7 Manfaat Shopping Bagi Kesehatan Fisik dan Mental

Shopping adalah kegiatan yang menyenangkan, khususnya bagi kaum perempuan. Saat shopping atau berbelanja, kita bisa sejenak melupakan permasalahan sehari-hari. Ya, shopping memang dipercaya mampu meredam stres dengan memberikan efek bahagia. Menjelang lebaran di tahun ini, Anda tentunya sudah bersiap untuk pergi shopping bersama keluarga. 
7 Manfaat Shopping Bagi Kesehatan Fisik dan Mental
ilustrasi shopping | sumber 
Shopping yang dapat membuat kita bahagia ternyata memang benar adanya dan telah dibuktikan oleh para ilmuwan. Dikutip dari Boldsky, tak hanya membuat bahagia, shopping juga dapat memberikan manfaat pada kesehatan fisik, mental, psikologis dan emosional. Penasaran, manfaat apa saja yang Anda dapatkan saat pergi shopping? Berikut ulasannya.

baca juga : Jangan Dibuang, 5 Handphone Jadul Ini Kini Harganya Selangit

Melupakan masalah

Meskipun manfaat ini bersifat sementara, shopping memang terbukti mampu membuat Anda melupakan masalah yang saat ini sedang meracuni pikiran. Saar berbelanja, pikiran akan terfokus pada benda-benda yang kita incar. Tas-tas belanjaan yang Anda tenteng pun akan membuat masalah terabaikan untuk sementara waktu.

Menenangkan saraf mata

Istilah 'cuci mata' saat berbelanja nampaknya memang benar. Berbagai produk dengan warna beragam bisa kita temukan saat berbelanja dari satu tempat ke tempat lainnya. Melihat hal-hal baru yang jarang Anda lihat sebelumnya terbukti dapat membantu menenangkan saraf mata. Efek inilah yang biasa kita sebut dengan 'cuci mata'.

Menghasilkan hormon bahagia

Saat berbelanja, tubuh akan mengeluarkan hormon oksitoksin dan endorfin yang berfungsi untuk menciptakan perasaan bahagia. Efek yang dihasilkan setara dengan efek yang ditimbulkan oleh obat terlarang, namun tentunya dengan cara yang benar dan alami. Hormon tersebut akan membuat pikiran dipenuhi hal positif dan kebahagiaan.

Membakar kalori

Saat berbelanja, tubuh akan aktif bergerak tanpa perasaan terpaksa atau terbebani. Tanpa sadar, tubuh akan membakar kalori hingga 600 kkal. Oleh karena itu, berbelanja menjadi cara paling menyenangkan untuk mendukung diet Anda.

Melatih kesabaran

Berbelanja akan mengajarkan Anda untuk bersabar, terlebih di saat musim diskon atau promo yang membuat pengunjung toko membludak. Anda akan berlatih untuk sabar saat harus antre untuk membayar, berdesakan dengan pembeli lain, hingga memilih barang terbaik sesuai keinginan. Tanpa terasa, waktu akan cepat berlalu padahal Anda sudah melakukan banyak hal.

Melatih kinerja otak

Saat berbelanja, secara tak langsung otak akan aktif bekerja dan dilatih untuk memutuskan sesuatu, berhitung dan membandingkannya dengan barang sejenis yang mungkin harganya lebih murah. Aktivitas ini pada akhirnya akan membuat otak makin sehat dan terlatih kinerjanya karena seluruh fungsinya diaktifkan dengan maksimal.

Membentuk otot lengan dan perut

Saat shopping, kita biasanya menggunakan troli atau keranjang tenteng untuk membawa belanjaan. Saat mendorong troli inilah otot lengan dan perut Anda akan bekerja secara maksimal sehingga akan meningkatkan kekuatan otot dan membantu pembentukannya. Efek ini setara dengan manfaat yang diberikan saat senam dan angkat beban.

baca juga : 9 Mata Uang Ini Lebih Mahal dari Dollar Amerika

Itulah 7 manfaat mengagumkan yang kita dapatkan saat shopping. Hal ini tentunya berlaku jika Anda membelanjakan uang secara bijak. Jika Anda berbelanja secara berlebihan hingga menghabiskan uang, bukannya membuat bahagia namun justru menambah masalah baru bukan? Jadi, selamat berbelanja ya :)

0 Response to "7 Manfaat Shopping Bagi Kesehatan Fisik dan Mental"

Post a Comment