3 Manfaat Hebat Kolang Kaling Bagi Kesehatan

Bulan Ramadhan yang penuh berkah akan segera tiba. Di waktu ini biasanya banyak sekali hidangan kuliner musiman yang meramaikan nuansa Ramadhan, salah satunya adalah kolang kaling. Bahan makanan ini dapat diolah menjadi campuran es, puding, hingga manisan. Banyak penjual yang menjajakan si kenyal ini di bulan Ramadhan. Rasanya sedikit hambar namun sangat khas.

3 Manfaat Hebat Kolang Kaling Bagi Kesehatan

Namun tahukah Anda, di balik rasanya yang dingin dan hambar, kolang kaling mengandung banyak nutrisi yang baik untuk tubuh. Walaupun demikian, nampaknya hal ini masih belum sepopuler kegemaran masyarakat untuk mengkonsumsinya. Nah agar Anda makin cinta dengan makanan satu ini, berikut adalah 3 manfaat hebat kolang kaling yang mungkin tak pernah Anda duga sebelumnya.

Melancarkan pencernaan dan membantu diet

Kandungan serat dalam kolang kaling tergolong sangat tinggi, mencapai 39%. Inilah yang membantu melancarkan pencernaan Anda. Kandungan karbohidrat dan protein dalam kolang kaling juga mampu membuat perut terasa kenyang lebih lama sehingga membantu diet Anda terasa lebih mudah dan menyenangkan.

Mengobati radang sendi

Penelitian membuktikan bahwa kolang kaling kaya akan zat galaktomanan yang bisa meredakan penyakit radang sendi. Kandungan ini sangat bermanfaat bagi penderita radang sendi jika dikonsumsi secara rutin. Jika ingin menjadikan kolang kaling sebagai obat, sebaiknya mengkonsumsinya dalam bentuk segar tanpa terlalu banyak pengolahan atau pencampuran dengan pemanis dan pewarna.

Menguatkan tulang dan gigi

Siapa sangka, kandungan kalsium dalam kolang kaling termasuk sangat tinggi, bahkan tak kalah dengan susu sapi. Khasiat ini sangat bermanfaat bagi anak-anak dalam masa pertumbuhan atau pasien patah tulang. Oleh karena itu kolang kaling dapat menjadi alternatif yang tepat bagi Anda yang alergi susu sapi untuk memenuhi kebutuhan kalsium Anda.

Itulah 3 manfaat hebat kolang kaling bagi kesehatan. Siapa sangka makanan musiman ini memiliki kandungan gizi tinggi yang tak kalah dengan makanan lain yang lebih populer. Jadi, sudah kangen dengan makanan khas Ramadhan ini?

0 Response to "3 Manfaat Hebat Kolang Kaling Bagi Kesehatan"

Post a Comment