubungan suami istri sangat berpengaruh pada kualitas hidup manusia dan dapat memberikan kebahagiaan.
Siapa Sangka, Hubungan Badan Bisa Tularkan 4 Penyakit Ini
source : alodokter.com
Namun, tidak semua orang memahami tentang hubungan badan yang sehat dan aman. Banyak yang melakukan seks bebas hanya demi kepuasan sementara tanpa memikirkan resiko kesehatan yang mungkin terjadi. Selama ini kita hanya mengenal penyakit berbahaya seperti HIV, herpes hingga raja singa yang mengintai perilaku seks tak sehat. Ada sederet penyakit berbahaya yang dapat ditularkan melalui hubungan badan, dan 4 penyakit berikut mungkin tak pernah terbayangkan sebelumnya. 

Dikutip dari medicaldaily.com, berikut adalah 4 penyakit tak terduga yang bisa menular melalui hubungan badan tak sehat.
Zika
Penyakit yang diakibatkan oleh nyamuk ini belakangan sedang mewabah dan membuat gempar. Para ahli saat ini sedang meneliti virus tersebut mulai dari cara penyebaran hingga membuat obatnya. Belakangan mulai terungkap hubungan antara infeksi Zika pada wanita hamil dan bayi yang lahir cacat, terutama dengan kondisi mikrosefalus atau kepala yang menyusut.
Kemungkinan virus ini dapat menyebar dari pria ke wanita melalui hubungan badan. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa virus Zika dapat bertahan lebih lama di dalam sperma dibanding dalam darah, sehingga resiko penularan melalui hubungan badan menjadi lebih mungkin.
Tifus
Siapa sangka penyakit tifus ternyata juga bisa menular melalui hubungan badan. Penyakit yang disebabkan oleh bakteri salmonella ini biasanya menular melalui makanan yang juga dipicu oleh daya tahan tubuh yang lemah. 
Pelaku seks anal atau oral memiliki resiko tinggi tertular demam tifus dari pasangannya, terlebih jika dilakukan tanpa membersihkan organ terkait terlebih dahulu. Oleh karena itu dua cara ini sangat tidak dianjurkan karena sangat tidak higienis terlebih jika dilakukan dengan lebih dari satu pasangan.
Kutu Kelamin
Kutu rambut kemaluan berbentuk kepiting dan hinggap dari satu tubuh manusia ke yang lainnya dengan merangkak di antara rambut di tubuh manusia. Tidak hanya hinggap, makhluk kecil ini juga bisa menimbulkan rasa gatal dan infeksi di sekitar rambut kemaluan jika Anda lalai menjaga kebersihannya.
Kutu rambut kemaluan ini biasanya terjadi pada orang dewasa. Penularan atau penyebarannya umumnya terjadi melalui kontak seksual. Penting sekali untuk menjaga kebersihan dan kesehatan daerah organ intim, khususnya rambut kemaluan. Karena jika tidak, bisa-bisa kutu rambut kemaluan hinggap dan menimbulkan gatal.
Trikomoniasis
Trikomoniasis adalah Penyakit Menular Seksual yang menimbulkan rasa tidak nyaman berupa gatal atau perih dan cairan berbau tidak sedap dari bagian intim. Penyakit ini dapat menyerang pria atau pun wanita, namun wanita lebih rentan tertular. Pria dapat terjangkit penyakit ini dan menularkannya kepada pasangan melalui hubungan badan.
Trikomoniasis disebabkan oleh parasit yang disebut Trichomonas vaginalis. Tidak semua penderitanya akan mengalami gejala. Sekitar setengah dari mereka yang terinfeksi parasit ini tidak mengalami gejala apa pun. Oleh karena itu penyakit ini sangat berbahaya karena biasanya baru disadari penderita setelah parah.
Itulah 4 penyakit berbahaya yang tanpa kita duga bisa menular melalui hubungan badan. Oleh karena itu disarankan agar kita selalu menjaga kebersihan badan, setia pada satu pasangan dan tidak melakukan seks bebas. Selain melanggar norma sosial dan Agama, hal tersebut tentu sangat merugikan karena berpotensi menularkan berbagai penyakit berbahaya.

0 Response to "4 Penyakit Tak Terduga yang Ditularkan Lewat Hubungan Badan"

Post a Comment