7 Amalan Ini Mampu Obati Rezeki Seret

Dari sekian banyak permasalahan hidup, masalah ekonomi bisa jadi masalah terberat yang dialami semua orang. Padahal, kita sudah berusaha dan bekerja keras untuk mencari rezeki, namun hasil yang didapat dirasa masih belum cukup. Tak jarang, masalah ekonomi membuat orang depresi dan memicu pertengkaran dalam rumah tangga. Bekerja pun terasa malas sebab hasil yang didapat sering mengecewakan.



Allah sudah menjanjikan rezeki bagi setiap umatNya selama mereka mau berusaha untu mencari rezeki tersebut. Kita diwajibkan hanya untuk berikhtiar dan berdo'a. Lantas, apa yang harus kita lakukan saat hasil yang didapat tak kunjung membaik walaupun sudah berusaha? Berikut adalah 7 amalan yang dapat Anda lakukan untuk 'mengobati' rezeki seret.

baca juga : Di 3 Waktu Ini Muslimah Boleh Melepas Hijabnya

Memperbanyak Istighfar

Kalimat istighfar memiliki arti memohon ampunan pada Allah atas dosa yang kita lakukan. Lalu, apa hubungan antara istighfar dengan memperlancar rezeki? Allah telah berfirman dalam Alquran yang menyebutkan secara jelas bahwa istigfar mampu memperbanyak harta.

“Maka aku berkata (kepada mereka): ‘Mohonlah ampunan kepada Tuhanmu. Sungguh, Dia Maha Pengampun. Niscaya Dia akan menurunkan hujan yang lebat dari langit kepadamu. Dan Dia memperbanyak harta dan anak-anakmu, dan mengadakan kebun-kebun untukmu, dan mengadakan sungai-sungai untukmu.” (QS Nuh, 10-12)

Selain itu dalam sebuah hadits, Rasulullah SAW juga bersabda, "Barang siapa memperbanyak istighfar, maka Allah SWT akan menghapuskan segala kedukaannya, menyelesaikan segala masalahnya dan memberinya rezeki dari arah yang tidak disangka-sangka." (HR. Ahmad, Abu Daud, An Nasa'i, Ibnu Majah dan Al Hakim dari Abdullah bin Abbas ra).

Jangan Tinggalkan Ibadah

Kesibukan sehari-hari memang menyita waktu. Tak jarang kita sering meleatkan waktu makan bahkan waktu untuk beribadah. Semuanya hanya demi mengejar dunia, yang belum tentu memberikan kemaslahatan bagi kita di akhirat nanti. 

Dalam sebuah hadits, kita diperintahkan untuk selalu menegakkan ibadah, niscara Allah akan memberikan rezeki untuk kita.

"Wahai anak Adam, sempatkanlah untuk menyembahKu, maka Aku akan membuat hatimu kaya dan menutup kefakiranmu. Jika tidak melakukannya, maka Aku akan penuhi tanganmu dengan kesibukan, dan aku tidak menutup kefakiranmu." (HR. Ahmad, Tirmizi, Ibnu Majah, dan Al Hakim dari Abu Hurairah ra).

Menjauhi Maksiat

Seperti halnya istighfar, perbuatan maksiat juga memiliki hubungan yang erat dengan rezeki. Sebuah hadits Rasulullah mungkin akan menggugah kita untuk menjauhi maksiat, terutama bagi mereka yang memilik banyak harta namun masih bermaksiat.

Rasulullah SAW bersabda, "Dan seorang lelaki akan diharamkan baginya rezeki karena dosa yang diperbuatnya." (HR. Tirmizi).

Seluruh rezki yang kita miliki semuanya berasal dari allah. Maka, jika kita menggunakannya di jalan yang kurang baik, tentu Allah pun tidak akan ridho. Gunakanlah harta di jalan yang sebaikbaiknya semata untuk mendapatkan ridhoNya.

Berbakti kepada Orang Tua

Berbuat baik kepada orang tua merupakan suatu kewajiban. Berbagai hadits Rasulullah menyebutkan faedah berbuat kepada orang tua, mulai dari menambah rezeki hingga memanjangkan umur. Rasulullah SAW bersabda, "Siapa berbakti kepada ibu bapaknya, maka kebahagianlah untuknya, dan Allah akan memanjangkan umurnya." (HR. Abu Ya'ala, At Tabrani, Al Asybahani dan Al Hakim).

Adapun amalan bagi mereka yang telah yatim piatu, adalah memohonkan ampunan atas kedua orang tuanya kepada Allah. Rasulullah SAW bersabda, "Apabila hamba itu meninggalkan berdoa kepada kedua orang tuanya, niscaya terputuslah rezeki daripadanya." (HR. Al Hakim dan Ad Dailami).

Perbanyak Silaturrahmi

Tak diragukan lagi, silaturahmi merupakan pembuka pintu rizki. Selain itu, silaturahmi juga dapat memperpanjang usia dan mempererat hubungan sosial dengan orang lain. Sebuah hadits menyebutkan, "barang siapa ingin dilapangkan rezekinya dan dilambatkan ajalnya, maka hendaklah dia menghubungi sanak saudaranya."(HR. Bukhari).

Dalam hadits lain, Rasulullah SAW menjelaskan tentang pentingnya silaturahmi. "yang disebut bersilaturrahim itu bukanlah seseorang yang membalas kunjungan atau pemberian, melainkan bersilarurrahim itu ialah menyambungkan apa yang telah putus." (HR. Bukhari).

Perbanyak Sedekah

Banyak orang yang telah membuktikan keajaiban sedekah dalam melancarkan rezeki. Dalam sebuah hadits Rasulullah menerangkan bahwa sedekah adalah kunci untuk membuka rizki seseorang.

"Hai Zubair, ketahuilah bahwa kunci rezeki hamba itu ditentang Arsy, yang dikirim oleh Allah Azza Wajalla kepada setiap hamba sekadar nafkahnya. Maka siapa yang memperbanyak pemberian kepada orang lain, niscaya Allah memperbanyakkan juga baginya. Dan siapa yang menyedikitkan, niscaya Allah menyedikitkan baginya." (HR. Ad Daruquthni dari Anas ra).

Shalat Tahajud dan Dhuha

Kedua amalan ini memang memiliki faedah yang sangat dahsyat dan telah dirasakan oleh banyak orang. Banyak sekali hadits yang menunjukkan fadilah tahajud untuk memudahkan mencari rezeki, pengabulan do'a, dan memberikan ketenangan batin.

Firman Allah dalam hadits Qudsi, "Wahai anak Adam, jangan sekali-kali engkau malas mengerjakan empat rakaat pada permulaan siang (shalat dhuha), nanti pasti akan Aku cukupkan keperluanmu pada petang harinya."(HR. Al Hakim dan Thabrani).

baca juga : 5 Artis Seksi Mancanegara yang Putuskan Jadi Mualaf

Itulah beberapa amalan yang bisa Anda lakukan untuk mengobati rezeki seret. Sebaiknya kita melakukan ibadah dengan hati yang tulus dan mengharapkan ridho Allah. Insya Allah, rezeki akan dengan lancar mengalir kepada kita. Semoga bermanfaat.

0 Response to "7 Amalan Ini Mampu Obati Rezeki Seret"

Post a Comment