12 Tips Periksa Payudara Sendiri Untuk Mencegah Kanker

Sebuah statistik menyebutkan bahwa 50.000 wanita Inggris didiagnosa menderita kanker payudara setiap tahunnya. Hal tersebut cukup mencengangkan mengingat Inggris memiliki fasilitas kesehatan yang baik dan mayoritas penduduknya memiliki penghasilan tinggi untuk memenuhi gaya hidup sehat. Hal tersebut terjadi karena rata-rata penderita baru menyadari dirinya terkena kanker saat telah menjadi parah.



Sebenarnya kanker akan lebih mudah disembuhkan jika ditemukan pada tahap awal. Sayangnya kanker payudara biasanya tak menunjukkan gejala yang spesifik. Sebenarnya ada cara yang cukup ampuh untuk mendeteksi kelainan pada payudara dengan melakukan pemeriksaan secara rutin. tak perlu pergi ke dokter dan mengeluarkan biaya mahal kok, cukup gunakan tangan Anda dengan menyentuh, melihat dan memijatnya.



Dikutip dari Sofeminine, berikut adalah 15 tips mudah periksa payudara sendiri untuk mencegah kanker sejak dini.

Periksa Benjolan

Lihat dan lakukan gerakan memutar pada payudara dan periksa apakah ada benjolan yang tak wajar. Tak semua benjolan bisa menjadi kanker, namun ia tetap saja berpotensi menjadi tumor.

Perubahan Tekstur Kulit

Rasakan permukaan kulit payudara, apakah ia mengalami tekstur menjadi mengkerut dan pori-pori membesar seperti kulit jeruk. Kondisi ini bisa jadi adalah gejala peradangan.

Puting

Apakah puting terlihat seperti 'tenggelam' atau tertarik ke dalam? Hal tersebut adalah hal yang tak wajar.

Keluar Cairan dari Puting

Kecuali ASI, cairan apapun yang keluar dari puting di luar masa jelang melahirkan dan menyusui adalah sesuatu yang patut diwaspadai. Jika keluar cairan berwana kekuningan, hijau, bahkan merah seperti darah, segera periksakan diri ke dokter.

Penebalan atau Pembengkakan

Payudara biasanya akan terasa bengkak menjelang menstruasi. Pembengkakan tersebut akan mereda saat menstruasi selesai.

Periksa Ketiak

Jangan lupakan daerah ketiak. Raba kulit daerah ketiak dan rasakan apakah ada perubahan tekstur atau nyeri yang tak biasa.

Posisi di Depan Cermin

Berdirilah di depan cermin tanpa menggunakan bra. Angkat kedua tangan Anda dan letakkan di atas kepala. Amati bentuk payudara Anda dalam cermin. Posisi ini akan memudahkan Anda untuk melihat tanda-tanda tak wajar seperti benjolan atau perubahan bentuk di seluruh permukaan payudara.

Jangan Takut Periksakan Diri Ke Dokter

Pemeriksaan payudara atau mamografi kerap menimbulkan ketakutan karena dianggap memberikan radiasi yang berbahaya. Memang benar, mamografi memanfaatkan radiasi untuk mendeteksi adanya kelainan. Namun radiasi yang digunakan tentu dalam kadar yang aman. Jadi, tidak perlu takut jika dokter menyarankan mamografi.

Tetapkan Jadwal Rutin

Waktu terbaik untuk memeriksa payudara sendiri adalah satu minggu setelah menstruasi selesai, atau setidaknya lakukan satu kali dalam sebulan.

Perhatikan Jam Tidur

Baik kurang tidur ataupun terlalu banyak tidur sama-sama menyebabkan gangguan metabolisme tubuh dan membuat Anda merasa lelah yang tak wajar. Selain itu, kebiasaan buruk ini juga berpotensi menimbulkan kanker payudara.

Pilih Kontrasepsi yang Aman

Kontrasepsi oral seperti pil KB akan berbahaya jika dikonsumsi dalam jangka panjang, karena kinerjanya yang mempengaruhu hormon dalam tubuh. 

Terapkan Pola Hidup Sehat

Kurangi konsumsi lemak dan hindari asap rokok. Berolah ragalah secara teratur dan jauhi konsumsi alkohol.

Itulah 12 tips yang bisa Anda terapkan untuk melindungi diri dari kanker payudara. Sesungguhnya mencegah lebih baik dari mengobati jadi jangan ragu apalagi malu untuk memeriksakan diri ke dokter jika Anda menemui gejala seperti telah disebutkan di atas. Semoga bermanfaat.

0 Response to "12 Tips Periksa Payudara Sendiri Untuk Mencegah Kanker"

Post a Comment